Comscore Tracker

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjomblo

Nanti yang terbaik akan datang sendiri

Kamu sudah punya pasangan saat ini? Jika belum, mau sampai kapan kamu sendiri? Pertanyaan ini mungkin sepele, tapi sulit jika harus kamu jawab sendiri. Sebab pertanyaan ini bukan soal logika atau ilmu pengetahuan, tapi hati dan juga emosi.

Jika kamu masih sendiri hingga saat ini, itu bukanlah masalah besar apabila kamu punya alasan yang tepat. Namun, jika kamu tidak memiliki alasan untuk itu, maka kamu harus memikirkan masa depan. Berikut ini adalah lima alasan yang memungkinkan lebih baik kamu menjomblo untuk saat ini.

1. Belum menemukan sosok yang tepat

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjombloilustrasi menyendiri (unsplash.com/Soragrit Wongsa)

Bagi sebagian orang, cinta itu bisa dikatakan tepat bukan lewat sekali pandangan, tetapi lewat kebiasaan yang terjalin. Itu benar, tapi tidak semua orang sepakat tentang hal itu juga. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa cinta akan datang pada waktu yang tepat, tanpa harus dekat dalam waktu yang tak singkat.

Bagi mereka yang berpandangan seperti itu, akan lebih baik baginya untuk tidak menjalin hubungan dengan orang lain disaat belum merasa benar-benar cinta. Sebab, mereka cenderung akan menyesal dan menyalahkan dirinya sendiri, apabila hubungannya kandas seperti apa yang ditakutkan. Sehingga tak ada salahnya menunggu agar tidak menimbulkan trauma.

2. Fokus pada kehidupan pribadi dulu

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjombloilustrasi perempuan (unsplash.com/veeterzy)

Untuk apa menjalin hubungan ketika kamu masih ingin sendiri? Jika kamu masih butuh waktu untuk menjalani kehidupan yang bebas tanpa harus menggenggam komitmen, maka jangan dahulu menjalin hubungan. Sebab, kamu sendiri juga akan kesulitan jika keinginan tidak sesuai dengan kenyataan.

Gak masalah jika kamu butuh waktu untuk menikmati hidup sendiri dulu. Asal, jangan kelamaan juga untuk hidup sendiri. Sebab, jika kamu terlalu lama hidup sendiri, akibatnya akan sulit mendapatkan pasangan nantinya. Jadi, nikmati hari ini tanpa harus melupakan hari esok.

Baca Juga: 5 Hal Jarang Disadari Ini Penyebab Kamu Sulit Bahagia saat Menjomblo

3. Punya pandangan untuk mapan dulu baru berpasangan

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjombloilustrasi wanita karier (pexels.com/Gustavo Fring)

Sampai saat ini, kita masih belum tahu pasti kapan waktu yang tepat untuk menjalin hubungan. Apakah disaat kita membutuhkan teman untuk merintis atau disaat kita sudah berhasil nanti? Perdebatan mungkin bisa saja terjadi, tapi perlu ditekankan. Sebab, setiap orang bebas menentukan pilihan hidupnya.

Jika kamu berpikir bahwa lebih baik memapankan diri terlebih dahulu, maka lakukan itu. Jangan terpengaruh dengan orang lain yang hanya akan membuat kamu bingung dan gagal pada akhirnya. Kamu adalah pemimpin bagi dirimu sendiri. Apabila kamu nyaman dengan pilihanmu maka jalani itu dengan baik agar kamu cepat mencapainya.

4. Masih trauma dengan masa lalu

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjombloilustrasi merenung (unsplash.com/ScottWarman)

Ketika bersiap untuk menjalani hubungan baru, terkadang dihalangi oleh ingatan menyakitkan yang pernah kita alami di masa lalu. Wajar, jika kamu merasa trauma atas kejadian-kejadian di masa lalu.

Jika kamu masih belum mampu untuk berdamai dengan masa lalu itu, maka jangan paksakan dirimu untuk menjalin hubungan baru. Sebab, ketakutan yang belum hilang sempurna, akan membayangi kamu ketika kamu punya impian. Lebih baik sembuhkan hatimu dulu, baru kamu bisa membangun masa depan yang lebih baik daripada masa lalu.

5. Belum mampu melindungi diri sendiri

Alih-alih Pacaran, Ini 5 Alasan Kenapa Kini Kamu Lebih Baik Menjombloilustrasi menyendiri (pexels.com/id-id/@tim-samuel)

Dalam berpacaran, baik laki-laki maupun perempuan harus bisa menjaga dirinya dari keburukan dunia ini. Jangan hanya karena kata cinta, justru kamu akan terjerumus dengan masalah baru. Memang hak kamu untuk memilih jalan apa yang akan dilakukan, tapi jangan sampai kamu menyesal dan menyalahkan orang lain.

Kamu punya kendali penuh terhadap dirimu sendiri, tapi kamu juga harus mampu melindungi diri sendiri, baik secara fisik ataupun mental. Sebab, disaat kamu sudah menentukan pilihan, maka kamu memegang tanggung jawab penuh terhadap keputusan hidupmu.

Menjalin hubungan itu gak bisa asal jadian saja. Kamu harus mampu menyelaraskan pikiran, hati, dan nafsu untuk mewujudkan cinta yang semestinya. Jangan sampai cinta yang terjadi padamu hanya sebatas sementara.

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Lakukan 5 Hal Ini saat Hubungan Bertahun-tahun Putus

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya