Comscore Tracker

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batin

Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah

Self-healing sendiri merupakan proses menuju sembuh dari luka batin. Metode ini sangat berguna banget buat kamu yang sering memilih menyimpan rasa emosi di dalam diri daripada meluapkannya.

Pasti sebagian orang pernah merasakan emosional berkepanjangan seperti sedih, marah, takut, mengalami kegagalan, dan lain-lain. 

Lalu, apa sih yang harus kita lakukan saat mengalami emosional semacam itu?

1. Ubah penyesalan menjadi kekuatan

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batinpixabay.com/pavlofox

Setiap orang, pasti pernah berbuat kesalahan. Tidak jarang pula seseorang itu menyesali perbuatannya. Parahnya, saat seseorang sedang berada di tahap penyesalan. Ia bisa menyesal dalam waktu yang tidak sebentar.

Emosional yang dirasakan tiap orang pasti berbeda-beda dalam segi penyampaian dan bentuknya. Itu sebabnya, kamu bisa menekan perasaan sedih saat berada pada tahap penyesalan.

Berpikirlah, bahwa penyesalan dapat dijadikan sebagai pelajaran dalam hidup. Memang, kamu tidak akan pernah bisa lupa akan kesalahan di masa lalu. Namun, kamu bisa mengubah kesalahan menjadi pelajaran. Lalu, mengubah penyesalan menjadi kekuatan.

2. Berdamailah dengan keadaan

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batinpexels.com/OleksandrPidvalnyi

Mengenang mengenai kejadian buruk di masa lalu yang membekas di hati memang tidak bisa dihindarkan, ya. 

Sebab itu, orang yang merasakan luka atas kejadian buruk tersebut tidak bisa sembuh dari lukanya dalam waktu singkat. Perlu proses yang cukup panjang untuk menerima keadaan yang telah terjadi.

Lalu, apakah dengan terus mengenang masa lalu yang buruk dapat membuat kita sembuh dari luka batin? Jawabannya adalah tidak.

Alangkah baiknya, jika kamu mencoba berdamai dengan keadaan. Jadikan kenangan di masa lalu itu sebagai bentuk pelajaran di masa mendatang.

Baca Juga: Baru Patah Hati? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Lukamu Lekas Pulih

3. Menulislah

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batintookapic.com/Agnieszka

Menulis merupakan media bagi seseorang untuk mengutarakan segala hal tentang apa yang tidak bisa diutarakan secara langsung. 

Menulis juga dapat dijadikan sebagai media untuk penyembuhan luka, lho. Kamu gak perlu bingung, harus mulai darimana kamu akan menulis, harus mempelajari tanda baca yang seperti apa. Intinya, langsung saja menulis sesuai dengan apa yang kamu rasakan. 

Setiap luka pasti ada metode dan media untuk menyembuhkan luka tersebut kok. Kamu hanya harus mencoba mengekspresikannya agar tidak menyiksa batin secara lebih dalam lagi.

4. Me time

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batinpexels.com/JeswinThomas

Beberapa masalah emosional biasanya tak kunjung selesai karena adanya campur tangan orang lain. 

Nah, me time ini sangat bermanfaat bagi setiap orang agar lebih dulu memikirkan tentang dirinya sendiri daripada mengutamakan bercerita pada orang lain tentang masalah yamg sedang dihadapi.

Terkadang, kita lupa bahwa meluangkan waktu untuk diri sendiri sangatlah penting. Hal itu benar-benar akan membuat diri kita merasa lebih bermakna lho.

5. Berbicara dengan diri sendiri

5 Metode Self-Healing yang Patut Dicoba untuk Sembuhkan Luka Batinpexels.com/JohannesPlenio

Berbicara pada diri sendiri merupakan hal penting dalam menyembuhkan luka batin yang kamu alami. 

Dengan metode yang satu ini, kamu bisa bebas mengutarakan hal-hal yang sebenarnya kamu inginkan.

Biasakan jujur pada diri sendiri, daripada melampiaskan segala keburukan pada suatu hal.

Tahukah kamu? Bahwa orang yang dapat mengerti semua hal tentangmu adalah dirimu sendiri. Kamu bisa memahami, mencoba mengerti, dan lebih mensyukuri atas segala yang terjadi pada hidupmu. 

Untuk kamu yang sedang merasakan luka, segera lakukan metode di atas, ya.

Baca Juga: Menyimpan Luka Batin? 7 Quotes Ini Mampu Menguatkan Para Korban Bully

Nadia Ayu Pramesty Photo Writer Nadia Ayu Pramesty

Words always real to someone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya