Comscore Tracker

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!

Benar-benar ampuh lho

Kegagalan merupakan salah satu hal yang tentu saja tidak disukai semua orang. Namun tidak dapat dipungkiri kadangkala kegagalan akan dialami oleh sebagian besar orang. Hal itulah yang seringkali menjadikan rasa semangat dan percaya diri yang dimiliki seseorang akan berkurang sehingga berujung kepada rasa sedih sekaligus down. Bukan perkara mudah memang untuk bangkit lagi dari kegagalan apalagi jika kegagalan itu terus berulang.

Nah berikut ini ada beberapa pemahaman yang dapat kalian tanamkan pada diri sendiri agar tidak mudah menyerah dalam menggapai kesuksesan meski berulangkali gagal. Pemahaman apa sajakah? Yuk, cek langsung ulasan di bawah ini ya!

1. Jangan berharap hasil instan dan cepat

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/rawpixel.com

Di zaman yang sudah serba canggih, seringkali membuat pola pikir juga serba instan. Kadangkala kita menginginkan untuk meraih kesuksesan secepat mungkin secara instan. Tentu saja hal itulah yang membuat kita cepat merasa down saat apa yang diharapkan tidak dapat diraih.

Berbeda halnya, apabila kita tidak terlalu berambisi dan melakukannya sesuai dengan alur. Meskipun kesuksesan dapat dicapai dengan waktu yang lama namun saat mendapatkannya rasa puas akan pencapaian itu akan membuatmu selalu bersyukur.

2. Percayalah pada skill yang kamu miliki

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Thomas Chauke

Semua orang pastinya mempunyai kelebihan yang masing-masing berbeda satu sama lainnya. Jangan terlalu terpaku atas kesuksesan orang lain sehingga membuatmu cepat menyerah saat mengalami kegagalan.

Sebaliknya kamu harus bangkit lagi serta mempercayai bahwa suatu saat nanti kemampuan yang kamu miliki dapat membawamu meraih kesuksesan dalam hidup. 

3. Hindarilah terjebak dalam masa lalu

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Clem Onojeghuo

Kadangkala saat mengalami kegagalan kita akan merasa down dan ingin menyerah. Padahal kegagalan yang kamu peroleh di masa lalu dapat digunakan sebagai pembelajaran.

Kamu tidak perlu terus melirik masa lalu sehingga membuatmu terjebak di dalamnya. Cukup ambil hal positifnya dan teruslah melangkah agar kegagalanmu di masa lalu dapat terbayarkan dengan kesuksesanmu di masa depan.

4. Tidak perlu takut ketika kamu membuat kesalahan

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Luciana Sena

Kesuksesan yang didapatkan oleh seseorang, tidak selalu melalui jalan mulus. Ada berbagai hal yang harus mereka alami, tidak terkecuali pernah membuat kesalahan dan gagal. Saat berbuat kesalahan, kamu tidak perlu takut.

Karena sejatinya kesalahan itu adalah introspeksi dan koreksi diri terhadap apa saja yang belum kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan. Jadi teruslah melangkah demi impianmu guys.

5. Tataplah masa depan dengan cermat

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Matheus Natan

Setiap tahun sebagian besar orang pastinya menaruh kesuksesan sebagai resolusi wajib. Nah cara untuk mendapatkan kesuksesan tidak hanya dengan duduk bersantai-santai dan mudah menyerah saat mengalami kegagalan.

Namun kamu harus dengan cermat menata masa depanmu dan menyusun langkah-langkah jitu untuk meraih kesuksesan. Apalagi jika mengalami kegagalan, kamu harus terus bangkit dan tidak peduli dengan berbagai pendapat orang yang mengurangi gelora semangatmu.

Baca Juga: Penuh Inspirasi, 5 Film Ini Mengajarkan Makna Kesuksesan Sesungguhnya

6. Yakinlah bahwa masa depanmu ada di tanganmu sendiri

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Jennifer Hubacher

Kesuksesan tidak lewat tangan orangtuamu, sahabatmu maupun orang terdekatmu yang lain namun dengan tanganmu sendiri. Setiap orang dilahirkan dengan kesuksesan di tangannya masing-masing. Semua itu tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.

Percaya dan yakinlah bahwa dengan melakukan hal semaksimal mungkin suatu saat nanti kesuksesan di masa depanmu akan terwujud. Believe your self!

7. Lupakanlah kegagalan serta terus mencoba untuk menggapai tujuanmu

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Engin Akyurt

Kegagalan yang kamu peroleh bukan untuk kamu simpan dan menjadi beban dalam menjalani hidup. Melainkan harus kamu lawan bagaimanapun caranya. Cobalah untuk melupakan kegagalan yang menimpamu dengan terus mencoba bangkit.

Memang bukan hal yang mudah untuk bangkit setelah berkali-kali gagal. Namun apabila kamu dapat meraih kesuksesan setelah melewati jalan yang terjal. Hal itu tentu saja dapat menjadi pencapaian paling tinggi yang harus disyukuri dan dipertahankan.

8. Tetaplah fokus untuk menggapai kesuksesan

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/rawpixel.com

Bukan berarti saat kamu gagal semuanya sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Kamu bisa saja menyusun kembali rencana apa saja yang dapat membawamu menuju kesuksesan. Apabila kamu gagal pada rencana A, coba lakukan rencana B dan seterusnya.

Intinya kamu harus tetap fokus dengan berbagai impianmu dan caramu menggapainya. Tidak perlu ragu jika kamu gagal lagi dan lagi. Sama halnya dengan Thomas Alva Edison yang berhasil di percobaannya yang ke 9956, bisa saja kamu akan mendapatkan kesuksesan besarmu pada salah satu rencanamu. 

9. Kegagalan bukan berarti kemunduran

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/bruce mars

Kegagalan memang menjadi momok yang dapat membuat kamu berhenti untuk mencoba. Namun sadarilah bahwa kegagalan itu bukan suatu hal yang memundurkan apa yang sudah kamu dapatkan melainkan batu loncatan untuk mendapatkan yang lebih baik.

Ketika kamu bangkit dari kegagalan untuk mencoba lagi dan lagi, tentu saja pada saatnya kesuksesan akan menghampirimu. So, never give up!

10. Jangan lupa untuk tetap bahagia

Tanamkan 10 Pemahaman Ini Biar Kamu Gak Gampang Menyerah!pexels.com/Andre Furtado

Setiap orang butuh yang namanya hiburan agar jiwanya kembali fresh. Sama halnya ketika kita sedang dalam masa down dan ingin menyerah, itulah saatnya kita berhenti sejenak.

Cobalah melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia seperti liburan, travelling, mendengarkan musik, menonton film atau lainnya. Hal itulah yang kadangkala akan memompa semangatmu kembali seperti sedia kala. 

Itulah ulasan mengenai beberapa pemahaman yang harus ditanamkan agar tidak gampang menyerah. Orang yang bisa mengatasi rasa khawatir dan malas yang ada pada dirimu adalah dirimu sendiri. Jadi teruslah melangkah untuk menggapai mimpimu!

Baca Juga: 5 Pertanyaan Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Semangat dalam Meraih Impian

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You