Comscore Tracker

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda Inspiratif

#IDNTimesLife Siap ikuti tahap seleksinya?

Kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021 resmi digelar secara virtual pada Selasa (2/3/2021). Acara ini merupakan bentuk komitmen Astra dalam mendukung generasi muda untuk berkontribusi secara aktif dan positif pada masyarakat sekitarnya, serta menjadi sosok yang inspiratif.

Tak hanya itu, kick-off ini juga menandai dibukanya pendaftaran 12th SATU Indonesia Awards 2021. Diramaikan oleh para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020, berikut informasi terkait SATU Indonesia Awards 2021 yang perlu kamu ketahui.

1. Apa itu SATU Indonesia Awards?

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda InspiratifPara penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 dalam acara kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021. 2 Maret 2021. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

SATU Indonesia Awards adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh Astra kepada anak bangsa yang senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat melalui lima bidang, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi serta satu kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan adanya pandemik COVID-19, tahun ini
Astra memberi tambahan kategori apresiasi khusus dengan kategori pejuang tanpa
pamrih pada masa pandemik COVID-19.

Melalui SATU Indonesia Awards ke-12 tahun 2021, Astra mengajak seluruh anak bangsa untuk semangat melaju bersama menjadi potret inspirasi dalam memajukan bangsa.

2. Syarat dan ketentuan penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda InspiratifDian Satrowardoyo selaku salah satu Dewan Juri dalam acara kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021. 2 Maret 2021. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Untuk mengikuti sebuah kompetisi atau ajang penghargaan, tentu dibutuhkan kualifikasi tertentu. Maka dari itu, berikut syarat dan ketentuan yang perlu kamu tahu untuk dapat mendaftar dalam apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021:

  • Berusia maksimal 35 tahun
  • Individu atau kelompok (minimal 3 orang)
  • Kegiatan harus orisinal
  • Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun (kecuali untuk kategori apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemik COVID-19)
  • Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  • Bukan karyawan Grup Astra dan mitra SATU Indonesia Awards
  • Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti 12th SATU Indonesia Awards 2021
  • Program yang diajukan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra

3. Susunan Dewan Juri SATU Indonesia Awards 2021

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda InspiratifYoga Pratama, salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 dalam acara kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021. 2 Maret 2021. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Sebagai informasi tambahan, berikut sosok hebat nan penting yang menjadi jajaran dewan juri SATU Indonesia Awards 2021:

  1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia),
  2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia),
  3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta),
  4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan),
  5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi),
  6. Toriq Hadad (Direktur Utama Tempo),
  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni),
  8. Billy Boen (Founder Young On Top),
  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra),
  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra).

Baca Juga: Kumpulan Kisah Inspiratif Penyintas Kanker Paru, Penuh Haru

4. Hadiah penghargaan untuk penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda InspiratifMaria Yunita Hendriyani Opat, salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 dalam acara kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021. 2 Maret 2021. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Penerima apresiasi tingkat nasional dan apresiasi khusus, nantinya akan mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp60 juta dan pembinaan kegiatan. Terkait dengan hal ini, Ir. Tri Mumpuni memberikan bocoran mengenai sosok muda inspiratif yang dicari pada SATU Indonesia Awards 2021.

"Hal yang dinilai untuk menjadi seorang pemenang, pertama adalah motif. Kedua, tantangan yang dijalankan dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya, cara menjalankan program yang dibuat, lalu dampak dari program yang dijalankan. Apakah impact tersebut hanya bisa dirasakan oleh lokal saja atau lebih besar," terangnya.

"Terakhir, sustainability, yakni keberlanjutan. Kami menilai program tersebut apakah bisa berjalan dalam waktu panjang atau tidak. Maka dari itu, kami juga memberikan syarat jika program yang dijalankan harus sudah 3 tahun, selain dengan pengaruh COVID sebagai kategori khusus," tambahnya.

5. Jadwal dan tata cara pendaftaran SATU Indonesia Awards 2021

Adakan SATU Indonesia Awards 2021, Astra Jaring Anak Muda InspiratifArya Ananda Indrajaya Lukmana, salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 dalam acara kick-off 12th SATU Indonesia Awards 2021. 2 Maret 2021. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi bagian dalam apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021, sebaiknya segera persiapkan diri dengan baik. Sebab, pendaftaran resmi dibuka mulai 2 Maret hingga 2 Agustus 2021. 

Informasi terkait mengenai pendaftaran dan detail lebih lengkap mengenai SATU Indonesia Awards, dapat diakses melalui www.satu-indonesia.com.

Demikian informasi mengenai SATU Indonesia Awards 2021. Lantas, apakah kamu salah satu anak muda inspiratif yang tertarik ikut dalam apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021? 

Baca Juga: 5 Film Jadul Inspiratif tentang Mengatasi Rasa Kehilangan, Penuh Haru!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya