Comscore Tracker

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!

Kebahagiaan itu tidak susah diraih, kok  

Kebahagiaan dalam menjalani hidup merupakan hal yang didambakan oleh banyak orang. Lagipula, siapa sih orang di dunia ini yang tidak ingin hidupnya selalu diliputi dengan kebahagiaaan? Tentu semua orang pasti menginginkannya, tidak terkecuali dengan dirimu sendiri.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata memperoleh kebahagiaan hidup itu tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Jika kamu termasuk individu yang beranggapan jika bahagia itu identik dengan kemewahan dan materi berlimpah, segera perbaiki deh pola pikir tersebut.

Berikut ini lima hal sederhana yang bikin hidupmu terasa lebih bahagia.

1. Saling memaafkan

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!ilustrasi berpelukan (pexels.com/Liza Summer)

Sebagai makhluk yang jauh dari kata sempurna, semua orang tentu pernah melakukan yang namanya kesalahan. Entah itu kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Seringkali kesalahan-kesalahan tersebut membuatmu jengkel sehingga menaruh dendam dalam waktu yang lama.

Padahal jika kamu mau menilik lebih jauh, memaafkan apa yang telah terjadi itu justru keputusan yang baik, lho. Kamu akan terbebas dari tuntutan dendam dan perasaan negatif yang selalu menggelayuti.

Walaupun terlihat sederhana, namun pada kenyataannya saling memaafkan membuatmu lebih bahagia. 

2. Menolong antar sesama

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!ilustrasi menolong (pexels.com/RODNAE Productions)

Manusia adalah makhluk sosial. Sudah dipastikan antara kamu dan orang-orang di sekitarmu pasti membutuhkan bantuan satu sama lain. Entah itu bantuan yang menyangkut urusan-urusan kecil maupun yang terkait dengan urusan-urusan besar. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya untuk saling menolong antar sesama.

Tolong menolong merupakan perilaku terpuji yang patut dibiasakan. Meskipun terlihat sederhana, namun ini dapat membuat hidup lebih bahagia. Percaya deh apa yang ditanam pasti akan dituai.

Ketika kamu mau menolong orang lain, maka kelak ketika membutuhkan bantuan, kamu juga pasti gantian akan mendapat pertolongan dari orang lain. 

Baca Juga: Tak Ada yang Mustahil, Hidup Pasti Bahagia jika Percaya pada 5 Hal Ini

3. Berbagi kepada yang membutuhkan

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!ilustrasi menyumbang sekotak makanan (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidup memang ibarat roda kehidupan. Seringkali apa yang terjadi tidak dapat ditebak, termasuk dengan nasib dan kehidupanmu ke depannya. Adakalanya saat ini kamu di atas dan orang lain berada di bawah. Namun ada saatnya pula suatu hari nanti kamu berada di bawah dan orang lain gantian yang berada di atas.

Menyikapi hal tersebut, sudah sepatutnya untuk saling berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Meskipun sudah berada di puncak kesuksesan, jangan sampai hal itu membuatmu sombong apalagi sampai lupa diri.

Bersedekah tidak akan membuatmu kekurangan, kok. Justru sebaliknya, kamu akan merasakan kebahagiaan yang berlipat ganda.

4. Tidak mendengarkan komentar negatif orang

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/APRIL STUDIO)

Dalam hidup pasti kita akan menemui beragam orang dengan perbedaan sifat dan karakter. Ada sebagian dari mereka yang memiliki perilaku terpuji dan adapula sebagian dari mereka yang memiliki perilaku kurang terpuji. Beragam komentar dari orang lain pun menjadi salah satu hal yang tidak dapat dikendalikan.

Menyikapi hal tersebut, sudah selayaknya kamu untuk mengambil keputusan yang tepat. Tidak semua komentar orang lain harus didengarkan, terutama untuk komentar-komentar negatif yang dapat menjatuhkan dirimu sendiri.

Dengan tidak mendengarkan komentar-komentar negatif yang berseliweran, maka hidupmu jauh lebih tenang dan bahagia.

5. Tidak sungkan berterima kasih pada diri sendiri

5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!ilustrasi menutup muka dengan daun (pexels.com/Min An)

Ucapan terima kasih merupakan sebaris kalimat yang kelihatannya sepele namun sesungguhnya memiliki makna mendalam. Mengucapkan terima kasih tidak hanya menyangkut apa yang telah dilakukan orang lain, namun juga menyangkut apa yang telah dilakukan oleh dirimu untuk kebaikanmu sendiri.

Jika kamu termasuk individu yang jarang mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri, coba deh sekarang lakukan hal tersebut. Dengan mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri, maka kamu akan merasa lebih dihargai sehingga hidup terasa lebih bahagia.

Hidup yang tenang dan tentram tidak harus selalu dengan materi dan kemewahan yang berlimpah. Agar hidupmu terasa lebih bahagia, yuk mulai sekarang jangan sungkan lagi menerapkan lima hal di atas.

Baca Juga: 5 Alasan Usia Gak Boleh Mengekangmu untuk Terus Bahagia

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya