Comscore Tracker

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkan

#IDNTimesLife Temukan apa yang positif dan ambil!

Secara langsung maupun tidak, kamu pasti pernah, kan, mendengarkan sebuah kritik yang bernada sinis menjatuhkan. Ya, itu memang sakit.

Namun jika kamu malah berhenti di sana, itu akan membuktikan bahwa iya, memang benar, kamu buruk seperti yang mereka sampaikan. Lalu bagaimana cara untuk menyikapinya? Cobalah dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Tidak perlu dianggap serius

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkanilustrasi tidak menganggap serius (pexels.com/KoolShooters)

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan pernah menganggapnya serius. Jangan pernah kamu memasukkannya jauh ke dalam hatimu. Itu hanya akan membuatmu terpuruk. 

Berfokus pada apa yang seharusnya tidak kamu dengarkan justru akan membuatmu jatuh terlalu dalam tanpa sebuah alasan yang jelas. Namun, jika ada kritik yang membangun, terapkan. Jika tidak ada, santai saja.

2. Ambil hal yang positif

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkanilustrasi orang yang positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal positif apa yang bisa kamu ambil dari kritik tersebut? Hikmah apa yang bisa membuatmu belajar dari sebuah kesalahan? Ambil itu. Simpan ia dalam saku lalu pelajari.

Mengambil apa yang positif akan membuatmu merasa terbantu. Sebuah dorongan yang tadinya sangat menyakitkan itu bisa kamu ubah menjadi api semangat yang sinarnya tak pernah padam. Kamu mengambilnya. Kamu punya api semangat itu.

3. Kamu tidak seburuk itu

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkanilustrasi orang yang sedih (pexels.com/Sofia Alejandra)

Tidak ada yang mengenalmu lebih baik daripada dirimu sendiri. Kamu tidak buruk. Kamu hanya berada di keadaan yang buruk. Dan, keadaan yang buruk itu hanya berlangsung sementara.

Seperti sebuah badai, selalu ada pelangi yang indah setelahnya. Mendengarkan sebuah kritik yang menjatuhkan kemudian mempercayainya, hanya akan membuat badainya menjadi lebih lama daripada yang seharusnya. Sedangkan kamu tidak seburuk itu. 

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan Kritiknya

4. Harapan masih ada untuk masa depan

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkanilustrasi sebuah harapan (pexels.com/Cliford Mervil)

Sebuah kritik bukan diberikan untuk membuatmu lemah. Namun sebaliknya, ia akan membuatmu semakin kuat lagi. Keyakinan bahwa harapan itu masih ada dan kamu bisa menjadikan itu nyata, itu sebuah awal yang baik.

Harapan yang ditanam kuat dalam ingatan, selanjutnya akan tumbuh berkembang dalam pikiranmu kemudian perilakumu. Lalu, secara berkelanjutan ia membentuk sebuah siklus yang namanya kebiasaan. Dari kebiasaan itulah kamu akan berhasil pada tujuanmu. Semuanya berawal dari harapan.

5. Kamu adalah pemenang!

Kamu Gak Lemah! 5 Cara Menyikapi Kritik yang Menjatuhkanilustrasi seorang pemenang (pexels.com/RUN 4 FFWPU)

Ini yang terakhir. Siapa yang harus percaya lebih dulu bahwa kamu bisa? Ya, kamu. Dirimu adalah kunci dari semua 'permainan' ini. 

Sebuah kritik yang menjatuhkan harusnya hanya sebuah kerikil kecil di jalan menuju tujuanmu. Menganggapnya sebuah pohon penghalang besar adalah salah. Kritik hanya sebuah kerikil kecil, kamu kuat untuk menyingkirkan kerikil kecil tersebut. 

Jangan biarkan orang lain yang tidak mengenal baik siapa kamu, membuatmu terpuruk. Kamu adalah kamu, yang mengerti dirimu. Kamu hanya perlu membuktikan bahwa dirimu bukan orang yang sama, seperti yang ada di kritikan. 

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Kalimat Ini Terkesan Menjatuhkan Orang Lain

Mohammad Heru Wiranto Photo Writer Mohammad Heru Wiranto

Penulis usia 18 tahun dengan impiannya, itu aku.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya