Comscore Tracker

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arus

Hidup bukan sekadar mengikuti arus lingkungan 

Apakah kamu memiliki prinsip menjalani hidup sesuai arus yang ada? Alih-alih menetapkan tujuan, kamu malah asal mengikut pengaruh yang ada di lingkungan sekitar. Kamu bahkan pasrah dengan arus yang akan membawa.

Padahal, menjalani kehidupan itu kamu ibarat melalui petualangan panjang. Kamu harus tau ke mana ujung langkahmu dan apa saja yang harus dilakukan. Tentu kamu tidak ingin arus yang kamu ikuti justru membawamu ke tempat buruk, kan?

Jika kamu tipikal orang yang masih pasrah mengikuti arus dalam hidup, simak penjelasan mengapa memiliki tujuan hidup itu penting berikut ini.

1. Tujuan diibaratkan sebuah peta

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arusilustrasi membuka peta (pexels.com/Leah Kelley)

Dalam menjalani hidup, kamu ibarat berlayar di samudra yang luas. Tanpa adanya petunjuk dan arahan, kamu akan terombang-ambing terbawa arus. Bahkan, bisa saja kamu akan terdampar di tempat yang tidak pernah kamu inginkan.

Begitu pun dengan kehidupan. Penetapan tujuan dalam hidup memiliki peran penting untuk keberhasilanmu. Tujuan seperti sebuah peta yang dapat mengarahkan. Dengan tujuan hidup, kamu jadi tahu ke mana harus melangkah dan apa yang harus dilakukan.

2. Setidaknya kamu dapat mengontrol jalan hidup

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arusilustrasi laki-laki berkaus merah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjalani kehidupan seperti kamu sedang berada dalam perjalanan. Kamu harus tau ke mana hendak pergi dan jalan mana yang harus dilalui. Selain itu, kamu juga harus tau hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar kamu dapat mencapai tujuanmu.

Penetapan tujuan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Dengan adanya tujuan hidup, kamu dapat mengontrol dirimu dengan lebih baik. Kamu tahu apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari dalam sebuah perjalanan panjang.

3. Kamu dapat menyusun rencana terbaik

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arusilustrasi melihat rencana (pexels.com/Startup Stock Photos)

Hidup tanpa tujuan ibarat kamu berlayar di lautan lepas tanpa tahu ke mana harus berlabuh. Kamu hanya akan diam menurut dengan ombak tanpa tau ke arah mana harus berlayar dan bingung bertahan hidup.

Penetapan tujuan dalam hidup memberikan gambaran terkait apa saja hal-hal yang harus kamu capai dan memperkirakan tantangan yang akan dihadapi. Dengan adanya tujuan hidup, kamu dapat menyusun strategi dan rencana yang terbaik untuk meraih impian.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kebahagiaan Gak Semestinya Kamu Jadikan Tujuan Hidup

4. Tidak mudah terseret pengaruh lingkungan

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arusilustrasi melipat tangan (pexels.com/Fauxels)

Apakah kamu pernah menargetkan sesuatu dalam hidup? Semasa sekolah, mungkin kamu pernah menargetkan harus mendapat nilai di atas batas minimum. Ketika bekerja, mungkin kamu mendambakan meraih posisi tertentu.

Hal tersebut sebenarnya merupakan gambaran tujuan hidup. Dengan adanya hal yang ingin dicapai, kamu akan berhati-hati dan tidak sembarangan melangkah. Kamu tahu bahwa tidak semua arus dan pengaruh lingkungan dapat diikuti. Salah langkah sedikit saja, bisa-bisa jalan hidupmu justru berantakan.

5. Dapat menetapkan keputusan secara cermat

5 Alasan Punya Tujuan Hidup Itu Penting, biar Gak Terbawa Arusilustrasi sedang berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam hidup, kamu akan selalu diberi banyak pilihan. Namun, sayangnya tidak semua pilihan membawa dampak positif bagimu. Ada beberapa pilihan yang kelihatannya mudah dan menyenangkan, namun justru menjerumuskan pada hal-hal yang merugikan.

Dengan adanya tujuan, maka kamu dapat menetapkan keputusan secara cermat. Berdasar dari tujuan hidupmu tersebut, kamu dapat memilih mana yang sekiranya membawa dampak positif dan yang sekiranya justru merugikan.

Hidup adalah petualangan panjang yang penuh misteri. Kamu tidak bisa asal berani melangkah dan mengikuti arus. Jika masih nekat melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin kelak kamu akan terjebak pada hal-hal buruk yang justru membawa kerugian.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Telah Menemukan Tujuan Hidup

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya