Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeri

Percayalah, semua pasti akan indah pada waktunya! 

Homesick merupakan perasaan sedih dan menderita, karena merasa kangen sekali terhadap keluarga atau tempat tinggal kita. Apalagi jika kamu kuliah di luar negeri. Ada lima hal yang bisa kamu lakukan, ketika kamu sedang merasakan homesick. Supaya kamu bisa mengatasi rasa homesick mu dengan cepat, yuk langsung saja, simak tipsnya bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatasi rasa homesick-mu !

1. Berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeriilustrasi panggilan telepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin, kamu bisa melakukan panggilan video atau panggilan telepon dengan keluarga atau sahabatmu, karena kamu sedang berada di negara orang, tentu saja akan ada perbedaan waktu di antara kamu dan keluargamu, jadi sebelum kamu berkomunikasi dengan mereka, pastikan kamu melihat perbedaan waktunya, cari waktu yang kamu dan keluarga atau sahabatmu sama-sama mempunyai waktu luang yang pas, yang tidak mengganggu waktu belajar atau istirahat. 

Komunikasi melalui panggilan video atau panggilan telepon, memang tidak seleluasa ketika kamu bertemu langsung dengan orang yang kamu sayangi, tetapi paling tidak rasa homesick-mu sedikit terobati, dan jangan lupa pastikan koneksi internetmu bagus ya, agar komunikasimu dengan keluarga atau sahabatmu, berjalan lancar. 

2. Mencari makanan khas Indonesia 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeriilustrasi masakan Indonesia (pexels.com/Lintoe)

Asyiknya kuliah di luar negeri, selain kamu dapat menikmati pemandangan indah sekitar daerah negara yang sedang kamu tinggali, kamu pasti juga sering mencoba menikmati wisata kuliner mancanegara. Berbagai macam kuliner yang belum pernah kamu rasakan, kini dapat kamu nikmati. Tapi, pasti ada kalanya kamu kangen dengan masakan-masakan daerah di Indonesia, seperti gado-gado, ketoprak, nasi uduk, sambal terasi, ayam geprek dan masakan khas Indonesia yang lainnya. 

Jika homesick-mu sudah mulai melanda, carilah restoran Asia, atau restoran khas Indonesia, biasanya di restoran tersebut menyediakan masakan khas Indonesia. Tidak apa lah ya sesekali merogoh kocek lebih dalam. Jika kamu mau pintar memasak, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu, dengan memasak makanan khas Indonesia, carilah bahan-bahannya di supermarket atau toko Asia, yang menyediakan bahan masakan Indonesia. 

Baca Juga: 8 Cara Jitu Berdamai dengan Homesick, Bagi Anak Rantau

3. Bergabung ke komunitas pelajar Indonesia, yang ada di luar negeri

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeriilustrasi foto ikut komunitas (pexels.com/Kobe -)

Culture shock dapat menimpa siapa saja, terlebih lagi bagi orang yang sedang menetap di luar negeri dalam waktu yang cukup lama. Agar kamu tidak merasa kesepian dan takut, kamu dapat mengatasi culture shock dengan cara bergabung ke komunitas pelajar Indonesia, yang ada di luar negeri. 

Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan, ketika kamu bergabung ke komunitas pelajar Indonesia, yanga ada di luar negeri. Kamu dapat mengatasi culture shock-mu, kamu dapat bertukar informasi, menambah pengetahuan dan wawasanmu. Selain itu, rasa rindumu terhadap Indonesia, pasti agak terobati, karena kamu dapat berkomunikasi atau melakukan kebiasaan-kebiasaan yang biasa kamu lakukan di Indonesia.

4. Berkeliling kota atau negara lain

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeriilustrasi foto jalan-jalan (pexels.com/Haley Black)

Supaya tidak jenuh karena belajar terus, manfaatkan waktu liburmu dengan berkeliling kota di negara yang sedang kamu tinggali, atau kamu juga bisa berlibur ke negara tetangga. Atasi kejenuhan atau stressmu saat homesickmu sedang melanda. Ajaklah teman atau komunitasmu untuk merencanakan liburan panjang, dengan melakukan perjalanan ke destinasi-destinasi yang selama ini ingin kamu kunjungi. Temukan hal yang menarik, yang dapat membuat kamu merasa senang dan menambah pengalamanmu. Mengeksploarasi destinasi yang belum pernah kamu kunjungi, akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan tak terlupakan. 

Selain kamu menambah pengalaman yang menyenangkan, pertemananmu dengan komunitas pelajar Indonesia yang ada di luar negeri, juga pasti akan terjalin lebih erat. Mungkin di perjalananmu dalam liburan, kamu juga dapat menambah kenalan baru dari penduduk lokal yang ada di kota tempat kamu berlibur. Eits, jangan lupa ya untuk mengabadikan setiap momen, supaya kamu bisa mempercantik feed sosial mediamu !

5. Pulang kampung 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Homesick Kuliah di Luar Negeriilustrasi foto pulang (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Jika semua cara sudah kamu lakukan untuk menghibur kegalauanmu ketika homesick melanda, dan itu tidak mengobati rasa rindumu terhadap keluarga dan sahabatmu. Maka, satu-satunya cara untuk menuntaskan rasa rindumu adalah dengan pulang ke Indonesia. Pastikan kamu mempersiapkan kepulanganmu ke Indonesia dari jauh-jauh hari, tentukan waktu yang tepat kapan kamu akan pulang kampung. Pastikan waktu, tenaga dan uangmu cukup untuk kembali ke Indonesia, karena perjalananmu kembali ke Indonesia pasti membutuhkan jarak dan waktu yang tidak sedikit. 

Jika kamu sudah pulang kampung, pastikan kamu memanfaatkan waktumu dengan keluarga dan sahabatmu dengan sebaik-baiknya. Karena jika kamu sudah kembali lagi ke negara, tempat dimana kamu menimba ilmu, kamu pasti akan jarang sekali bertemu dengan mereka. Tidak semua orang dapat berkesempatan berkuliah di luar negeri, jadi manfaatkanlah kesempatanmu untuk menimba ilmu dengan sebaik mungkin.

Wajar, jika di tengah kesibukanmu berkuliah di luar negeri, tiba-tiba mengalami homesick. Atasi sesegera mungkin, agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahanmu selama di luar negeri. Percayalah, semua pasti akan indah pada waktunya!

Baca Juga: 5 Tips Agar Gak Kesepian Saat Pertama Kali Ngekos, Biar Gak Homesick!

myra laoshi Photo Verified Writer myra laoshi

Teacher, Writer, Translator. Follow my Instagram : myra.laoshi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya