Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! 

Jangan jadi pihak yang dirugikan! 

Menjadi pihak yang paling sering dimanfaatkan orang lain tentu gak menyenangkan, pun akan terus dilanda rasa tak nyaman akibat banyak kerugian yang bisa saja dialami. Makanya, menjadi orang yang gak mudah dimanfaatkan itu perlu.

Jangan bersikap seolah kamu gak apa-apa saat terlalu banyak bersikap baik dan membantu, kamu juga perlu mempelajari banyak hal agar tak mudah dimanfaatkan. Yuk, langsung simak tips berikut!

1. Jangan terlalu mengumbar kelebihanmu 

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kelewat mengumbar kelebihan akan membuat banyak orang tak tulus mulai mendekatimu, mungkin hendak memanfaatkan kelebihan yang kamu punya.

Terlebih jika sudah banyak orang yang tahu, maka kondisimu bisa jadi berbahaya jika mereka mulai membujukmu. Kalau kamu pandai menolak, sih, tidak masalah. Kalau kamu tipe orang yang kerap merasa tidak tega, pasti akan kesulitan.

Ini tips paling awal yang perlu kamu pahami, agar kemudian tidak terbiasa membantu orang lain. Simpan saja pengetahuanmu tentang kelebihanmu untuk dirimu sendiri, gak semua orang akan bangga terhadapmu.

2. Lebih selektif dalam memilih teman 

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! Pexels.com/Retha Ferguson

Selektif dalam memilih teman merupakan hal yang penting, sebab jangan sampai kamu terjerumus dalam pertemanan yang justru membuatmu jadi pihak paling dirugikan. Lingkungan pertemanan akan mempengaruhi untuk selanjutnya, maka, pandai-pandailah mengamati dan menganalisis sikap orang-orang yang berada di dekatmu.

Menjalin pertemanan dengan semua orang tentu gak masalah, tetapi memilih kelompok pertemanan jangan sampai salah. Jadilah pihak yang bisa memberi dan diberi.

Baca Juga: Mudah Simpati dan Percaya, 5 Zodiak Ini Sering Dimanfaatkan Orang Lain

3. Ingatlah keburukan orang yang sering memanfaatkanmu 

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Apabila kamu berada dalam kondisi rumit di mana sudah sangat terbiasa dimanfaatkan, maka, kamu perlu terus mengingat keburukan orang yang memanfaatkanmu. Cara ini ampuh, tidak masalah untuk memiliki dendam dalam hati jika tujuannya agar kamu tak dirugikan. Berpikirlah secara realistis, mulailah hal-hal yang dapat menyenangkan bagimu.

Tinggalkan saja orang yang merugikanmu, tidak akan ada untungnya. Kalau kamu tipe orang yang pelupa, kamu bahkan bisa menuliskan keburukan orang yang memanfaatkanmu dalam buku harian.

4. Berpikir logis dan membiasakan diri menolak 

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lebih baik kamu memperhitungkan terlebih dulu sebelum terlalu banyak berbuat baik pada orang lain. Pemikiran logismu sangat dibutuhkan, jangan mengandalkan rasa iba. Jangan mudah percaya, pikirkan baik-baik sebelum memberikan bantuan agar kamu gak gampang dimanfaatkan.

Untuk itu, kamu perlu belajar menolak. Biasakan diri saja, lama-lama rasa gak tegamu bakal hilang dengan sendirinya. Kamu cuma perlu keberanian, lho.

5. Berusahalah untuk menjadi unggul secara diam-diam 

5 Tips Agar Kamu Tak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Yuk Coba! Pexels.com/Carmen Attal

Cara ini mungkin sedikit sulit, namun kamu bisa mengandalkan tekad atas rasa jengkelmu yang bersikap kelewat baik. Kamu perlu lebih unggul dalam segala bidang agar gak bergantung pada orang lain, juga tidak perlu dimanfaatkan.

Usaha takkan mengkhianati hasil, coba saja dulu terus belajar dengan rutin agar menjadi jauh lebih unggul. Kelewat bersantai memang merugikan, lho.

Nah, itulah tips yang bisa segera kamu terapkan. Jangan dianggap sepele, pikirkan dirimu sendiri! 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Lebih Mementingkan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya