Comscore Tracker

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! 

Mengapresiasi atas apa yang telah diraih 

Self judgement tanpa sadar sering dilakukan. Kita menyudutkan diri sendiri secara berlebihan atas apa yang terjadi. Entah karena kegagalan, pencapaian yang tidak sempurna, dan beberapa alasan yang lain.

Perilaku seperti ini tentu saja harus dikontrol. Bukan tanpa sebab, self judgement jika dibiarkan berlarut-larut bisa merugikan diri sendiri. Kira-kira bagaimana caranya? Berikut ini merupakan lima cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari self judgement.

1. Memaklumi bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! ilustrasi perempuan bertopi (pexels.com/Kha Ruxury)

Perilaku menghakimi dari sendiri secara berlebihan bukan hal yang asing lagi. Bahkan kita sering melakukan hal tersebut tanpa sadar. Padahal sikap seperti ini sama sekali tidak bijaksana.

Tahukah kamu? salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari self judgement yaitu dengan memaklumi konsep kesempurnaan. Tidak bisa mencapai segala sesuatu secara sempurna bukan hal yang salah. Ini adalah proses yang wajar.

2. Menyadari bahwa kesalahan adalah hal yang wajar, asal tidak diulangi 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Chee zu)

Setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan. Entah itu kesalahan yang bersifat sepele maupun kesalahan fatal. Kesalahan yang diperbuat seringkali membuat kita menghakimi diri sendiri secara berlebihan.

Lantas, bagaimana caranya untuk melindungi diri dari self judgement? Salah satunya dengan menyadari bahwa kesalahan adalah hal yang wajar. Kamu cukup berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama kedepannya. Bukan menghakimi diri sendiri secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Masih Menganggap Enteng Privasi, Introspeksi, yuk!

3. Tidak menekan diri sendiri secara berlebihan 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! ilustrasi perempuan rambut pirang (pexels.com/Yan Krukov)

Kebiasaan menekan diri sendiri secara berlebihan memang menjadi tantangan bagi milenial dan gen z. Entah itu menekan diri sendiri untuk terlihat sempurna. Ataupun menekan diri sendiri agar bisa mengikuti apa yang distandarkan oleh orang lain.

Tapi yang jadi pertanyaan, apa kaitannya antara self judgement dengan menekan diri sendiri? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari self judgement dengan tidak menekan diri sendiri berlebihan. Berjalanlah sesuai kemampuan tanpa harus memforsir diri di luar batas wajar.

4. Bersedia memaafkan diri sendiri 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Carla Medeiros)

Diri sendiri nemang tidak luput dari kesalahan maupun ketidaksempurnaan. Mengingat akan hal tersebut, sudah keharusan bagi kita untuk bersedia memaafkan diri sendiri. Ini penting diperhatikan agar mental tidak semakin terbebani.

Bersedia memaafkan diri sendiri rupanya juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari self judgement. Kamu bisa mengikhlaskan apa yang sudah lalu tanpa menghakimi diri sendiri sampai terpuruk.

5. Mengapresiasi diri atas apa yang telah diraih 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Judgement, Agar Tidak Tertekan! ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seringkali apa yang kita raih tidak sesuai dengan ekspektasi. Kita berharap segala sesuatunya tercapai secara maksimal. Tapi sayangnya, keadaan sangat tidak memungkinkan.

Untuk melindungi diri dari self judgement, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengapresiasi apa yang sudah diraih. Bagaimanapun juga itu adalah hasil jerih payah dari perjuangan panjang yang patut dihargai.

Menghakimi diri sendiri bukanlah perilaku yang bijak. Setelah mengetahui lima cara di atas, yuk, lindungi diri dari self judgement!

Baca Juga: 5 Cara Orang Tua Bereaksi Saat Anak Berhasil Meraih Prestasi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya