Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri

Standar setiap orang berbeda-beda 

Dalam menjalani hidup, kita pasti ingin tumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Karena alasan tersebut, sering kali kita lupa akan potensi diri dan terus mengikuti apa yang menjadi kehendak orang lain. Termasuk dalam patokan keberhasilan.

Tetapi apakah itu hal yang bijak? Jawabannya tentu saja tidak. Bagaimanapun juga, pencapaian terbaik bukan ketika kamu mengikuti patokan orang lain, tetapi ketika bisa menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Kira-kira mengapa bisa begitu? Berikut ini alasannya, simak baik-baik, ya.

1. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiriilustrasi wanita berjaket tebal (pexels.com/Dominika Gresgusova)

Setiap dari kita tentu sudah dianugerahi dengan kelebihannya masing-masing. Antara kelebihan satu orang dengan yang lainnya tidak dapat disamakan. Ada yang lemah dalam mempelajari bahasa namun ia kurang pandai dalam hal matematis. Begitu pula sebaliknya. Semua sudah diatur sesuai porsi masing-masing.

Ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk belajar menjadi orang yang bisa menghargai diri sendiri. Jika kamu beranggapan bahwa pencapaian terbaik itu ketika bisa menguasai segala bidang, ini menjadi hal yang perlu diluruskan. Pencapaian terbaik itu ketika kamu bisa menerima dan memaksimalkan apa yang menjadi kelebihan diri.

2. Standar setiap orang berbeda

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiriilustrasi perempuan mengobrol (pexels.com/Fauxels)

Tolok ukur keberhasilan memang berbeda-beda. Satu orang mungkin berpendapat jika sukses itu ketika bisa meraih posisi dan jabatan tertentu dalam hal karier. Sedangkan sebagian lainnya berpendapat jika kesuksesan itu ketika bisa memiliki usaha yang berkembang pesat dengan penghasilan fantastis.

Perbedaan standar masing-masing orang tentu saja menjadi alasan mengapa kita perlu menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Bagaimana pun juga, jalan kesukesan setiap orang itu berbeda. Apa yang terbaik bagi orang lain belum tentu itu juga yang terbaik buat kita. Begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Self-Esteem, Jauh-jauh dari Media Sosial!

3. Kamu memiliki keahlian sendiri begitupun dengan orang lain

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiriilustrasi mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang sudah pasti memiliki keahliannya masing-masing yang tidak dapat disamakan satu sama lain. Apa yang menjadi keunggulan dan potensimu belum tentu orang lain juga bisa melakukannya. Begitu pun sebaliknya, kamu juga belum tentu memiliki apa yang menjadi keunggulan orang lain.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita perlu menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Setiap orang sudah dibekali dengan keunggulan dan kelemahan sesuai apa yang dibutuhkan dirinya. Dengan berfokus dengan apa yang menjadi keahlian diri sendiri, kamu akan berkembang lebih baik lagi ke depannya.

4. Sempurna di mata satu orang bukan berarti kamu sempurna di mata yang lainnya

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiriilustrasi berdiskusi (pexels.com/Christina Morillo)

Membicarakan tentang konsep kesempurnaan, setiap orang sudah pasti memiliki pendapatnya masingg-masing yang tidak dapat disamakan. Sempurna di mata satu orang belum tentu juga dipandang sempurna di mata orang yang lain. Bahkan bisa jadi pendapat antara satu orang dengan orang lainnya saling bertolak belakang.

Perbedaan terkait konsep kesempurnaan merupakan salah satu alasan penting mengapa lebih baik menjadi versi terbaik bagi diri sendiri. Berusaha menuruti konsep kesempurnaan yang dilontarkan orang lain hanya akan membuatmu tertekan sehingga tidak bisa fokus mengembangkan apa yang menjadi potensi diri sendiri. 

5. Terpaku dengan orang lain menjadikanmu tidak bisa berkembang

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiriilustrasi mengetik dikelilingi banyak orang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pasti kita sudah tidak asing dengan tuntutan yang dilontarkan oleh orang lain. Sebagian orang memaksa kita mengikuti kehendaknya, sebagian lain mengatakan jika kita tidak akan berhasil kecuali mengikuti apa yang diinginkannya.

Jika kamu masih sering terpaku dengan standar orang lain, alangkah baiknya mulai sekarang belajar menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Alih-alih bisa mencapai keberhasilan, terus-terusan mengikuti tuntutan serta standar orang lain hanya akan menjadikanmu terkungkung dan tidak pernah berkembang.

Setiap dari kita tentu ingin tumbuh dan berkembang menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Namun demikian, bukan berarti kita harus mengikuti setiap apa kata orang lain. Setelah membaca lima alasan di atas, jangan ragu untuk menjadi yang terbaik dari versi diri sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Pemahaman Keliru tentang Self-Healing yang Perlu Dibenahi, Mahal?

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya