Comscore Tracker

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiens

#IDNTimesLife Yuk, ubah rasa takutmu menjadi hal baik!

Public Speaking adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai banyak orang, terutama dalam kemampuan leadership. Pada masa pandemik ini, meskipun acara dilangsungkan secara virtual, kamu harus mampu membuat audiens terpaku pada penampilanmu di layar gawai mereka.

Tapi, masih banyak orang yang kurang percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang. Yuk, simak tips berikut ini untuk membantumu berbicara lebih percaya diri dan bersinar di depan audiens!

1. Biarkan ketakutanmu memicumu lebih tampil lebih baik

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/wonderlane

Mungkin terdengar klise untuk menjadikan kekuranganmu sebagai pemicu, tapi hal ini bisa kamu terapkan. Dilansir YourTango, Rana Al-Falaki, Life Coach, menjelaskan bahwa ketakutan ini juga bisa mengalihkan perhatianmu dan fokus pada audiens sehingga kamu bisa menampilkan yang terbaik.

2. Pelajari tipe audiens yang akan dihadapi

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/You X Ventures

Orang akan merasa senang apabila kamu memahaminya, begitu pula audiensmu. Rana Al-Falaki menyarankan untuk meluangkan waktu mempelajari audiens yang akan kamu hadapi, sehingga kamu bisa menyesuaikan apa yang ingin kamu sampaikan agar pas dan relevan.

3. Sampaikan cerita yang menarik

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/@productschool

Orang tidak akan mengingat apa yang kamu lakukan atau katakan, tapi ia akan ingat bagaimana kamu membuatnya merasa. Saat cerita dan materi yang kamu sampaikan mengena bagi audiens, ia akan merasa terhubung denganmu dan memperhatikan apa yang kamu sampaikan.

Baca Juga: Tanpa Kursus! 7 Tips Ini Mampu Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

4. Jadilah dirimu sendiri

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/smartworks coworking

Cara yang paling tepat agar audiens terlibat adalah dengan menunjukkan siapa dirimu. Chris Anderson, Head of TED, melalui Bright Network, menyarankan untuk menggunakan humor dan kontak mata dengan audiens, serta tidak takut untuk berbicara dengan penuh semangat.

5. Jangan lupa latihan

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/headway

Persiapan dan latihan adalah kunci untuk menyampaikan presentasi yang baik. Ini berguna untuk mematangkan materimu. Chris Anderson mengingatkanmu untuk sering berlatih, sekalipun kamu sering berbicara di depan umum.

6. Tidak ada rumusan atau tips yang pasti

6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiensunsplash.com/productschool

Ada banyak cara untuk menyampaikan materi dengan baik. Namun, Anderson menyampaikan bahwa tips berbicara di depan umum bukanlah aturan yang baku. Kamu bisa memilih mana yang tepat untukmu dan mengabaikan yang lainnya.

Ini dia tips untuk berbicara di depan umum. Pastikan kamu menyesuaikan dengan materi dan tips yang nyaman untuk dirimu sendiri, ya!

Baca Juga: Manfaatkan 6 Zodiak Ini untuk Belajar Public Speaking, Mau Coba? 

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya