Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Penting

Prioritaskan diri sendiri, bukan orang lain

Masih banyak orang yang tidak tau mana yang harus di prioritaskan. Diri sendiri atau orang lain. Kadang ada orang yang melupakan kasih sayang kepada diri mereka sendiri hanya karena terlalu memprioritaskan orang lain. 

Oleh sebab itu berikut ini adalah lima alasan untuk menyayangi dirimu sendiri atau untuk memperkuat alasanmu untuk mengabaikan prioritas orang lain. 

1. Tidak ada orang selain kamu

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Pentingilustrasi wanita menyanggah kepalanya (pexels.com/Monstera)

Siapa jika bukan kamu? Kamu berharap kepada orang lain untuk menyayangi dirimu? Tidak ada. Jangan selalu berharap kepada orang lain untuk kepentingan pribadimu. Kamu harus belajar untuk berdiri dengan kakimu sendiri. 

Lagipula, kamu benar-benar tidak tau apa yang mereka perbuat kepadamu itu tulus dari hati atau tidak. Kamu juga pasti tau kebanyakan manusia selalu menginginkan hasil yang menguntungkan dirinya. 

2. Kamu hidup untuk diri sendiri

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Pentingilustrasi menatap langit (pexels.com/nappy)

Kamu hidup untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain. Apapun yang kamu lakukan setiap harinya adalah untukmu, bukan untuk orang lain. Jadi berhentilah menyingkirkan namamu dalam prioritas hidupmu dan diganti dengan nama orang lain.

Lakukan apapun yang membuatmu bahagia, bukan yang orang lain bahagia. Itu juga adalah salah satu cara untuk menyayangi diri sendiri. Tidak ada yang salah jika kamu sayang kepada dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan dalam Self-Love

3. Menghargai diri sendiri

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Pentingilustrasi wanita bersemangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu tahu perjuangan dirimu sendiri. Kamu juga tau hal-hal berat apa yang telah kamu lewati. Lalu, kamu masih melakukan hal-hal yang menyakitkan dirimu sendiri hanya demi memenuhi ekpektasi orang lain? 

Berhentilah melakukan itu. Hargailah dirimu sendiri dengan cara menyayangi dirimu sendiri. Ingatlah hal-hal berat yang sudah kamu berhasil lewati. Dengan itu, kamu bisa lebih menghargai dirimu sendiri. 

4. Kamu juga berhak bahagia

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Pentingilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Kampus Production)

Kamu manusia, mereka juga manusia. Jika orang lain bahagia, berarti kamu juga berhak untuk bahagia. Tidak ada yang berhak untuk menghalangi kebahagiaanmu. Sayangilah dirimu sendiri untuk bahagia. 

Berbahagialah dengan caramu sendiri tanpa harus memikirkan perkataan orang lain. Sayangilah dirimu sendiri, tanpa harus berharap orang lain akan memberikan kasih sayang kepadamu juga. 

5. Tidak ada yang bisa diharapkan dari orang lain

5 Alasan Mengapa Menyayangi Diri Sendiri Itu Pentingilustrasi wanita bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berhentilah berharap untuk orang lain menyayangimu. Tidak ada yang bisa diharapkan dari mereka semua. Sifat dari manusia adalah menginginkan keuntungan darinya. Jika tidak ada yang menguntungkan dari menyayangimu, mereka tidak akan menyayangimu. 

Jadi, berhentilah berharap kepada mereka semua. Kamulah yang harus menyayangi dirimu sendiri, bukan orang lain. 

Itulah lima alasan mengapa menyayangi dirimu sendiri itu penting. Teruslah melakukan apapun yang membuatmu bahagia. Itu juga salah satu cara untuk menyayangi diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!

Muhammad alvian Photo Verified Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya