Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  

Kamu masih sering melakukan kebiasaan buruk ini?

Kesuksesan tentu menjadi keinginan semua orang, baik itu kesuksesan dalam hal pendidikan, bisnis, maupun terkait jenjang karier, dan pekerjaan.

Namun demikian, jalan untuk menggapai kesuksesan juga tidak semulus yang dibayangkan, lho. Adakalanya kamu akan menghadapi beragam hambatan, termasuk hambatan yang berasal dari diri sendiri.

Kebiasaan menjadi salah satu hambatan dari dalam diri sendiri yang patut diwaspadai. Sebagaimana yang kita tahu, tidak semua kebiasaan dari dalam kita itu baik. Adakalanya kita masih melanggengkan kebiasaan-kebiasaan yang sekiranya membawa ke arah keburukan.

Lantas, kebiasaan buruk seperti apakah yang harus dibuang jauh-jauh jika ingin sukses? Berikut penjelasannya.

1. Sering malas

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  ilustrasi bermalasan (pexels.com/SHVETS Production)

Kemalasan memang jadi salah satu kebiasaan buruk yang masih menjangkiti banyak orang. Dengan adanya kebiasaan malas yang terus dipertahankan, kita jadi enggan berusaha dan menginginkan segala sesuatu bisa diraih secara instan. Padahal yang namanya kesuksesan itu tidak ada yang instan, lho.

Bermalas-malasan tentu menjadi salah satu dari sekian daftar kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan. Sifat malas membuatmu enggan bekerja keras dan ingin mudahnya saja.

Padahal yang namanya kesuksesan, butuh usaha dan perjuangan panjang untuk menggapainya. 

2. Suka mengulur-ulur waktu

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  ilustrasi merasa bosan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda-nunda atau mengulur waktu rupanya juga masih menjadi kebiasaan buruk yang dilanggengkan banyak orang.

Mungkin pada awalnya kamu beralasan istirahat hanya tiga puluh menit saja atau masih ada cukup waktu. Namun berawal dari hal itu, akhirnya malah tidak ada pekerjaan yang tersentuh.

Walaupun terdengar sepele dan sudah menjadi kebiasaan yang lumrah, tetapi ini juga harus dibuang jauh-jauh, lho. Bagaimana pun, kebiasaan menunda-nunda bisa menjauhkan dari pintu kesuksesan.

Di saat yang lain sudah meraih keberhasilan, kamu masih saja jalan di tempat.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Tidak Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

3. Sering curang

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membicarakan kebiasaan curang memang tidak ada habisnya. Budaya tidak sportif ini pada kenyataannya masih dilanggengkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik itu kecurangan yang bersifat kecil maupun kecurangan besar yang membawa kerugian bagi banyak pihak.

Perbuatan curang tentu menjadi kebiasaan buruk yang harus dibuang jauh-jauh jika kamu ingin meraih kesuksesan. Bagaimana pun, perbuatan curang ibarat kamu menyimpan bangkai.

Jika sampai hal itu terbongkar, bukan tidak mungkin pintu kesuksesan yang tadinya tinggal selangkah justru malah semakin menjauh.

4. Meremehkan masalah kecil

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  ilustrasi perempuan berbaju merah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap dari kita pasti memiliki permasalahannya masing-masing. Bahkan mereka yang hidupnya terlihat sempurna dan paket komplit pun sebenarnya juga tetap memiliki permasalahan. Baik itu permasalahan yang bersifat sepele maupun besar, alangkah baiknya jika segera dipecahkan.

Meskipun begitu, tidak semua orang paham akan hal tersebut. Pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang cenderung meremehkan masalah-masalah terutama Yang terlihat kecil dan sepele. Padahal jika dibiarkan, ini bisa merembet ke mana-mana dan menjadi hambatan yang akan menggagalkan kesuksesan.

5. Multitasking

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Jauh-Jauh jika Ingin Sukses  ilustrasi meneguk minuman (pexels.com/Oladimeji Ajegbile)

Multitasking menjadi salah satu dari sekian kebiasaan yang masih dilakukan banyak orang. Pelakunya pun tidak terbatas, entah itu mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, maupun mereka yang sudah terjun dalam lingkup dunia kerja.

Padahal kebiasaan mengerjakan segala sesuatu secara bersamaan itu bukan perilaku yang tepat, lho. Multitasking hanya akan membuat konsentrasimu terbuyar sehingga tidak dapat fokus terhadap apa yang tengah dikerjakan. Alih-alih bisa mencapai keberhasilan, yang ada justru semakin banyak tanggungan tidak terselesaikan.

Walaupun terdengar sepele, namun kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada dalam diri kita ternyata bisa menghambat kesuksesan, lho.

Kira-kira dari kelima bad habits di atas, adakah yang sampai saat ini masih kamu pertahankan? Jika ada, buang jauh-jauh, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya