Comscore Tracker

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadah

Gak boleh malas

Ibadah adalah jalan kita untuk mendapatkan kedekatan dengan Allah. Dengan kualitas ibadah yang baik kita akan mendapatkan ketenangan dalam hidup kita. Lebih lanjut, Allah bahkan menetapkan ibadah kepada-Nya sebagai tujuan hidup manusia.

Namun ada kalanya keimanan kita mengalami penurunan yang membuat kita semakin malas dalam beribadah. Seperti halnya orang yang sakit tidak bisa merasakan nikmatnya makanan, demikian juga ketika rohani kita sakit, kita tidak bisa merasakan kenikmatan dalam ibadah kita.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan jika sedang merasakan kemalasan dalam beribadah :

1. Mengingat akhirat

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadahfuneralwise.com

Ingatlah kalau hidup kamu di dunia ini hanya sementara, dan kehidupan yang kekal abadi adalah di akhirat kelak. Suatu hari nanti kamu pasti akan kembali kepada-Nya untuk mempertanggung jawabkan amal perbuatan kamu di dunia ini. Amal-amal ibadah dan kebaikan-kebaikan kita di dunia ini lah yang kelak akan membuat kita bernasib baik di akhirat. So, rajin-rajin beribadah yah untuk bekal di akhirat nanti.

2. Mengingat nikmat dan anugerah Allah atas diri kita

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadahvosizneias.com

Lihat dan renungkanlah sejenak kondisi fisikmu yang sempurna. Kamu masih bisa menikmati indahnya dunia dengan matamu, telinga kamu masih mampu mendengar dengan jelas, kakimu masih mampu berjalan, sedangkan ada sebagian orang lain yang luput dari nikmat-nikmat itu.

Kamu masih bisa makan tiga kali sehari bukan? Syukurilah hal itu karena di luar sana masih banyak orang yang tidak bisa merasakan nikmat tersebut. Semua itu adalah hanya segelintir dari banyaknya anugerah Tuhan buat kamu. Dengan mengingat nikmat-nikmat itu kamu akan tergerak untuk mensyukurinya dengan cara beribadah.

3. Perbanyaklah beristighfar

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadahislamfaith.com

Dosa adalah hal yang membuat kamu malas beribadah. Istighfar bukan sekedar cara kamu untuk meminta ampunan dari dosa-dosa yang sudah lalu, tapi juga cara supaya kamu terhindar dari dosa-dosa di masa yang akan datang. Istighfar juga cara untuk memohon supaya Allah memberikan kita kekuatan untuk melakukan kebaikan-kebaikan di masa yang akan datang. So, banyakin baca istighfar yah.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Semangat Ibadah Setelah Bulan Ramadan Berlalu

4. Jauhi hal yang sia-sia

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadahmnnonline.org

Ciri kesempurnaan iman seseorang adalah menjauhkan diri dari hal yang sia-sia. Semakin banyak waktu yang kamu gunakan untuk hal yang positif, maka itu akan mengurangi kesempatan kamu untuk melakukan hal-hal yang negatif. Semakin sedikit hal negatif yang  kamu lakukan semakin besar semangat kamu untuk beribadah.

5. Berpakaianlah yang sopan sesuai dengan yang diajarkan oleh agama

5 Langkah untuk Menjauhkan Rasa Malas dalam Beribadahtheconversation.com

Tampilan luar kamu sangat berpengaruh terhadap kondisi batin kamu, lho. Berpakaian yang sopan sesuai ajaran agama akan menciptakan suasana hati yang tentram yang membuat kita lebih khusyu dalam beribadah. Tunggu apalagi, sudah saatnya kamu untuk berhijrah menuju kondisi yang lebih baik. 

Itu lah tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjauhkan diri dari kemalasan dalam beribadah. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik dan lebih  dekat dengan Sang Pencipta yah. 

Baca Juga: 5 Amalan Ibadah yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Syawal untuk Meraih Pahala

Muhammad Hasyim Photo Writer Muhammad Hasyim

Pecinta kopi dan literasi, Translator

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya