Comscore Tracker

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalis

Ada buku tentang metode berbenah ala Indonesia!

Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik dengan gaya hidup minimalis. Gaya hidup sederhana dengan mengurangi hal-hal konsumtif yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kita. Mulai dari hidup lebih hemat, lebih bersyukur pada yang kita miliki, lebih fokus pada hal-hal penting dan tempat tinggal menjadi lebih lega dan tertata.

Untuk memulai gaya hidup minimalis, penting buat kalian untuk mempelajarinya lebih dulu agar bisa menerapkan gaya hidup minimalis dengan baik. Berikut adalah 6 rekomendasi buku terbaik untuk belajar hidup minimalis.

1. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Jepang - Fumio Sasaki

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisinstagram.com/wildlandpages

Buku ini menceritakan kisah Fumio Sasaki yang memilih memulai hidup minimalis ketika menghadapi banyak masalah dalam hidupnya. Dengan membuang barang-barang yang tidak dibutuhkan, ia menjadi lebih bahagia karena tidak lagi mengukur nilai dari apa yang dimilikinya. Banyak tips yang dibagikan olehnya untuk memulai hidup minimalis.

2. The Life-Changing Magic of Tidying Up - Marie Kondo

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisshop.konmari.com

Sejak kecil, Marie Kondo sangat menyukai dunia beberes. Hingga, ia menemukan sendiri metode beberes yang ia namakan KonMari. Di buku ini dijelaskan apa dan bagaimana itu KonMari. Sebuah metode beberes yang akan mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Dan yang pasti sangat berkaitan gaya hidup minimalis.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Baru yang Bikin Belajar Sejarah Lebih Seru

3. Seni Hidup Minimalis - Francine Jay

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisinstagram.com/solusibuku

Dikenal sebagai Miss Minimalist, di buku ini Francine Jay menulis panduan lengkap untuk memulai hidup minimalis. Mulai dari menumbuhkan mindset minimalis, metode STREAMLINE untuk menjaga rumah tetap rapi hingga hidup minimalis menjadikan kita lebih ramah lingkungan yang membantu mengurangi kerusakan di Bumi.

4. Gemar Rapi - Khoirun Nikmah, Putriana Indah Lestari, Wanginingastuti Mutmainnah, Aang Hudaya dan Achmadi Bambang Sulistiyono

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisinstagram.com/dkwardhani

Gerakan Menata Negeri dari Rumah dan Pribadi disingkat Gemar Rapi adalah metode beberes yang diciptakan menyesesuaikan dengan masyarakat Indonesia sehingga lebih mudah diterapkan.

Ditulis oleh Khoirun Nikmah, Putriana Indah Lestari, Wanginingastuti Mutmainnah, Aang Hudaya dan Achmadi Bambang Sulistiyono, buku ini memberi gambaran dan praktik mendetail bagaimana sebuah prinsip berbenah bisa membentuk pola pikir, mengubah hidup, hingga menanamkan pentingnya kesadaran akan lingkungan.

5. Hidup Sederhana - Desi Anwar

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisinstagram.com/rosezephirine

Buku Hidup Sederhana ditulis oleh jurnalis senior Indonesia Desi Anwar. Berisi kumpulan perenungan, pengamatan, dan pemikiran dari penulis dalam menyiasati kerumitan hidup sehari-hari berdasarkan pengalaman, kenangan masa kecil, pandangan hidup, serta kebiasaan yang dilakukannya. Secara sederhana, buku ini bercerita bagaimana menyederhanakan hidup dan bahagia dengan kesederhanaan itu.

6. Digital Minimalism - Cal Newport

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Hidup Minimalisinstagram.com/torilandbooks

Penggunaan gadget dan media sosial yang berlebihan akan berdampak buruk pada seseorang. Oleh karena itu, diperlukan sebuah upaya untuk mengurangi ketergantungan itu. Cal Newport melalui bukunya Digital Minimalism memberikan panduan untuk bisa lepas dari ketergantungan teknologi dan juga panduan bagaimana memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

 

Demikian 6 rekomendasi buku untuk kalian yang mau belajar hidup minimalis. Jadi, buku mana yang akan kalian baca dulu?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku tentang Berdamai dengan Kesehatan Mental

Narakafi Photo Writer Narakafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya