Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala Prioritas

WFH bisa jadi kerjaan tambah banyak, lho!

Ketika memiliki tugas yang menumpuk, pasti kamu merasa bingung untuk mulai mengerjakannya dari yang mana dahulu. Dalam momen tersebut, agar tidak kewalahan dan kebingungan, cobalah untuk membuat skala prioritas dari apa yang harus dikerjakan.

Kamu dapat mengerjakan sesuatu yang terpenting terlebih dahulu, baru ke sesuatu yang kurang penting. Nah, untuk membuat skala prioritas tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Daripada penasaran, intip langsung informasinya di bawah ini!

1. Buat gambaran besar dari apa yang harus kamu kerjakan

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala Prioritaspexels/Startup Stock Photos

Membuat skala prioritas artinya kamu merencanakan apa yang harus dilakukan untuk hari ini, esok, dan ke depannya. Kamu perlu membuat gambaran besar dengan memasukkan kegiatan atau tugas-tugas yang sering kamu kerjakan.

Daftar kegiatan tersebut bisa kamu atur sesuai dengan tingkat kepentingan, risiko, dan batas waktunya agar bisa lebih mudah untuk diatur.

2. Lihat deadline pengerjaannya

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala Prioritaspexels/brucemars

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk membuat skala prioritas, kamu perlu melihat batas waktu masing-masing tugas. Dari deadline itu saja, kamu pasti sudah bisa menentukan tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

3. Ketahui risiko jika kamu telat mengerjakannya

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala PrioritasPexels/Burst

Setelah mengetahui batas waktu dari masing-masing pekerjaan, kamu juga perlu mengetahui risiko apa yang akan dihadapi saat pekerjaan itu tak selesai tepat waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengurutkannya dari risiko yang paling besar dengan deadline yang paling dekat sampai ke risiko yang paling ringan dengan deadline yang paling jauh.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Gak Lagi Jadi Prioritas Pasangan

4. Buat to do list

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala PrioritasPixabay/StockSnap

Setelah mengetahui deadline dan risiko pekerjaan, kamu bisa mengurutkannya dalam to do list. Ini berguna sebagai pengingat ketika kamu lupa atau bingung akan apa yang harus dikerjakan dahulu. Dengan ini, mengatur kegiatan dan tugas pun menjadi lebih mudah.

5. Berikan batasan waktu pengerjaan dari masing-masing hal yang ada di daftar tersebut

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menentukan Skala Prioritaspixabay/Free-Photos-242387

Kalau kamu sudah membuat daftar kegiatan dan tugas, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat batas waktu pengerjaan masing-masing tugas. Ini berguna untuk memberi estimasi, kapan pekerjaan tersebut selesai hingga bisa langsung mengerjakan hal yang lain.

Itulah beberapa cara yang perlu diperhatikan saat membuat skala prioritas. Perlu diingat juga bahwa hal ini sangat penting demi membuat waktu pengerjaan menjadi lebih efisien dan melatihmu mengatur waktu dengan baik.

Baca Juga: 5 Alasan Sederhana Kenapa Setiap Orang Perlu Punya Prioritas

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya