Comscore Tracker

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiri

Masih sering ikut-ikutan pengaruh lingkungan  

Manusia memang memiliki beragam perbedaan karakter, pendapat, sudut pandang, dan juga berbagai perbedaan yang lain. Ini menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Bukan tanpa alasan, adanya beragam perbedaan tersebut tidak lain dikarenakan latar belakang dan juga kebiasaan yang melingkupi.

Mengetahui akan hal tersebut, sudah seharusnya bagi kita untuk mampu mengenali diri sendiri. Namun, pada faktanya masih banyak orang yang belum mampu melakukannya. Lantas, apa sajakah bukti bahwa kamu adalah sosok yang masih belum mampu mengenali diri sendiri? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Tidak mengetahui apa yang menjadi tujuan hidupmu

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiriilustrasi gadis berbaju cokelat (pexels.com/Yan Krukov)

Dalam menjalani hidup, sudah selayaknya kita memiliki tujuan yang pasti. Ibarat sebuah kemudi, adanya tujuan hidup akan mengarahkanmu agar tidak tersesat. Kamu bisa mengendalikan diri kemana harus melangkah sehingga tidak mudah salah arah dalam menapaki alur kehidupan.

Tetapi, pada faktanya tidak semua orang paham akan hal tersebut. Salah satu bukti bahwa kamu termasuk orang yang belum mampu mengenali diri sendiri yaitu masih kebingungan akan apa yang menjadi tujuan hidupmu. Kamu asal ikut saja ke mana arus kehidupan akan membawa.

2. Sering terbawa arus lingkungan

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiriilustrasi clubbing (pexels.com/RODNAE Productions)

Pernahkah kamu mendengar nasihat yang diungkapkan oleh pepatah berupa lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya? Ini menunjukkan bahwa setiap tempat memiliki kebiasaan dan budayanya masing-masing. Meskipun begitu, tidak semua arus tersebut bisa diikuti.

Sering terbawa arus lingkungan merupakan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa kamu adalah sosok individu yang masih belum mampu mengenali diri sendiri. Jika kamu terbawa arus lingkungan yang positif mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi, jika sampai kamu terombang-ambing dalam arus lingkungan negatif, tentu yang mengalami kerugian adalah diri sendiri.

Baca Juga: 5 Kondisi Mental yang Menyebabkan Seseorang Mudah Marah, Kenali!

3. Sering ikut-ikutan dengan orang lain

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiriilustrasi nongkrong (pexels.com/ELEVATE)

Sebagai makhluk sosial, kamu pasti pernah menjalin interaksi dengan berbagai macam orang. Jika diamati, setiap orang punya cara tersendiri dalam menjalann hidup. Namun, yang perlu jadi catatan, tidak semua cara yang digunakan orang lain juga bisa kamu gunakan.

Jika kamu ingin mengetahui apa saja tanda bahwa kamu masih belum bisa mengenali diri sendiri, salah satu buktinya adalah sering ikut-ikutan orang lain. Padahal, apa yang tepat dalam versi kehidupan orang lain tidak menjamin itu juga akan membawa dampak positif yang sama jika kamu terapkan.

4. Terlalu terpaku dengan standar orang lain

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiriilustrasi berdiskusi (pexels.com/Ron Lach)

Berbicara tentang standar orang lain, tidak dapat dipungkiri jika setiap dari kita memiliki patokan hidupnya masing-masing. Baik itu dari segi keberhasilan maupun dari segi kebaikan. Apa yang menurutmu sempurna bisa jadi dalam pandangan orang lain justru sebaliknya.

Terlalu terpaku dengan apa yang menjadi standar orang lain merupakan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa kamu adalah sosok individu yang masih belum mampu mengenali diri sendiri. Padahal, terpaku secara berlebihan dengan apa yang menjadi standar orang lain tidak akan menjamin bahwa kamu bisa merasakan kebahagiaan.

5. Gampang berubah pikiran

5 Bukti Kamu Belum Bisa Kenali Diri Sendiriilustrasi berpikir (pexels.com/MART PRODUCTION)

Cara berpikir merupakan salah satu hal yang membawa pengaruh penting dalam kehidupan. Keterampilanmu dalam berpikir akan menentukan bagaimana kamu memecahkan permasalahan serta mengambil sebuah keputusan. Namun, sayangnya, tidak semua orang memiliki cara berpikir yang baik.

Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa kamu termasuk seseorang yang belum mampu mengenali diri sendiri yaitu masih sering berubah pikiran. Kamu tidak memiliki pendirian yang tepat sehingga keputusan yang kamu ambil selalu berubah-ubah dari waku ke waktu.

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang penting dilakukan agar kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Jika kamu adalah seseorang yang masih memiliki lima bukti di atas, segera perbaiki diri, ya!

Baca Juga: 5 Karakter Manusia yang Paling Baik di Pandangan Orang Lain

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya