7 Tips Menemukan Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!

Dukungan bisa berasal dari diri sendiri

Manusia tidak selalu berada di titik kejayaan. Pada waktu tertentu juga bisa mengalami keterpurukan. Dalam situasi seperti ini, keberadaan dukungan sangat diperlukan. Kamu bisa segera bangkit dan menata hidup dengan lebih baik.

Tapi yang jadi hambatan, kita kerap kesusahan menemukan dukungan. Apalagi menggantungkan sepenuhnya dari orang-orang sekitar. Mengingatkan akan hal tersebut, sudah seharusnya belajar menemukan dukungan dengan cara-cara sederhana. Semoga deretan tips di bawah ini bisa membantu.

1. Meluangkan waktu untuk membaca buku atau artikel inspiratif

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi membaca (pexels.com/RDNE Stock Project)

Saat berada di titik keterpurukan, seseorang tidak memiliki semangat untuk meraih pencapaian terbaik. Situasi seperti ini harus segera diatasi. Sebisa mungkin menemukan dukungan dengan cara-cara sederhana. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah hal itu mungkin dilakukan?

Jawabannya sangat mungkin. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membaca buku atau artikel inspiratif. Darinya, bisa mempengaruhi sudut pandang dan pola pikir. Wawasan dan pengetahuan baru membentuk semangat untuk meraih pencapaian terbaik.

2. Menyisihkan waktu sebentar untuk menenangkan diri

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi menikmati pemandangan (pexels.com/Jure Siric)

Berada di fase putus asa memang tidak mudah. Seringnya justru berakhir dengan kegagalan berkelanjutan. Seseorang memilih tidak mau bangkit dari keterpurukan. Ia menganggap satu kegagalan sudah akhir dari segalanya.

Di sinilah pentingnya mendukung diri dengan langkah sederhana. Caranya tidak susah, kamu hanya perlu menyisihkan waktu sebentar untuk menenangkan diri. Lakukan aktivitas positif yang disukai. Seperti menjalani hobi, atau berusaha lebih dekat dengan alam.

3. Terlibat dalam aktivitas sosial

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi menjadi relawan (pexels.com/RDNE Stock Project)

Tidak semua orang mampu mendukung dirinya saat sedang terpuruk. Beberapa justru menunggu uluran dari lingkungan sekitar. Tapi sayangnya, dukungan dari lingkungan tidak ditunjukkan dalam bentuk langsung. Kamu sendiri yang harus meresapi maknanya dengan sudut pandang bijaksana.

Menemukan dukungan dengan cara sederhana tidak susah. Kamu bisa melibatkan diri dalam aktivitas sosial. Contohnya berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Keberadaan orang-orang yang kurang beruntung menjadi dukungan agar kamu tetap bersyukur atas kondisi yang dihadapi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Kekurangan Support System, Perlu Terapis?

4. Merenungkan kembali tujuan yang hendak diraih

dm-player
7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tujuan hidup adalah pedoman saat kamu hendak melangkah. Sudah seharusnya kita mengetahui tujuan hidup sejak awal. Baik tujuan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Merenungkan kembali tujuan yang hendak diraih termasuk cara sederhana menemukan dukungan. Secara tidak langsung, kamu termotivasi meraih pencapaian terbaik. Tujuan hidup menjadi sumber semangat terbaru. Kamu sadar masih banyak harapan yang harus diwujudkan.

5. Berusaha memahami batasan diri

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi membuka buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Manusia diciptakan dengan keterbatasan masing-masing. Tidak semua hal bisa kamu lakukan sendiri. Sekaligus tidak semua pencapaian bisa terwujudkan. Kenyataan ini harus kamu terima dengan lapang hati.

Berusaha memahami batasan diri termasuk upaya menemukan dukungan dengan cara-cara sederhana. Kamu tidak merasa tertekan atau terbebani. Sebaliknya, bisa menghargai sisi kekurangan tanpa menuntut secara berlebihan.

6. Berinteraksi dengan orang-orang inspiratif

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Ivan Samkov)

Menemukan dukungan dengan cara-cara sederhana adalah kunci bangkit dari keterpurukan. Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki pemahaman satu ini. Seringnya justru gagal bangkit dari situasi tidak diharapkan.

Perlu diketahui, upaya menemukan dukungan ternyata tidak susah. Bahkan kamu bisa mendapatkannya dengan cara-cara sederhana. Sesekali cobalah berinteraksi dengan orang-orang inspiratif. Keberadaan mereka bisa menularkan semangat dalam menjalani hidup.

7. Berusaha menjaga keseimbangan hidup

7 Tips Menemukan  Dukungan dengan Cara Sederhana, Renungkan Tujuan!ilustrasi memegang bunga (pexels.com/Vika Glitter)

Menemukan motivasi bisa menjadi suatu tantangan. Ini terjadi karena kita masih ketergantungan dengan lingkungan sekitar. Padahal, sumber utama motivasi justru terletak pada diri sendiri.

Tidak perlu susah payah menemukan dukungan dengan cara-cara rumit. Kamu cukup berusaha menjaga keseimbangan hidup. Antara waktu bekerja, istirahat, dan kehidupan dunia maya berjalan sesuai porsinya. Tidak ada yang berat sebelah.

Sudahkah kamu menemukan dukungan dengan cara-cara sederhana? Ini menjadi kunci Jika kamu ingin bangkit dari sumber keterpurukan. Ingat bahwa dukungan adalah hal yang bisa berubah dari waktu ke waktu. Kamu harus menerapkan strategi yang paling efektif dan efisien supaya bisa mendukung diri dalam keadaan apapun.

Baca Juga: 5 Pentingnya Support System dalam Melalui Masa Quarter-Life Crisis

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya