Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!

Di tanah perantauan kamu adalah seorang tamu  

Merantau seolah menjadi budaya yang akrab dilakukan oleh banyak orang. Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk pergi merantau. Mulai dari melanjutkan pendidikan, mengembangkan bisnis, maupun demi kelangsungan karier dan kesuksesan. Namun yang perlu diketahui, menjadi seorang anak rantau tidaklah mudah.

Memutuskan untuk merantau, tentu kamu akan keluar dari zona nyaman dan harus siap menyesuaikan dengan budaya serta kebiasaan baru. Dalam hal ini, sikap dan tingkah lakumu harus benar-benar dijaga agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri. Berikut ini lima hal penting yang harus diingat ketika kamu sedang berada di tanah perantauan.

1. Pegang teguh prinsipmu

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!ilustrasi seorang wanita muda (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanah rantau memang penuh dengan kejutan dan hal-hal baru. Bahkan tidak jarang kamu akan tergoda untuk mencoba hal-hal yang tidak pernah ada di lingkunganmu sebelumnya. Menyikapi hal ini, prinsip sangat diperlukan agar hidupmu tetap dalam keteraturan.

Prinsip merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Ibarat sebuah tali, prinsip dapat dijadikan pegangan sehingga kamu tidak mudah terpeleset ke dalam pengaruh yang buruk. Dengan memegang teguh sebuah prinsip, maka kamu dapat mengendalikan diri dalam berbagai situasi.

2. Jangan mudah terbawa arus

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!ilustrasi segerombolan anak muda (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebagaimana ciri khas masing-masing lingkungan, tanah rantau sudah pasti memiliki pengaruh tersendiri. Entah itu pengaruh yang berasal dari kebiasaan masyarakat setempat, adat istiadat, bahkan kebiasaan dan budaya. Sayangnya, tidak semua pengaruh yang muncul dapat membawa ke arah yang baik.

Jika saat ini kamu sedang menjalani peran kehidupan sebagai anak rantau, hal penting yang harus diingat adalah jangan mudah terbawa arus. Kamu harus memiliki pertimbangan yang matang apakah pengaruh yang ada di sekitarmu tersebut pada nantinya dapat membawa manfaat atau sebaliknya, yaitu malah menjerumuskan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Sisi Positif di Balik Perjuangan Anak Rantau, Gak Gampang Rapuh!

3. Jangan suka membuat ulah

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!ilustrasi berkelahi (pexels.com/Keira Burton)

Berada di tanah perantauan, tentu kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki beragam sifat dan karakter. Adakalanya kamu bertemu dengan orang yang memiliki pembawaan tenang. Namun adakalanya pula kamu akan berhadapan dengan orang berwatak keras dan berperilaku menjengkelkan.

Ketika sedang berjuang di tanah perantauan, menjaga sikap dan tingkah laku merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Jangan sampai kamu gampang terpancing apalagi sampai membuat ulah. Tetaplah jadi pribadi yang yang sopan, beretika, dan selalu mengedepankan perilaku mulia.

4. Hargai perbedaan

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!ilustrasi tiga orang berbincang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Setiap tempat memang memiliki karakteristiknya masing-masing. Bahkan bisa dipastikan kamu akan menemui beragam perbedaan, entah itu dari sifat dan karakter orang-orangnya, adat istiadat dan budayanya, bahkan sampai dalam hal bahasa sekalipun. Berada dalam kondisi tersebut, sikap saling menghargai perlu ditumbuhkan.

Menghargai bukan berarti kamu harus menumbangkan apa yang menjadi prinsipmu untuk mengikuti seluruh budaya dan kebiasaan mereka. Namun yang dimaksud dengan menghargai adalah kamu mau mengerti satu sama lain, tidak mencela, dan juga tidak mengolok apa yang menjadi kebiasaan mereka.

5. Belajar menjadi orang yang open minded

5 Hal Penting yang Harus Diingat Anak Rantau, Jangan Suka Bikin Ulah!ilustrasi berbincang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tanah perantauan ibarat kehidupan baru yang penuh kejutan. Selalu ada pengalaman baru yang akan kamu temui. Berada dalam kondisi tersebut, jangan kaget apabila kamu akan berhadapan dengan segala kebiasaan yang benar-benar berbeda dengan apa yang menjadi kebiasaanmu di tempat sebelumnya.

Sebagai anak rantau, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti semua kebiasaan tersebut. Satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah belajar menjadi orang yang berpikiran terbuka. Dengan menjadi sosok yang open minded, maka kamu akan lebih mudah beradaptasi dan menempatkan diri di antara perbedaan yang ada.

Merantau memang sering menjadi pilihan banyak orang untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Meskipun begitu, kamu juga harus sadar bahwa di tanah perantauan dirimu ibarat tamu yang harus menjaga setiap tingkah laku. Jika kamu adalah seorang anak rantau, ingat lima hal di atas baik-baik ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mental

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya