Comscore Tracker

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uang

Terapkan demi kesuksesan finansial di masa mendatang!

Tiap orang punya cara berbeda dalam memaknai uang. Namun yang perlu diperhatikan, mindset soal uang sedikit banyak memainkan peran dalam kesuksesan seseorang. Pola pikir kamu terhadapnya akan memengaruhi keputusan yang dibuat dalam hidup.

Efeknya mungkin tak terlihat sekarang, tetapi akan terakumulasi dalam jangka panjang. Pola pikir ini akan menentukan, apakah kemampuan finansial kamu akan berkembang atau justru stuck di tempat. Agar berhasil mencapai potensi finansial maksimal di masa mendatang, kenali rich mindset berikut yang dapat ubah cara pandang kamu soal uang.

1. Menambah value dengan pengembangan diri

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uangilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam hal pengelolaan keuangan, mereka yang memiliki rich mindset tak hanya fokus dalam mengendalikan pengeluaran. Mereka juga mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak uang setiap waktu. 

Untuk itu, mereka meningkatkan nilai diri dengan mempelajari skill baru, memperkaya pengetahuan melalui berbagai media, hingga membangun jejaring sosial yang luas. Intinya, mereka menginvestasikan waktu untuk pengembangan diri. Tak heran, rich mindset selalu berjalan beriringan juga dengan growth mindset

2. Memilih mengumpulkan banyak aset

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uangilustrasi orang mengamati pasar saham (unsplash.com/Jason Briscoe)

Selain fokus menghasilkan lebih banyak uang, orang-orang dengan rich mindset juga memikirkan cara melindungi kondisi finansialnya di masa mendatang. Ini lantaran masa depan penuh dengan ketidakpastian.

Agar tidak gigit jari di kemudian hari, mereka mengumpulkan banyak aset yang lebih aman seperti emas untuk meminimalkan kerugian di tengah gejolak ekonomi yang tak pasti. Di samping itu, mereka juga memanfaatkan instrumen investasi lain sebagai sumber pendapatan pasif seperti saham, obligasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Prioritas Alokasi Keuangan saat Gajian, dari Nabung sampai Sedekah!

3. Tak hanya bekerja keras, tapi juga bekerja cerdas

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uangilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/Christina Morillo)

Pasti kamu pernah mendengar ungkapan bahwa kesuksesan harus digapai dengan kerja keras. Pernyataan tersebut tentunya tidak salah. Namun jika benar demikian, mengapa tidak semua orang yang bekerja dari pagi hingga pagi lagi berhasil menjadi miliarder? 

Jawabannya, karena kerja keras juga harus diiringi dengan kerja cerdas. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Dengan bekerja cerdas, orang-orang yang memiliki rich mindset mampu memanfaatkan sumber daya yang minimal dengan hasil yang semaksimal mungkin.

4. Beroritentasi pada proses

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uangilustrasi orang bekerja (pexels.com/olia danilevitch)

Perlu dipahami bahwa aset melimpah hanyalah sebuah hasil, tetapi usaha yang ditorehkan untuk memperolehnya memerlukan proses panjang. Oleh karena itu, orang-orang dengan rich mindset lebih berorientasi pada proses ketimbang hanya memikirkan hasilnya.

Ini terlihat dari cara mereka memikirkan masa depan. Alih-alih hanya khawatir akan ketidakpastian yang ada, mereka memilih fokus melakukan apa yang bisa dilakukan di masa sekarang. Sebab mereka percaya, ini akan terakumulasi di masa mendatang. 

Dalam bekerja cerdas, kemampuan berpikir adalah modal yang paling utama. Ini meliputi kemampuan berpikir kritis, analitis, kreatif, inovatif, dan strategis. Bukan tanpa alasan, kemampuan berpikir merupakan aktor di balik terciptanya solusi gemilang yang akan membuahkan buah manis di masa depan.

5. Mempunyai tujuan jangka panjang yang jelas

5 Fakta Rich Mindset Ini Akan Ubah Cara Pandang Kamu soal Uangilustrasi orang melakukan presentasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orang-orang dengan rich mindset berpikir sangat visioner dan menyiapkan masa depan dengan perencanaan sematang mungkin. Inilah yang membuat mereka fokus menambah aset dan sekaligus berhati-hati dalam mengeluarkan uang mereka.

Satu hal yang menjadi benang merah di antara orang-orang dengan rich mindset, mereka sangat menyukai aset produktif. Mereka membuat aset yang dimiliki bekerja untuk mereka. Itu sebabnya mereka banyak berinvestasi alih-alih membelanjakan uang pada hal-hal konsumtif. 

Cara kamu memandang uang bantu kamu meraih kesuksesan di masa mendatang, lho. Karenanya, yuk coba terapkan rich mindset di atas demi menggapai kondisi finansial yang gemilang!

Baca Juga: 5 Alasan Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Pasangan, Catat!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya