Comscore Tracker

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmu

Karena setiap orang punya jalan hidup masing-masing  

Menjalani kehidupan ibarat menyusuri jalan yang amat panjang. Adakalanya kamu akan menemui jalan berliku, tikungan, tanjakan, bahkan jalanan terjal dan berbatu sekalipun.

Seringkali hal tersebut membuatmu letih dan merasa seolah-olah jadi orang yang paling terpuruk. Jalan hidup yang terjal dan berliku seringkali membuatmu berpaling melirik jalan kehidupan orang lain.

Kamu mulai membanding-bandingkan diri dan beranggapan, jika orang-orang di sekelilingmu begitu beruntung memiliki hidup yang mulus-mulus saja. Padahal hal itu tidak benar adanya. Berikut deretan alasan mengapa kamu tak perlu membanding-bandingkan jalan hidupmu dengan orang lain.

1. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmuilustrasi perempuan berjalan (pexels.com/Noelle Otto)

Apakah kamu masih sering mengeluhkan jalan hidupmu? Rasanya berat banget, deh, menjalani kehidupan yang selalu seperti itu. Beragam masalah seperti datang silih berganti. Kamu pun menengok kehidupan orang lain dan berandai-andai, jika saja dirimu memiliki jalan kehidupan yang semulus itu.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki pandangan seperti itu, maka segera perbaiki pola pikir tersebut. Setiap orang sudah memiliki jalan hidupnya masing-masing yang patut disyukuri. Bahkan bisa jadi, jalan hidup yang selama ini kamu keluhkan ternyata adalah impian hidup orang lain.

2. Membanding-bandingkan diri justru membuatmu tertekan

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmuilustrasi frustasi (pexels.com/Alex Green)

Alur kehidupan yang penuh lika-liku, seringkali membuatmu seolah menjadi orang yang paling menderita. Kamu pun mulai tengok kanan-kiri melirik jalan temanmu dan merasa bahwa memang benar kamu adalah orang yang jalan hidupnya paling terpuruk. 

Kalau kamu masih memiliki kebiasaan tersebut, alangkah baiknya jika berubah mulai sekarang. Percayalah, selalu membanding-bandingkan diri tidak akan membuatmu merasa lebih baik. Justru sebaliknya, kamu akan merasa semakin gelisah dan tertekan.

3. Apa yang terlihat baik belum tentu baik

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmuilustrasi gadis berkaos pink (pexels.com/Miftah Rafli Hidayat)

Pernahkah kamu merasa bahwa kehidupan orang lain selalu terlihat sempurna? Hal ini membuatmu merasa kalau kehidupan itu tidak adil. Kamu terus berandai-andai jika saja dirimu bisa seperti itu, pasti sangat menggembirakan.

Padahal apa yang terlihat baik itu belum tentu baik, lho. Mata seseorang hanya bisa melihat dari sisi terluarnya saja, namun kamu tidak mengetahui apa yang sebenarnya tersembunyi di dalam. Bisa jadi di sana, ada masalah dan tantangan yang lebih pelik daripada yang sedang kamu alami.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Mensyukuri Hal Kecil yang Kamu Miliki

4. Tidak ada orang yang hidupnya sempurna

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmuilustrasi perempuan berbaju merah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang, sih, saat melihat jalan kehidupan orang lain rasanya bikin kita iri. Seolah kehidupan mereka lancar-lancar saja, tanpa pernah ada masalah. Berbeda dengan jalan hidupmu yang setiap waktu masalah datang silih berganti. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar.

Setiap orang pasti memiliki masalah dan tantangan hidupnya masing-masing. Bahkan orang yang hidupnya terlihat komplet dan sempurna sekalipun, pasti tidak luput dari yang namanya permasalahan. Hanya saja, kamu belum pernah melihatnya secara langsung saat ia diterpa masalah, sehingga timbul anggapan tersebut.

5. Kamu justru akan semakin minder

5 Alasan Tak Perlu Pusing Bandingkan Diri, Syukuri Hidupmuilustrasi terduduk di tanah (pexels.com/Pixabay)

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain seolah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Entah itu membandingkan dalam hal prestasi akademis, dalam hal pekerjaan dan jabatan, maupun terkait dengan permasalahan-permasalahan sepele.

Walau terlihat sederhana, nyatanya membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain justru membuatmu semakin terpuruk. Alih-alih termotivasi, kamu justru merasa semakin minder. Padahal yang namanya kehidupan itu tidak ada yang sempurna, lho. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, begitupun sebaliknya.

Kehidupan memang penuh lika-liku dan tantangan. Namun demikian, sering mengeluh dan membandingkan hidupmu dengan orang lain tentu bukan perilaku yang baik. Daripada mengeluh dan terus membanding-bandingkan diri, bukankah lebih baik bersyukur?

Baca Juga: Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri Kita

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya