Comscore Tracker

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!

Orang yang bijaksana biasanya memiliki sifat-sifat terpuji

Sifat merupakan hal yang sudah pasti ada dan tertanam dalam diri masing-masing orang. Setiap individu tentu memiliki sifat dan pembawaan yang melekat dalam kehidupannya sehari-hari. Adanya sifat akan menentukan karakter dan kepribadian sehingga turut mempengaruhi penilaian orang lain atas dirimu.

Sebagaimana dua sisi koin yang berlawanan, begitu pulalah dengan sifat yang melekat pada diri masing-maisng orang. Selalu ada yang baik dan buruk. Lantas, apa saja bentuk-bentuk sifat yang hanya dimiliki oleh orang bijaksana? Berikut lima di antaranya.

1. Rendah hati

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!ilustrasi perempuan rambut pirang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ibarat kacang lupa kulit, kesuksesan seringkali menjadikan orang lupa diri sehingga tanpa sadar menyimpan perilaku sombong. Merasa sudah jadi sosok yang paling baik dan unggul, pada akhirnya mereka justru memandang sebelah mata orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Tapi perlu diingat, hal ini tidak akan berlaku bagi mereka yang memiliki perilaku bijaksana. Salah satu bentuk sifat yang hanya dimiliki oleh manusia yang bijaksana adalah tetap rendah hati meskipun sudah berada di puncak kesuksesan. Kamu paham betul bahwa roda kehidupan selalu berputar dan tidak menutup kemungkinan bisa kembali ke bawah sewaktu-waktu.

2. Jujur

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!ilustrasi perempuan karir (pexels.com/Martine Savard)

Apakah kamu pernah menjumpai perbuatan yang curang atau justru kamu sendiri pernah melakukan perbuatan tersebut? Di era sekarang ini, kejujuran seolah menjadi hal langka yang sulit ditemukan. Dari beribu-ribu orang, bisa dipastikan hanya segelintir saja yang benar benar memiliki perilaku jujur.

Jika saat ini kamu termasuk orang yang masih memandang sebelah mata sifat jujur, ketahuilah bahwa kejujuran merupakan salah satu bukti bahwa seseorang memiliki perilaku bijaksana. Kamu tahu betul bahwa serapat-rapatnya bangkai disimpan, kelak pasti akan tercium juga baunya.

Baca Juga: 6 Sikap Bijaksana tentang Makanan yang Perlu Dibiasakan

3. Menghargai satu sama lain

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!ilustrasi melihat layar laptop (pexels.com/Olia Danilevich)

Dalam menjalani hidup, kita pasti akan menjumpai banyak perbedaan di kalangan masyarakat. Entah itu perbedaan dari segi karakter, kebiasaan, prinsip, bahkan pola pikir sekalipun. Berada dalam situasi tersebut, sudah selayaknya untuk menumbuhkan sifat saling menghargai satu sama lain.

Perlu diketahui, sifat saling menghargai merupakan salah satu tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bijak dalam menjalani kehidupan. Kamu sangat paham jika setiap orang pasti memiliki pendirian dan kehendaknya masing-masing yang tidak dapat dipaksakan sesuai dengan apa maumu.

4. Pantang menyerah

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!ilustrasi perempuan menghadap ke samping (pexels.com/Cottonbro)

Tentu kamu pernah menghadapi beragam masalah dan tantangan yang datang silih berganti. Entah itu tantangan dalam pendidikan, pekerjaan, maupun dalam urusan-urusan lainnya. Seringkali hal tersebut membuatmu tak berdaya dan ingin menyerah saja di tengah jalan.

Tetapi hal ini tidak akan terjadi ketika kamu memiliki perilaku bijaksana. Kamu paham betul bahwa setiap orang pasti memiliki masalah hidupnya masing-masing. Kamu sadar bahwa memutuskan untuk menyerah tidak akan menjadi solusi. Justru sebaliknya, keputusan tersebut akan menimbulkan masalah baru bahkan lebih runyam.

5. Pemaaf

5 Bentuk Sifat yang Hanya Dimiliki Orang Bijaksana, Tetap Rendah Hati!ilustrasi berpelukan (pexels.com/Liza Summer)

Menerima perlakuan buruk dari orang lain memang terasa menyakitkan. Entah itu berupa ucapan yang tidak nyaman di telinga maupun sikap yang tidak bersahabat. Walaupun apa yang dilakukan sudah lama terjadi, namun hal itu akan tetap membekas bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Salah satu bentuk sifat yang hanya dimiliki oleh orang-orang bijaksana yaitu mau memaafkan apa yang sudah terjadi termasuk dalam hal perlakuan buruk yang pernah diterima. Kamu tahu apa yang sudah berlalu tidak akan pernah bisa diputar kembali. Dengan memaafkan, maka hati dan pikiran menjadi lebih lega.

Setiap orang pasti memiliki sifat yang tertanam dalam dirinya. Entah itu sifat-sifat yang baik maupun sifat-sifat yang buruk. Jika saat ini kamu termasuk orang yang memiliki lima sifat di atas, pertahankan. Ketahuilah, kamu adalah orang yang bijaksana.

Baca Juga: 5 Sikap Positif yang Bisa Kamu Ambil di saat Dirimu Dijauhi Orang Lain

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya