Comscore Tracker

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!

#DearFutureIndonesia Jangan takut untuk memulai

Indonesia, negara yang resmi terbentuk sejak 73 tahun lalu, atau tepatnya 17 Agustus 1945 ini adalah negara yang sangat berpotensi. Namun, apakah masyarakatnya sadar dengan potensi negara ini?

Indonesia semakin lama makin dewasa. Begitu pula masyarakatnya, makin dewasa maka makin terbuka pula pemikiran mereka, anda, saya, dan kita semua demi mewujudkan negara yang berpegang teguh pada dasarnya, Pancasila.

Seiring berjalannya waktu, Indonesia perlu menanamkan beberapa prinsip dalam diri pemudanya. Berikut, lima pemikiran yang patut ditanamkan oleh generasi millennial Indonesia.

1. Kuatkan inovasi bukan konsumsi

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!Pixabay.com/fancycrave1

Masa depan adalah masanya orang-orang yang memiliki inovasi, kreativitas, dan juga daya saing. Hal tersebut membuat kaum millennial patut meningkatkan semangat dalam bekerja.

Di masa depan, robot adalah kunci dari dunia industri. Oleh sebab itu, jika masyarakat Indonesia masih terlalu konsumtif, maka dengan demikian, kita semua harus rela digusur oleh teknologi. Jadi, demi kemajuan negara, kita harus benar-benar mengenyampingkan sifat konsumtif dan fokus pada semangat produktif.

2.Ubah mager jadi seger

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!Pexels.com/YuryKim

Pasti, sebagian besar dari kalian paham dengan apa yang dimaksud dengan mager. Ya, mager atau malas gerak adalah kata yang seolah jadi kebiasaan kaum millennial dalam menggambarkan semangatnya.

Namun, sebenarnya sifat mager bisa kita ganti dengan sifat seger atau semangat gerak. Sebab, seiring berjalannya waktu, kita sebagai generasi muda tentu tak bisa selalu mengandalkan convenience dalam melakukan segala sesuatu.

Mungkin saat ini malas gerak masih hal biasa, namun di masa depan, malas gerak adalah tanda keterbelakangan seseorang!

Baca Juga: Bukan Hanya Pengkritik, 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsa

3. Keluar dari zona nyaman

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!Pexels.com/Rawpixel

Jadi pegawai, punya rumah, hidup enak, itu bukan keinginan generasi muda saat ini? Tapi sadar gak sih kamu? Jika sebenarnya di masa depan, dunia akan berisi lebih banyak pemimpin, bukan pegawai.

Kebanyakan anak muda di Indonesia mengharapkan posisi yang aman dalam kariernya. Maka tak heran jika jabatan PNS adalah jabatan yang paling diidam-idamkan banyak orang. Meski begitu, selagi kita muda, maka lebih baik mengembangkan potensi untuk jadi pemimpin. Sebab, dunia tak akan pernah kekurangan orang hebat, kecuali ilmu sudah tak lagi berguna.

4. Jadilah pecinta produk negeri sendiri

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!Pexels.com/NegativeSpace

Sadar gak sih? Kalo sebenarnya di Indonesia ini, mayoritas barang yang beredar adalah barang import. Bahkan, per Februari 2018 lalu, kementerian perdagangan mensinyalir ada lebih dari 90 persen barang import yang menguasai e-Commerce Indonesia.

Setidaknya hanya ada 6-7 persen produk lokal yang diperjual-belikan di berbagai situs jual beli online tanah air. Menurut data dari Badan Pusat Statistik(BPS), sejak 2015 Indonesia mengalami peningkatan import barang konsumsi. Contohnya saja kenaikan yang terjadi dari tahun 2015 ke 2016. Kenaikan diperkirakan mencapai 13,54 persen dari tahun sebelumnya.

5. Internet sebagai pembangun bangsa

Sadari, 5 Pikiran Ini Patut Kita Tanamkan Demi Kemajauan Bangsa!Instagram.com/attahalilintar

Internet kini telah jadi bagian dari bangsa Indonesia. Jejaring sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook dan lainnya, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi perkembangan negeri ini.

Tak hanya industri kreatif, generasi muda juga dapat mengembangkan berbagai usaha yang dapat memberdayakan usaha-usaha kecil. Seperti membangun startup dan usaha moderen lainnya.

Demi menunjang kebutuhan berbisnis dan juga streaming video, pastinya kita perlu provider internet yang menyediakan jaringan terbaik dengan harga super terjangkau tentunya. Sekarang kamu bisa internetan dengan harga yang super murah lho!

Sebab, Smartfren menyediakan paket internet murah dengan jaringan terbaik. Contohnya paket internet 30GB Rp60.000 yang menawarkan sensasi internetan Rp2.000 per GB-nya. Murahkan? Tunggu apalagi? #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu bersama Smartfren #Super4GKuota.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You