Comscore Tracker

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang Dianjurkan

Waktunya panen pahala nih

Salah satu hari yang dimuliakan oleh Allah SWT adalah hari Jumat. Al-Imam Al-Syafi'i dan Al-Imam Ahmad mengemukakan, "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri." 

Dengan keberkahan di hari Jumat, maka umat muslim dianjurkan melaksanakan ibadah sunah sebagai tanda keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT. Lantas, amalan apa saja yang dalam kalender hijriah terhitung mulai Kamis petang saat matahari terbenam ini? 

1. Membaca surat Yasin

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang Dianjurkanpexels.com/Konevi

Surat Yasin merupakan salah satu surat pada Al-Qur'an yang kerap dibaca ketika umat muslim meminta kesembuhan. Surat Yasin juga menjadi pengantar kepulangan seseorang sewaktu muncul tanda kematian telah dekat.

Selain dua hal tadi, surat Yasin dianjurkan dibaca di malam Jumat karena memiliki banyak manfaat lainnya. Bila kamu membacanya di malam Jumat, Allah SWT akan mengabulkan permintaanmu. Hal ini disebutkan dalam HR. Abu Daud dari Al-Habr yang berbunyi:

"Barangsiapa membaca surat Yasin dan Al Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya."

Sedangkan KH Munawwir Abdul Fattah dalam membaca surat Yasin menulis, sebuah hadis yang menyebutkan bahwa 'Yasin lima quriat lahu". Di mana ini bermakna bahwa surat Yasin dibaca sesuai niat si pembaca.

Misalnya, kamu ingin membaca surat Yasin untuk mendapatkan rezeki, maka kamu bisa niat dari awal sesuai tujuanmu. Selain itu, membaca surat Yasin biasanya dilakukan untuk mendapat kemudahan ketika dalam keadaan sulit, mencari jodoh, dan menghadapi ujian. 

2. Membaca surat Al-Kahfi

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang Dianjurkanpexels.com/Ahmed Aqtai

Surat Al-Kahfi adalah surat ke-18 di Al-Qur'an dan terdiri dari 110 ayat. Kata Al-Kahfi sendiri memiliki arti penghuni-penghuni gua.

Seperti halnya membaca surat Yasin, membaca surat Al-Kahfi juga dianjurkan pada malam Jumat. Membacanya pada waktu tersebut bisa mendatangkan ketenangan batin hingga satu minggu berikutnya.

Dengan membaca surat Al-Kahfi, maka kamu akan diterangi cahaya antara dua Jumat. Berdasarkan HR Ad-Darimi, Rasulullah SWT bersabda tentang keutamaan surat Al-Kahfi yang berbunyi sebagai berikut:

"Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka'bah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahihul Jami')

3. Melaksanakan salat Tahajud

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang DianjurkanIDN Times/Dwi Agustiar

Salat Tahajud merupakan salat sunah yang istimewa. Salat ini punya banyak manfaat seperti mengabulkan doa, menghapus dosa, hingga amalan yang akan membantu di akhirat. 

Apabila kamu melaksanakan salat Tahajud pada malam hari berkah seperti hari Jumat, maka pahala yang didapat akan berlipat. QS. Al-Isra ayat 79 menyebutkan bahwa Allah SWT akan mengangkat ke tempat terpuji apabila melaksanakan salat Tahajud.

Berikut arti dari QS. Al-Isra ayat 79 :

"Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat Tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Baca Juga: Bacaan Doa Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAW Serta Amalannya

4. Membaca selawat

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang DianjurkanIDN Times/Rizka Yulita

Membaca selawat pada malam Jumat memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW melalui HR. Muslim bersabda:

"Sesungguhnya orang yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat."

5. Memperbanyak doa

Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang DianjurkanIDN Times/Rizka Yulita

Umat muslim dianjurkan memanjatkan banyak doa pada hari Jumat, khususnya di malam hari agar doanya lebih mudah dijabah oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda melalui salah satu hadis dari HR. Bukhari No. 935 dan Muslim No. 852 dari sahabat Abu Hurairah yang berbunyi:

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut."

Tidak diketahui di mana waktu tepatnya Allah akan mengabulkan doa, namun malam itu berada pada rentang waktu malam Jumat. Itu tadi beberapa amalan yang dapat kamu lakukan di malam Jumat. Semoga bisa jadi acuan kamu dalam beribadah ya!

Baca Juga: 7 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah di Hari Jumat, Datangkan Kebaikan

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra

Berita Terkini Lainnya