Comscore Tracker

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumah

Cocok untuk desain interior klasik hingga tradisional!

Ingin memberikan sentuhan dekorasi baru untuk rumah? Namun tidak ingin melakukan renovasi yang terlalu banyak memakan waktu hingga menghindari keluarkan budget terlalu banyak? Ide mencoba terapkan dekorasi dinding panel di rumah mukan bisa kamu coba.

Kebanyakan orang mengira akses panelling wall hanya untuk rumah bergaya klasik. Namun, sebenarnya gaya dinding panel ini bisa diterapkan dalam berbagai gaya desain interior, loh. Mulai dari skandinavia, rustic, hingga industrial! Tertarik untuk mencoba? Cari tahu dekoratif dinding panel seperti apa yang paling cocok dengan rumahmu di bawah ini!

1. Pilih dekoratif dinding panel berwarna netral untuk latar artistik

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi desain menggunakan wall paneling (instagram.com/interiordefine)

Jika kamu memiliki jenis furnitur unik dan artistik, ditambah dengan senang mengoleksi benda berseni atau dekoratif lainnya. Memiliki dekoratif dinding panel bisa membuat ruanganmu tampak lebih artistik. Dinding dengan desain panel sederhana, berwarna netral, bisa akan lebih menonjolkan furnitur berwarna bold. Warna lembut dinding panel namun beraksen ini membantu mengangkat keindahan elemen lainnya dalam ruangan.

2. Dekorasi dinding panel menggunakan kayu modern

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi ruang keluarga dengan dekorasi dinding panel kayu (livingetc.com)

Aksen dekoratif dari dinding panel juga bisa menggunakan gaya kayu modern. Keberadaan panel kayu di dinding bisa memberikan volume lebih pada ruangan. Sekaligus mempertegas keseluruhan desain di rumah. Agar lebih menyatu, pilih furnitur hingga tambahkan langit-langitnya juga dengan aksen kayu. Gaya panel ini cocok untuk kamu yang menyukai rumah dengan desain interior bertema etnik atau ala-ala Jepang.

3. Buat dinding panel multifungsional sebagai storage di rumah

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi storage wall panel di ruang keluarga (livingetc.com)

Tidak melulu harus dinding saja. Kamu bisa coba berpikir lebih kreatif dalam menerapkan dekorasi dinding panel ini. Di antaranya dengan membuat built-in storage menyatu dengan dinding panel. Seperti dalam ruang keluarga di atas. Ini adalah cerdas untuk memberikan unsur dekoratif pada ruangan, namun juga memberikan lebih banyak ruang penyimpanan sekaligus. Cocok untuk kamu yang punya ruangan mungil juga untuk di dekorasi!

Baca Juga: 9 Ide Hiasan Dinding Rumah Japandi, Bikin Tenang dan Nyaman 

4. Buat dekorasi dinding panel menggunakan warna kontras dengan warna utama cat dinding

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi dekorasi dinding panel (livingetc.com)

Ada kalanya kamu tidak membutuhkan terlalu banyak furniture dekoratif untuk melengkapi desain dalam ruanganmu di rumah. Cukup dengan memberi aksen pada elemen tertentu, menjadikannya focal point, maka kamu sudah cukup membuat pesona yang berbeda pada ruangan. Seperti ide menggunakan warna kontras pada dinding panel di ruangan di atas. Dengan tema ruagan minimalis pun, warna navy blue yang trendi tersebut sudah cukup menghidupkan ruang dengan aksen panelnya.

5. Pilih dinding panel berbingkai double

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi tiga panel dinding (thehouseofsilverlining.com)

Menggunakan dekorasi panel dinding juga bisa menjadi siasat agar ruaganmu di rumah menjadi terkesan lebih luas. Apalagi, jika kamu menggunakan panel dinding berbingkai double hingga lebih. Selain memberi sentuhan ruangan yang lebih elegan, dekorasi dinding panel ini juga membuat proporsi ruangan bisa tampak lebih tinggi dari sebenarnya. Untuk eksekusi yang sempurna, kamu bisa gunakan warna lebih strong namun tetap dalam tema warna yang sama dengan keseluruhan ruang.

6. Gunakan dekoratif panel dinding bergaya klasik

6 Ide Beri Dekoratif Panel Dinding di Rumahinspirasi dekoratif panel dinding (livingetc.com)

Gaya desain panel dinding dekoratif ini sering digunakan untuk desain interior bertemakan klasik atau parisian chic. Jika kamu ingin menciptakan karakter ruangan yang lebih mewah, panel dinding dengan model ini cocok untuk diterapkan. Bahkan ruangan mungilmu pun bisa terlihat lebih elegan dengan keberadaan aksen dinding satu ini.

Beberapa model dekorasi panel dinding di atas bisa coba kamu terapkan dengan coba sesuaikan mana yang paling pas dengan tema desainmu di rumah. Tujuan penerapan dinding panel ini sendiri pun bisa bermacam-macam, mulai dari menutupi bagian dinding yang kurang enak dipandang, menutupi kabel-kabel di dinding, hingga memberi tampilan lebih dekoratif pada ruangan. Di sisi lain, tak selalu membuat ruangan tampil lebih mewah, panel dinding juga bisa memberi sentuhan lebih sederhana pada ruangan itu sendiri.

Baca Juga: 9 Ide Hiasan Dinding Multifungsi Ini Auto Bikin Rumah Estetis dan Rapi

Nadhifa Salsabila K Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya