Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  

Kamu tidak memiliki semangat dalam beraktivitas  

Pernahkah kamu merasa tidak bersemangat ketika melakukan suatu kegiatan? Rasanya sungguh bosan, bahkan kamu ingin agar kegiatan tersebut cepat berakhir. Kalau itu terkait kegiatan yang tidak begitu penting, sih tidak masalah. Tapi bagaimana jika itu menyangkut kegiatan penting seperti bekerja atau belajar?

Rasa semangat yang menghilang bisa dikaibatkan oleh beberapa hal, lho, salah satu diantaranya kebiasaan buruk yang masih sering kamu lakukan. Lantas, kebiasaan buruk seperti apakah yang bisa membuat semangatmu jadi padam? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sering mengulur-ulur waktu

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  ilustrasi wanita di samping jam (pexels.com/KoolShooters)

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan mengulur-ulur waktu. Dengan alasan lima menit lagi atau masih ada jeda waktu lama, pada akhirnya kamu memilih untuk mendahulukan kegiatan tidak penting dan mengabaikan apa yang seharusnya menjadi prioritas.

Padahal tanpa disadari kebiasaan suka mengulur-ulur waktu bisa memadamkan semangatmu, lho. Kamu yang tadinya menggebu-gebu ingin menyelesaikan suatu pekerjaan dengan secepat dan sebaik mungkin jadi tidak ada niatan sama sekali untuk menyelesaikannya.

2. Suka bermalasan

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  ilustrasi bermalasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bermalas-malasan memang kelihatan menyenangkan. Entah itu seharian menghabiskan waktu untuk bermain game, berselancar di media sosial, maupun tiduran sepanjang hari. Rasanya mau bangkit jadi berat banget, pekerjaan yang tidak seberapa jadi terlihat berat untuk diselesaikan.

Ini merupakan salah satu kemungkinan yang akan terjadi jika kamu masih memanjakan kebiasaan bermalas-malasan. Semangat yang tadinya menyala jadi padam tak berbekas sama sekali. Akibat dari kebiasaan buruk ini, pekerjaan yang seharusnya sudah selesai jadi malah terbengkalai.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Tidak Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

3. Overthinking

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  ilustrasi berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebagai manusia yang berhati-hati, tidak ada salahnya jika kita mendahulukan berpikir sebelum melangkah. Dengan pertimbangan yang matang, kita dapat meminimalisir setiap resiko yang bisa membawa ke arah kegagalan. Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita membiasakan diri berpikir secara berlebihan?

Memikirkan sesuatu secara berlebihan atau yang sering dikenal dengan istilah overthinking tentu memiliki dampak tersendiri. Akibat perkiraan-perkiraan buruk yang dipikirkan secara berlebihan, pada akhirnya kamu jadi takut dengan bayang-bayang yang tidak pasti sehingga semangat kerja jadi menghilang.

4. Takut gagal

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  ilustrasi berpikir (pexels.com/Ron Lach)

Apapun langkah yang kita ambil, kemungkinan baik dan buruk sudah pasti akan selalu menyertai. Kegagalan menjadi salah satu resiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Namun demikian, ini kembali lagi terhadap bagaimana kita bersikap dan mengambil keputusan ketika diterpa masalah.

Rasa khawatir terhadap kegagalan itu hal yang wajar, kok. Namun yang jadi masalah ketika ketakutanmu itu sudah berada di luar batas sehingga selalu mendahulukan prasangka buruk. Padahal kebiasaan yang demikian justru bisa membuat semangatmu padam, lho. Pada akhirnya apa yang kamu takutkan malah benar-benar terjadi. 

5. Terlalu terobsesi dengan kesempurnaan

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Semangat Jadi Padam, Masih malas?  ilustrasi mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menginginkan kesempurnaan sebenarnya boleh-boleh saja, kok. Dengan hal itu kita bisa lebih terpacu dan termotivasi untuk melakukan segala sesuatu sebaik mungkin. Namun yang menjadi masalah ketika kamu menjadikan patokan kesempurnaan itu di atas segala-galanya sehingga merasa tertekan.

Ini tentu menjadi kebiasaan buruk yang sesegera mungkin harus dihilangkan. Terlalu menekan diri dengan konsep kesempurnaan bisa membuat semangat kerjamu jadi hilang begitu saja, lho. Akibatnya pekerjaan yang seharusnya sudah tuntas malah terbengkalai menjadi tanggungan yang tidak terselesaikan.

Semangat diri tentu menjadi hal yang penting ketika kamu hendak memulai kegiatan, entah itu terkait aktivitas pekerjaan rumah maupun pekerjaan di tempat kerja. Kira-kira dari lima kebiasaan buruk di atas, mana sajakah yang masih sering kamu lakukan? Segera hentikan, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari yang Bikin Kamu Lebih Produktif

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya