Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!

Kamu betah dengan lingkungan yang minim tantangan  

Tentu kamu sudah cukup familiar dengan apa itu zona nyaman. Seperti apa yang sudah kamu ketahui, zona nyaman merupakan suatu keadaan di mana kamu terlanjur nyaman dengan keadaan yang hanya seputar itu-itu saja. Kamu tidak ada keinginan bahkan tidak merasa tertantang untuk mencoba hal-hal baru.

Tetapi sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Rasanya cukup bertahan di tempatmu yang sekarang aja, gak perlu ke mana-mana apalagi mencoba hal-hal baru di luar.

Lantas, apa sajakah tanda bahwa kamu masih terkungkung zona nyaman? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Enggan berkembang

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!ilustrasi perempuan berbaju putih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Zona nyaman memang bikin kamu merasa betah. Kamu hanya berkutat pada situasi dan lingkaran yang sama tanpa adanya tantangan yang dapat membuatmu lebih maju. Meski terlihat menyenangkan, namun pada faktanya kondisi yang demikian justru membuatmu tidak berkembang, lho.

Padahal jika mau melirik ke luar sebentar, di sana ada banyak ilmu dan keterampilan yang dapat dipelajari. Bertahan di lingkaran yang seputar itu-itu saja justru membuat kualitas dirimu tidak pernah meningkat.

Jika saat ini kamu termasuk orang yang betah bertahan di zona nyaman, yuk mulai beranikan diri melangkah ke luar.

2. Pasrah apa adanya

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!ilustrasi merenung (pexels.com/Aleks Michajlowicz)

Zona nyaman memang terlihat menyenangkan. Kehidupanmu seolah berjalan mulus-mulus saja tanpa adanya hambatan dan tantangan berarti. Bahkan tidak jarang kamu akan bertahan di tempat dan kondisi yang sama sehingga keterampilan dan pengalamanmu tidak akan mengalami kemajuan.

Jika saat ini kamu tengah berada dalam situasi tersebut, sadarilah bahwa itu tandanya kamu sedang terjebak dalam zona nyaman. Kamu pasrah apa adanya meskipun karier dan keterampilanmu hanya berjalan di tempat.

Jika hal ini terus berlanjut, tentu yang akan rugi adalah dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Keuntungan saat Kamu Berani Keluar dari Zona Nyaman, Gak Akan Rugi!

3. Tidak memiliki ambisi

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!ilustrasi merenung (pexels.com/Bran Sodre)

Ambisi memang sering diidentikkan dengan hal-hal negatif. Seseorang yang memiliki ambisi dipandang sebagai individu toxic yang akan menghalalkan segala cara. Pada akhirnya justu banyak orang hanya jalan di tempat dan merasa nyaman dengan hidupnya yang tak banyak kemajuan.

Ketika kamu berada dalam suatu lingkungan yang membuatmu kehilangan ambisi dan seluruh tujuan yang diinginkan, ketahuilah bahwa sebenarnya kamu sedang terkungkung dalam zona nyaman.

Bertahan dalam lingkungan yang demikian justru membuat potensi dirimu terhambat. Padahal di luar sana kamu punya banyak kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas. 

4. Merasa jadi yang paling unggul

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!ilustrasi wanita berkacamata (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa sih yang tidak bahagia ketika bisa menjadi orang yang paling unggul? Tentu hampir semua orang pasti bahagia. Namun yang jadi pertanyaan, apakah menjadi manusia yang paling unggul dalam suatu tempat atau komunitas akan membuat dirimu lebih baik dari yang sebelumnya?

Perlu diketahui bahwa ketika merasa jadi orang paling baik, paling, pintar, dan paling cerdas, sebenarnya kamu sedang menutup kesempatan diri untuk berproses.

Ketika kamu menjadi satu-satunya orang yang paling unggul dalam suatu lingkungan, maka kamu adalah satu-satunya orang yang sudah berpuas diri dan tidak mengalami perkembangan.

5. Malas berusaha

5 Tanda Kamu Masih Terkungkung Zona Nyaman, Pasrah Apa Adanya!ilustrasi bermain handphone (pexels.com/Karolina Grabowska)

Zona nyaman memang terlihat menyenangkan. Kamu dimanjakan dengan lingkungan dan situasi yang minim tantangan sehingga tidak perlu berusaha terlalu keras. Bagimu, tanpa berusaha dan berjuang pun dirimu sudah menjadi yang terbaik dan dapat mencapai apa yang diinginkan. Pada akhirnya kamu akan menjadi sosok yang menginginkan segala sesuatu secara instan.

Padahal lingkungan di luar bisa jadi sungguh berbeda jauh dengan zona nyaman tempatmu berada tersebut. Jika hal ini terus dibiarkan, kelak kamu akan kerepotan sendiri ketika harus berhadapan dengan dunia luar.

Zona nyaman memang terlihat menyenangkan. Namun demikian, kamu tidak bisa jika hanya bertahan di tempat tersebut tanpa berusaha mengembangkan diri.

Jika selama ini kamu masih memiliki lima tanda di atas, yuk segera sadari bahwa kamu sedang terkungkung dalam zona nyaman tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terjebak Zona Nyaman dalam Karier, Sulit Berkembang

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya