Comscore Tracker

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya 

Tetaplah menjadi pahlawan! #IDNTimesLife

Menjadi pribadi yang suka menolong dan cekatan terhadap sekitar adalah keuntungan serta anugerah yang semestinya dimiliki oleh semua orang. Namun, faktanya hanya segelintir orang saja yang benar-benar punya pandangan hidup seperti ini.

Beberapa orang mungkin bahkan terlihat lebih peduli kepada orang lain ketimbang dirinya sendiri. Dari apakah kita bisa menilai hal itu? Berikut adalah lima hal yang dapat indikasikan bahwa kepedulianmu itu tak ada batasnya!

1. Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membeberkan pendapatnya lebih dahulu

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya Meeting pekerjaan (Unsplash.com/CampaignCreators)

Manusia selalu menginginkan pendapat atau masukkannya yang lebih dipertimbangkan. Karena memang hakikatnya kita semua merasa paling benar satu sama lainnya. Dan karena itulah kita saling berebut untuk memberikan pendapat lebih dahulu! Tetapi ada juga kalanya kita memberikan kesempatan orang lain untuk mengutarakan pendapatnya lebih dahulu. Meski sepele tetapi itu berarti kamu memberikan kesempatan untuk orang lain mengambil kesempatannya lebih dahulu.

2. Enggan makan sendirian di depan orang yang kelaparan

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya Memberi rezeki (Unsplash.com/ElaineCasap)

Kita mungkin terlalu sibuk bekerja hingga sering lupa makan dan bahkan selalu tidak habis ketika makan siang. Tetapi, di belakang kita masih banyak orang-orang yang kelaparan. Untuk kamu yang berjiwa besar, tentu kamu enggan makan sendirian di depan orang yang kelaparan. Mau tidak mau, kamu pasti akan membaginya. Apa yang kamu lakukan itu merupakan bagian dari bentuk kepedulianmu terhadap sesama yang tak ada batasnya. Kamu bahkan tak lari dari keadaan yang membuatmu canggung seperti itu.

3. Mengorbankan waktu pribadi untuk menyelesaikan masalah orang lain

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya Memberi masukkan (Unsplash.com/NeONBRAND)

Jika kita tidak punya kelebihan dalam sesuatu hal maka tak ada salahnya membantu sesama dengan kemampuan yang kita miliki. Semisal kita pandai dalam mengoperasikan komputer maka tak ada salahnya membantu orang yang kesulitan dalam hal itu.

Namun, untuk orang-orang yang lebih mengutamakan kepentingan orang lain tentu akan menggunakan waktu pribadinya tanpa satu alasan apa pun. Yang ia lakukan hanya membantu, tanpa meminta imbal jasa. Dimana hal itu sangat berharga dan berjasa untuk siapa saja.

Baca Juga: 5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

4. Merelakan beberapa kesempatan untuk meraih kesuksesan bersama

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya Pemimpin tangguh (Unsplash.com/CherryDeck)

Di sebuah perusahaan tentu banyak sekali persaingan antar pegawai yang menginginkan jenjang karier lebih baik. Sehingga satu sama lain berkompetisi untuk menjadi yang lebih baik. Tetapi pernah nggak sih kamu menolak kesempatan promosi hanya karena ingin membantu timmu meraih keberhasilan bersama? Pernah? Tidak pernah? Jika pernah, maka kamu termasuk ke dalam daftar orang-orang yang punya kepedulian tanpa batasan. Salah? Tidak, kamu hanya terlalu baik untuk menjadi seorang manusia biasa.

5. Selalu mendahulukan kepentingan orang lain

5 Hal yang Indikasikan Bahwa Kepedulianmu Itu Tak Ada Batasnya Menolong sesama (Unsplash.com/IsmaelParamo)

Mereka yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain ketimbang kepentingan pribadinya adalah seorang pahlawan. Tak sulit memang untuk menjadi sosok seperti ini, tetapi sedikit yang mau menerapkannya. Sebab di dunia ini, orang-orang lebih cenderung mencari hal-hal yang menguntungkan dirinya, ketimbang memberikan keuntungan bersama.

Untuk menjadi pahlawan tak harus memiliki kekuatan super. Tidak perlu digigit laba-laba, apalagi sampai membuat kostum canggih. Menjadi pahlawan yang sesungguhnya itu mudah, karena kamu hanya perlu hati yang bersih, dan keikhlasan untuk melakukan segalanya.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Bahagia di Masa Pandemik, Langsung dari Psikolog!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya