Comscore Tracker

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!

Ramadan sebentar lagi...

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, pun harus bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi, agar momen puasa tahun ini berjalan lancar, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. 

Bagi kamu yang menjalankannya, mari simak persiapan menyambut bulan puasa Ramadan yang wajib kamu lakukan di bawah ini. Jangan lupa dipraktikkan juga, ya!

1. Mempersiapkan niat hati dan memperkuat iman

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!Ilustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Berpuasa dan menjalankan salat lima waktu akan melipatgandakan berkah dan pahala selama bulan Ramadan. Nah, menyambut datangnya bulan puasa Ramadan, persiapan dasar yang harus dilakukan adalah memantapkan iman serta niat untuk berpuasa.

Caranya bisa kamu lakukan dengan langkah sederhana, seperti membiasakan diri untuk salat lima waktu, menjauhkan kebiasaan buruk, dan jangan lupa membayar utang puasa tahun lalu. Kembali pelajari dan perdalam ilmu mengenai hal yang boleh dan gak boleh dilakukan selama bulan Ramadan.

2. Mempersiapkan tubuh dan fisik yang bugar

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!ilustrasi olahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Untuk berpuasa, tentu membutuhkan kondisi fisik dan stamina yang prima. Maka dari itu, mulailah jaga kesehatan tubuh dari sekarang agar ibadah puasa dapat berjalan lancar nantinya.

Kamu bisa melakukannya dengan istirahat yang cukup, minum vitamin dan suplemen, dan berolahraga secara rutin. Kamu juga bisa mulai membantu tubuh untuk beradaptasi dengan pola aktivitas saat Ramadan, seperti mengubah pola tidur agar bisa terbangun di jam sahur ataupun membiasakan diri dengan pola makan saat berpuasa nanti.

3. Mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan menghadapi bulan puasa

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!Ilustrasi belanja (IDN Times/Sunariyah)

Mempersiapkan ketersediaan bahan makanan dan kebutuhan untuk sahur dan berbuka puasa sangat penting. Coba pikirkan hidangan yang kamu dan keluarga sukai.

Kemudian, tulis bahan-bahan yang dibutuhkan agar tidak ada yang terlupakan, seperti sembako, makanan instan, hingga bumbu masak. Selain makanan, cek perlengkapan ibadah yang dibutuhkan seperti mukena, sajadah, dan peci. 

Baca Juga: 6 Tradisi Jelang Ramadan di Jateng, Dari Sakral hingga Pesta Rakyat

4. Mempersiapkan manajemen waktu untuk tetap produktif

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!ilustrasi buka puasa (freepik.com/user18526052)

Agar kamu gak bingung dan bulan puasa bisa berjalan produktif, siapkan rencana harian untuk dirimu sendiri. Tentukan jam tidur agar bisa istirahat dengan cukup dan bangun sahur badan terasa segar.

Sisihkan waktu selama 30-60 menit untuk melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan menjelang waktu berbuka maupun setelah berbuka. Kedua waktu ini disarankan untuk menghindari tubuh kekurangan cairan yang bisa mengganggu jalannya berpuasa.

5. Mulai beli baju Lebaran lebih awal

5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa, Lakukan Agar Ramadan Kamu Lancar!ilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Momen menyambut Ramadan identik dengan mempersiapkan diri secara fisik, hati, dan pikiran agar ibadah puasa nantinya dapat dilaksanakan dengan maksimal. Namun, jangan lupa bila setelah puasa kamu akan bersiap untuk menyambut Lebaran.

Oleh karenanya, kamu bisa mulai membeli baju baru untuk Lebaran, terutama baju keluarga. Meski terbilang masih cukup jauh waktunya, namun membeli baju dari jauh-jauh hari akan bermanfaat untuk efisiensi waktu dan harganya masih terbilang lebih murah.

Itu dia beberapa persiapan menyambut bulan puasa Ramadan yang wajib kamu lakukan karena sebentar lagi akan datang. Jangan lupa selalu perbanyak ibadah juga untuk meningkatkan pahalamu, ya!

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Paling Dinantikan Saat Bulan Ramadan

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya