Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  

Di saat tertentu, gengsi tidak selalu bermakna negatif 

Dalam bersosialisasi, semua orang pasti berusaha menjaga citra positif dirinya. Hal itu tidak terlepas dari rasa gengsi yang dimiliki. Memang sih, gengsi yang berlebihan itu tidak baik. Kamu akan dicap sebagai sosok yang sombong dan angkuh. Namun bagaimana pun juga kamu tidak dapat membuang rasa gengsi begitu saja.

Meskipun sering diidentikkan dengan kesan sombong dan arogan, namun pada kenyataannya gengsi juga memiliki pengaruh positif apabila dikelola dengan baik, lho. Hal ini akan menjadikan perilakumu lebih terkontrol. Untuk lebih lengkapnya, mari simak lima alasan kenapa sesekali kamu perlu jaga gengsi.

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  ilustrasi gadis berkacamata (pexels.com/Misha Voguel)

Setiap orang pasti memiliki rasa gengsi. Namun sayangnya perasaan ini sering disejajarkan dengan sikap angkuh sehingga menimbulkan pandangan negatif. Banyak orang yang beranggapan gengsi itu tidak perlu dipertahankan dan harus dibuang jauh-jauh dari kehidupan.

Padahal pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, lho. Gengsi yang dikelola dengan tepat justru dapat memberikan citra positif dalam dirimu. Kamu mampu membawa diri dengan baik di tengah-tengah pergaulan sehingga tumbuh menjadi individu yang percaya diri.

2. Membuatmu lebih berhati-hati dalam bertindak

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  ilustrasi pekerja kantoran (pexels.com/Moose photos)

Gengsi masih sering dipandang sebagai sesuatu yang tidak baik dan perlu dihilangkan. Banyak orang menganggap jika sifat tersebut cenderung mengarah ke hal-hal negatif yang dapat membawa kerugian hidup.

Hal itu memang benar, rasa gengsi berlebihan dapat menimbulkan kerugian dalam hidup. Namun ini tidak berlaku ketika kamu mampu menerapkan rasa gengsi sesuai dengan porsinya. Pengelolaan gengsi yang tepat justru membuatmu berhati-hati dalam melangkah sehingga tidak akan dicap negatif oleh orang lain.

Baca Juga: 12 Alasan Kenapa Zodiak Gak Balas Chat Kamu, Ada yang Gengsi! 

3. Perilakumu menjadi lebih terkontrol

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  ilustrasi nongkrong bersama teman (pexels.com/ELEVATE)

Gengsi merupakan benteng terluar yang berfungsi untuk menutupi berbagai kekurangan serta kelemahan dalam dirimu. Hal ini membuatmu tau apa saja perilaku yang pantas untuk dilakukan dan mana yang sekiranya tidak pantas untuk dilakukan.

Dengan adanya rasa gengsi kamu dapat memilah mana sikap positif yang sebaiknya ditunjukkan dan mana sikap negatif yang sebaiknya disembunyikan. Hal ini menjadikanmu untuk selalu menjaga tingkah laku di mana pun berada sehingga perilakumu menjadi terkontrol.

4. Gengsi membuatmu termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  ilustrasi belajar (pexels.com/Artem Podrez)

Rasa gengsi membuatmu tahu bagaimana harus menyikapi kelebihan dan kekurangan diri. Kalau untuk kelebihan, hal itu gak akan jadi masalah. Namun, ketika ada kelemahan, sering kali kamu akan berusaha untuk menutupinya.

Tentunya dengan keberadaan rasa gengsi tersebut kamu akan malu dengan kekurangan-kekuranganmu. Hal tersebut membuatmu termotivasi untuk menjadi individu yang lebih baik lagi. Kamu akan berusaha memperbaiki diri sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

5. Kamu tidak diremehkan orang

5 Alasan Kenapa Jaga Gengsi Itu Perlu, demi Kualitas Dirimu!  ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Anthony Shkraba)

Rasa gengsi yang dikelola dengan baik dapat membawa dampak positif bagi dirimu. Kamu dapat memilah mana saja sikap yang pantas ditunjukkan serta selalu berusaha belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Hal tersebut tentu akan menumbuhkan citra positif dalam dirimu. Perilaku yang terkontrol serta sikap selalu mau berusaha akan menjadikanmu lebih berwibawa. Tentu saja hal itu membuat orang lain tidak akan berani memandangmu remeh.

Rasa gengsi memang dapat merugikan apabila terlalu berlebihan dan tidak dikelola dengan tepat. Namun sebaliknya, apabila kamu mampu mengelolanya dengan baik, hal itu justru dapat membawa dampak positif dalam kehidupan. Yuk, mulai sekarang belajar kelola gengsimu dengan tepat agar menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arus

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya