Comscore Tracker

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!

Terus diliputi perasaan kalut sepanjang waktu 

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan? Atau, kamu termasuk salah satu di antara jenis orang tersebut? Apa yang terlihat kecil dan sepele menjadi permasalahan besar bahkan membuatnya diliputi kekalutan sepanjang waktu.

Tahukah kamu, tipe orang yang sering memikirkan segala sesuatu secara berlebihan biasa disebut dengan overthinker? Bahkan, apa yang dipikirkan oleh overthinker seringkali membuat orang lain geleng-geleng kepala.

Lantas, apa sajakah hal-hal yang pasti dirasakan oleh seorang overthinker? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Mudah cemas

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!ilustrasi cemas (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Di era sekarang, generasi muda ternyata punya julukan tersendiri, lho, untuk orang-orang yang memiliki kebiasaan memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Sebagaimana yang sudah sering kita dengan dan lihat di media sosial, tipe orang yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan biasa disebut dengan overthinker.

Tapi, tahukah kamu jika seorang overthinker ternyata juga memiliki beban mental tersendiri? Salah satu di antara hal yang pasti dirasakan oleh seorang overthinker adalah mudah cemas. Mereka gampang gugup walaupun yang sedang dihadapi sebenarnya bukanlah permasalahan besar.

2. Takut melangkah

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!ilustrasi tertekan (pexels.com/Anna Shvets)

Hidup ibarat sebuah perjalanan. Tidak jarang kita akan menemukan dua atau lebih jalan bercabang. Berada dalam situasi seperti ini, sudah seharusnya bagi kita untuk berpikir secara matang agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Salah sedikit saja tentu akan berakibat fatal ke depannya.

Hal inilah yang pada akhirnya memunculkan tipe orang-orang ovethinker atau memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Mereka terlalu khawatir jika apa yang telah diambil termasuk keputusan yang salah sehingga rasa takut melangkah selalu melingkupi dan menghambat dirinya.

Baca Juga: 5 Sisi Positif Overthinking yang Wajib Kamu Tahu, Baru Sadar?

3. Diliputi perasaan kalut sepanjang waktu

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!ilustrasi bersedih (pexels.com/Alex Green)

Siapa, sih, yang mau diliputi oleh perasaan kalut sepanjang waktu? Tentu setiap dari kita pasti menolaknya. Rasa kalut membuat hati kita diliputi oleh perasaan tidak tenang dan was-was sepanjang waktu. Suasana hati yang tidak stabil membuat banyak permasalahan jadi semakin runyam.

Diliputi oleh perasaan kalut sepanjang waktu merupakan salah satu hal yang pasti dirasakan oleh seorang overthinker. Kebiasaan memikirkan segala sesuatu secara berlebihan membuatnya tidak tenang sehingga hati akan diliputi oleh rasa kalut tak berkesudahan.

4. Sering terjebak dalam pikiran negatif

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!ilustrasi tertekan (pexels.com/Liza Summer)

Keberadaan orang-orang overthinker sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kita sendiri pernah berada dalam situasi tersebut. Menjadi seorang overthinker kerap bikin kita berpikir akan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dipikirkan terlalu jauh.

Jika kamu bertanya seputar apa saja yang pasti dirasakan oleh seorang overthinker, salah satunya adalah terjebak dalam pikiran negatif. Sudut-sudut pikiranmu selalu dipenuhi oleh beragam bayangan akan kemungkinan terburuk. Bahkan, permasalahan kecil saja bisa kamu pikirkan terlalu mendetail.

5. Susah tidur

5 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Seorang Overthinker, Gampang Cemas!ilustrasi susah tidur (pexels.com/Ron Lach)

Tidur menjadi salah satu kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh dan juga pikiran setelah seharian menjalani rutinitas. Sebagaimana yang kita tahu, tidur yang cukup akan membuat pikiran jadi lebih fresh serta memulihkan energi yang sempat terkuras.

Namun, hal ini tidak akan terjadi bagi para overthinker. Salah satu hal yang pasti dialami oleh mereka yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan adalah susah tidur. Bahkan, ketika memejamkan mata, pikiranmu akan semakin dipenuhi oleh bayangan-bayangan negatif.

Overthinking atau memikirkan segala sesuatu secara berlebihan bisa terjadi pada diri banyak orang. Kira-kira, dari kelima hal di atas, mana saja yang pernah kamu rasakan ketika sedang terjebak dalam overthinking?

Baca Juga: 5 Sikap yang Bikin Kamu Jadi Makin Overthinking, Stop Sekarang Juga!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya