Comscore Tracker

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu Tinggi

Nomor 3 menyeramkan!

Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, ternyata tidak selalu menguntungkan. Ini karena kecerdasan emosional berpengaruh terhadap produktivitas di tempat kerja, hubungan asmara, interaksi dengan orang lain, serta kesehatan fisik dan psikis.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kecerdasan emosional yang terlalu tinggi dan tidak dapat mengontrolnya, bisa saja lima kerugian ini justru akan menimpamu. 

1. Sulit memberi dan menerima kritik negatif

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu TinggiPexels/Tirachard Kumtanom

Orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi, biasanya memiliki empati yang besar kepada orang lain. Sayang, hal ini justru bisa membuat mereka kesulitan dalam menerima dan memberikan kritik yang sedikit negatif.

Saat mendapatkan kritik, biasanya mereka tetap bersikap tenang dan positif sehingga menganggap bahwa hal tersebut bukanlah kritik. Akibatnya, mereka tak akan sadar bahwa kritik tersebut ditujukan demi perubahan dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Takut mengambil risiko

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu Tinggipexels/@olly

Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, biasanya juga lebih suka bermain aman tanpa banyak mengambil risiko yang berbahaya. Sebab, mereka akan selalu memastikan segalanya berjalan teratur dan sesuai dengan keinginan dan rencana yang sudah dibuat.

Dampaknya, ketika hal tersebut tidak berjalan dengan baik, mereka tidak dapat memutuskan solusi terbaik yang perlu dilakukan untuk keluar dari krisis itu.

3. Mampu memanipulasi orang lain

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu Tinggidramabeans.com

Empati yang besar dalam diri seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi, terkadang berkembang menjadi kemampuan manipulasi yang dapat memengaruhi perilaku orang lain. Meski tak selalu berarti buruk, akan tetapi tidak menutup kemungkinan, tanpa disadari kamu melakukan kemampuan tersebut untuk kepentingan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak, Ajak Kenal Perasaan!

4. Sulit mengambil keputusan

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu Tinggipixabay/Andrea Piacquadio

Ketika menjadi seorang pemimpin dan dihadapkan pada keinginan banyak orang, pemilik kecerdasan emosional tinggi biasanya mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan yang tepat. Ini karena mereka berpikir bahwa keputusan yang baik bagi kelompok, kadang belum tentu diterima oleh beberapa orang.

Tanpa disadari, hal tersebut bisa memicu konflik pada orang dengan kecerdasan emosional yang terlalu tinggi. Mereka merasa tidak enak kepada orang lain, tetapi mereka juga yang menanggung bebannya.

5. Daya kreativitas dan kemampuan berinovasi menurun

5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu TinggiPexels/Andrea Piacquadio

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi, memang pandai bekerja sama dengan orang lain. Akan tetapi, mereka terkadang kesulitan untuk menonjolkan keunikannya dan cenderung memiliki daya kreativitas yang rendah.

Namun, perlu diketahui bahwa seiring pengalaman yang didapatkan, maka orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan tetap dapat menjadi orang yang kreatif.

Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, pada dasarnya bukanlah hal yang buruk selama kamu bisa mengontrolnya dengan baik. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendengarkan orang lain dan menerima kritik yang membangun.

Baca Juga: Coba 5 Cara Cerdas Ini saat Janjian Sama Teman yang Suka Datang Telat

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya