Comscore Tracker

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!

Jadilah versi terbaik dari diri sendiri  

Setiap orang tentu memiliki penilaian tersendiri atas kemampuan dan kepribadian kita. Ada tipe orang yang menganggap kita adalah pribadi yang baik, adapula yang memandang kita adalah pribadi yang kurang baik.

Sebenarnya anggapan itu boleh-boleh saja. Namun, yang perlu diingat adalah, kamu harus tahu sejauh mana kemampuan dirimu. Jangan sampai karena ekspektasi orang lain yang berlebihan, akhirnya kamu justru memforsir diri jauh di luar batas kemampuan.

Berikut ini ada lima alasan mengapa sebaiknya kamu tidak selalu menuruti ekspektasi orang lain.

1. Memaksakan diri hanya akan membuatmu tertekan

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!ilustrasi menutup muka (pexels.com/Cottonbro)

Tentu kamu pernah berjumpa dengan orang-orang yang memiliki ekspektasi lebih terhadap dirimu. Mereka beranggapan kamu adalah sosok super cerdas yang mampu menyelesaikan berbagai masalah.

Perlu diketahui, memaksakan diri mengikuti apa yang menjadi standar dan ekspektasi oang lain bisa membuatmu tertekan. Jika bertemu dengan mereka yang memiliki ekspektasi lebih, katakan sejujurnya tentang kemampuan dan keterampilanmu. Mereka berhak tahu bahwa kamu adalah manusia biasa yang juga memiliki keterbatasan.

2. Menuruti ekspektasi orang lain tidak akan ada habisnya

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!ilustrasi mengarahkan (pexels.com/Christina Morillo)

Membicarakan ekspektasi orang lain memang tidak akan pernah ada habisnya. Satu bidang sudah berhasil dikuasai, mereka akan menuntutmu menguasai bidang yang lain. Begiu juga dalam hal pekerjaan. Satu sudah selesai, mereka akan membebanimu dengan setumpuk pekerjaan yang lain.

Kalau kamu sedang berhadapan dengan situasi tersebut, belajarlah menjadi individu yang memiliki ketegasan diri. Jangan sungkan mengatakan bahwa kamu juga manusia biasa yang memiliki banyak kelemahan. Ada saatnya kamu bisa menuruti ekspektasi mereka, ada saatnya pula kamu tidak sanggup dengan tuntutan tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendali

3. Jadi terbaik dari versi dirimu sendiri

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!ilustrasi gadis berbaju kuning (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi diri sendiri memang tidak mudah. Seringkali pandangan dan komentar orang-orang sekitar akan membuat prinsip dan ketegasan dirimu goyah. Pada akhirnya kamu pun terombang-ambing oleh arus pergaulan hanya untuk menuruti apa yang menjadi ekspektasi orang. 

Jika kamu sedang dihadapkan dengan kondisi yang demikian, perlu diketahui bahwa pencapaian terbaik adalah ketika kamu menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Selalu menuruti ekspektasi orang lain hanya akan membuatmu kebingungan bahkan bisa jadi terjerumus ke arah yang salah.

4. Kamu adalah satu-satunya yang tahu sejauh mana batas kemampuanmu

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!ilustrasi gadis rambut pirang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang memang sudah dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa yang menjadi kelebihanmu tentu tidak sama dengan apa yang menjadi kelebihan orang lain. Bisa jadi kamu menguasai satu bidang tertentu dengan baik, tetap tidak dengan bidang yang lainnya. Begitupula dengan orang-orang di sekelilingmu.

Ketika seseorang memiliki pandangan bahwa kamu adalah manusia yang super terampil, maka tidak ada salahnya untuk tidak menuruti ekpektasi tersebut. Berusaha merubah diri hanya untuk menuruti eskpektasi orang lain hanya akan membuatmu kelelahan sendiri. Kamu adalah satu-satunya orang yang paham betul dengan kondisi dirimu. Sesuaikan dengan kemampuan yang ada dan jangan terlalu memaksakan diri, ya.

5. Yang menjalani hidup adalah kamu, bukan mereka

5 Alasan Tak Perlu Menuruti Eskpektasi Orang, Jadilah Diri Sendiri!ilustrasi memangku laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kalimat, "urus apa yang menjadi urusan diri sendiri, jangan ikut campur urusan orang lain". Meski begitu, pada kenyataannya hal ini sulit diterapkan. Tidak jarang dalam kehidupan sehari-hari kamu juga bertemu dengan orang-orang yang memaksakan agar kamu bisa sesuai dengan ekspektasi mereka.

Berhadapan dengan tipe orang seperti itu, kamu harus bisa mengambil keputusan yang tegas. Bagaimana pun juga yang menjalani hidup adalah dirimu sendiri, bukan mereka. Selalu menuruti apa yang menjadi ekspektasi orang lain hanya akan membuat hidupmu tidak bahagia.

Setiap orang memang memiliki pandangannya masing-masing terhadap diri kita. Namun, tidak semua ekspektasi orang lain mesti kita turuti, ya! Kita berhak menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri sesuai dengan kemampuan yang telah kita ketahui, kok.

Baca Juga: 6 Ekspektasi Keliru Soal Cinta Ini Cuma Ada di Film, Jangan Halu!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya