Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi Boomerang

#IDNTimesLife Kendalikan emosimu, ya!
Percaya diri adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap orang apa pun latar belakangnya. Kepercayaan diri merupakan wujud dari rasa syukur serta keyakinan kita akan kemampuan, kesanggupan, dan kesiapan diri kita sendiri untuk menghadapi apa pun.
 
Meski rasa percaya diri itu penting, tapi gak semua momen harus kamu barengi dengan rasa percaya diri. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar rasa percaya dirimu gak berbalik menjadi bahaya. Penasaran apa sajakah itu? Berikut jawabannya!

1. Konteks

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi BoomerangUnsplash.com/EddyBillard

Kepercayaan diri harus bisa kita kendalikan berdasarkan konteksnya. Seperti, percaya diri karena menghadapi lomba, percaya diri dalam memberikan pendapat dan sebagainya.

Jangan sampai justru kepercayaan diri kamu timbul pada hal-hal negatif. Seperti bertengkar, berdebat (menjatuhkan), atau hal negatif lainnya. Pasalnya, hal itu bisa menjadi masalah untukmu di kemudian hari.

2. Sisi emosional

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi BoomerangUnsplash.com/JonathanRados

Rasa percaya diri yang kuat harus juga dibarengi dengan pengendalian emosional yang baik. Sebab kepercayaan diri yang berlebihan hanya akan membuat kamu lebih cenderung berbuat ke arah yang negatif. Kendalikan emosionalmu sebaik mungkin, agar rasa percaya diri bisa terkendali sebagaimana mestinya.

3. Penyebab

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi BoomerangUnsplash.com/JosephPearson

Apa penyebab rasa percaya dirimu muncul? Karena termotivasi? Gak ingin kalah? Atau justru karena balas dendam? Hati-hati dalam menyikapi penyebab rasa percaya diri ini.

Jika kamu justru terpicu oleh alasan negatif seperti balas dendam. Kepercayaan dirimu akan percuma adanya. Karena bukannya kamu dihargai, namun justru kamu dijauhi.

Baca Juga: 6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiens

4. Faktor eksternal

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi BoomerangUnsplash.com/MatheusFerrero

Jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal di luar dari dirimu. Saring hal apa yang semestinya bisa kamu terima, dan hal apa yang tidak mungkin kamu terima.

Jangan terpengaruh oleh hasutan orang lain. Jika mereka mendukungmu dalam kebaikan maka hargailah. Tapi jika mereka mendukungmu dalam keburukan, maka jauhilah.

5. Rasa takut

5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi BoomerangUnsplash.com/CalebWoods

Dibalik rasa percaya diri, ada juga rasa takut yang memotivasi. Seseorang biasanya memiliki rasa percaya diri karena mereka takut gagal dalam sebuah hal. Contohnya, takut kalah dalam perlombaan.

Hal ini yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai rasa percaya diri kamu kalah dominannya dari rasa takut. Sebab, jika rasa takut lebih menguasai, akan lebih sulit rasanya kamu menghadapi hal tersebut.

Itulah kelima hal yang perlu kamu perhatikan agar rasa percaya dirimu tak menjadi boomerang. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Stop Memiliki 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Bisa Lebih Percaya Diri

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya