Comscore Tracker

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!

#IDNTimesLife Jangan lupa diamalkan

Selain salat wajib, umat muslim juga dianjurkan menjalankan amalan sunah, seperti salat tahajud. Salat sunah ini bisa dikerjakan kapan pun selama masih dalam kurun waktu setelah isya hingga memasuki waktu subuh.

Hanya saja, dalam kajian yang ada, diketahui bila salat tahajud paling dianjurkan untuk dilakukan pada sepertiga malam terakhir lepas tengah malam sampai masuk waktu subuh. Selain itu, terlepas dari hukumnya yang sunah, salat tahajud menyimpan cukup banyak keistimewaan.

1. Semua doa kebaikan yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!Ilustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Allah SWT memberikan ganjaran pahala berlimpah bagi orang yang menjalankan salat tahajud. Gak hanya itu, Allah SWT juga senantiasa akan mengabulkan doa yang dipanjatkan, terlebih bila orang tersebut melaksanakan salat tahajud di waktu utamanya, yaitu di sepertiga malam terakhir. 

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullas SAW yang berbunyi:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: 'Barang siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barang siapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.'" (HR. Bukhari).

Selain itu, ada pula hadis lain yang menegaskan hal sama, yakni:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ 

Artinya:

“Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR. Muslim)

2. Allah SWT akan senantiasa membanggakan hambanya yang melakukan salat tahajud kepada para malaikat

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!Ilustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Keutamaan lainnya adalah Allah SWT akan membanggakan siapa pun hambanya yang melakukan salat tahajud kepada para malaikat. Hal ini disampaikan dalam sebuah atsar:

إن الله يعجب من العبد إذا قام من على فراشه وبين أهله إلى صلاته ويباهى به ملائكته ويقبل عليه بوجهه الكريم

Artinya:

“Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju salat dan Allah menerima hamba tersebut.” (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], hlm. 40-41)

3. Keutamaan salat tahajud menyerupai keutamaan sedekah sirr (rahasia)

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!unsplash.com/@jontyson

Selanjutnya, orang yang yang menjalankan salat malam, termasuk salat tahajud, akan mendapatkan keutamaan menyerupai sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia). Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ  

Artinya:

“Keutamaan salat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandingkan dengan sedekah terang-terangan." (Hilyatul Auliya’, juz 4, hlm. 167)

4. Menjadi amalan baik di akhirat

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!pixabay.com/Konevi

Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insya Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah ketika di akhirat. Ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Baca Juga: Menghapus Dosa! Ini Niat, Doa dan Tata Cara Salat Tahajud

5. Menjaga kesehatan rohani

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!IDN Times/Dwi Agustiar

Selain meningkatkan iman, melaksanakan salat tahajud ternyata juga bisa menjaga kesehatan rohani. Ini ditegaskan oleh Allah SWT yang mengatakan bahwa orang yang selalu salat tahajud, akan selalu punya sifat rendah hati, ramah, dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari. Allah SWT telah berfirman:

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

6. Jembatan untuk masuk surga

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!unsplash.com/Utsman Media

Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang manfaat salat tahajud yang mengagumkan untuk umat manusia apabila dijalankan dengan tekun dan penuh keikhlasan.

Manfaat itu adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga. Berikut bunyi hadis tersebut yang dikatakan oleh Rasulullah SAW kepada Abdullah Ibnu Muslim:

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkanlah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

7. Kebiasaan orang saleh untuk mendekatkan diri kepada Allah agar terhalang dari dosa

7 Keistimewaan Salat Tahajud, Doa Terkabul hingga Masuk Surga!pexels.com/Ali Arapoğlu

Berbeda dengan ibadah yang biasa dikerjakan oleh orang pada umumnya, salat tahajud merupakan ibadah yang jadi ciri khas dari orang saleh. Maka, bila kamu juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kamu dapat dikatakan juga termasuk orang yang saleh.

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

"Hendaknya kalian melakukan salat malam, karena salat malam adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian, dan sesungguhnya salat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan." (Sunan At-Tirmidzi: 3549)

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh hadis lain yang serupa, yakni:

“Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

Itu dia beberapa keistimewaan salat tahajud yang bisa kamu rasakan, khususnya bila dikerjakan pada waktu utamanya di sepertiga malam terakhir lepas tengah malam sampai masuk waktu subuh. Semoga dapat menambah keimanan kita juga, ya!

Baca Juga: Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang Dianjurkan

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya