Comscore Tracker

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemas

Jangan khawatir, all is well!

Perubahan adalah salah satu cara Tuhan untuk mengajari kita bagaimana menjadi lebih tangguh. Untuk menjadi lebih tangguh diperlukan ketahanan diri agar dapat mengatasi masalah dan kesulitan. Walaupun tak jarang perubahan yang dihadapi tidak sesuai dengan ekspektasi sehingga membuat stres berkepanjangan. Berikut adalah 8 tips yang dihimpun dari Your Tango dalam menghadapi perubahan.

1. Terima keadaan

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Ada 2 macam perubahan yaitu perubahan terkendali dan tak terkendali. Perubahan yang terkendali adalah perubahan yang dapat dikendalikan seperti wisuda, menikah atau pensiun. Kebanyakan perubahan terkendali adalah sesuatu yang menyenangkan sehingga tak ingin terlewatkan. Berbeda dengan perubahan terkendali, perubahan tak terkendali biasanya sesuatu yang tidak diinginkan seperti sakit mendadak, kematian ataupun kecelakaan.

Hal yang dapat dilakukan jika perubahan tak terkendali menimpa adalah menerima. Cobalah untuk menerima yang terjadi. Jika ada hal yang bisa diselesaikan maka selesaikanlah, untuk sisanya biarkan waktu yang menyelesaikannya. Kamu hanya bisa berdoa memohon kekuatan dan kelapangan hati menerima perubahan tak terkendali tersebut.

2. Temukan obat stres

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Pixabay

Tak jarang perubahan membuat orang menjadi stres. Perjalanan hidup terasa seperti sedang menunggangi roler coaster yang menuntut penumpangnya cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan. Perjalanan transisi ini juga membuat emosi campur aduk. Untuk menghadapinya cobalah temukan apa yang membuat stresmu mereda. Jika stresmu mereda kamu bisa memikirkan apa yang akan kamu lakukan dengan perubahan tersebut. Lakukan meditasi, pijat atau apapun yang dapat mengurangi stres dalam pikiranmu.

3. Rangkullah perasaanmu

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Radu Florin

Alih-alih meluapkan emosi, hal menarik yang dapat dilakukan adalah merangkul perasaan terhadap perubahan yang terjadi. Perubahan kadang membuat seseorang merasakan ketakutan, kecemasan, kesedihan dan ketidakpastian. Ubah pola pikir dan bingkai ulang rasa tak nyaman yang bersarang dalam dirimu. Buka dirimu dan rangkullah perasaan itu, jangan biarkan emosi mengendalikan dirimu.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Unsur Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

4. Selalu siap untuk perubahan yang terburuk

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Bekka Mongeau

Perubahan akan selalu terjadi baik kelak akan terlihat buruk ataupun terlihat baik. Hal yang dapat dilakukan agar stres tak menghantui jika perubahan itu terjadi adalah persiapkan dirimu. Jangan hanya berpikiran perubahan baik, siapkan diri untuk perubahan terburuk. Bukan berarti mengharap hal buruk, hanya mempersiapkan diri jika hal itu terjadi. Rencanakan perubahan baik tapi bersiap pula jika perubahan yang kamu kehendaki tak sesuai dengan rencananmu.

5. Beri waktu diri untuk beristirahat

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Pixabay

Istirahat juga merupakan hal penting dalam menghadapi perubahan. Perubahan yang menguras emosi tentu akan menguras pikiran dan daya tahan tubuh. Istirahatkan sejenak pikiranmu, mainlah permainan yang ada di ponsel pintarmu, ajak hewan peliharaanmu berkeliling komplek. Buang jauh-jauh pikiran negatif, turunkan volume biacara, istirahatkan pikiran dan badan untuk menghadapi perubahan baru.

6. Pelajari hal-hal yang membuatmu lebih tangguh

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/samer daboul

Salah satu hikmah adanya perubahan adalah menjadi pribadi lebih tangguh. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menjadi lebih tangguh adalah mengenang masa lalu. Kenanglah kepahitanmu masa lalu dan bagaimana akhirnya kamu bisa bangkit lagi. Keterpurukan yang terjadi pada masa lalu bisa menjadi motivasi untuk menjalani keterpurukan masa kini. Pelajari hal-hal yang dulu membuatmu bangkit dan jadikan batu pijakan untuk menghadapi perubahan.

7. Rawat diri sendiri

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/rawpixel.com

Ketahanan diri dibangun secara perlahan untuk membangkitkan diri menjadi pribadi lebih baik lagi. Ketika kamu sedang membangun ketahanan dirimu jangan abaikan dirimu sendiri. Rawat dirimu dengan cukupi fisikmu dengan beristirahat dan makan yang cukup. Tak lupa cukupi kesehatan rohanimu dengan meditasi dan selalu berdoa agar tak kehilangan arah.

8. Mintalah bantuan jika membutuhkan

8 Cara Berdamai dengan Perubahan, Bebas Stres dan Cemaspexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Menarik diri dari kehidupan dan berjuang seorang diri akan membuatmu sakit kepala dan hati terasa lebih berat. Jika membutuhkan, bagikan bebanmu pada orang yang kamu percayai. Mereka yang ada disampingmu dan selalu mendukungmu apapun yang terjadi. Jika perlu dokter psikolog bisa membantumu mengurangi stres yang kamu hadapi.

Perubahan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Dunia terus berputar dan kita akan selalu dituntut untuk terus dinamis menghadapi yang telah terjadi. Terus berpikiran positif akan membantu meringankan bebanmu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Keren, 5 Film Jepang Bertema Keluarga Ini Sarat Akan Makna Kehidupan!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya