Comscore Tracker

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup 

Setelah merenung harus segera bangkit ya

Hidup memang hanya sekali, semua harus dilakukan dengan sebaik-baiknya yang bisa kita lakukan. Menimba ilmu setinggi langit, menabung pengalaman dan menikmati setiap proses yang terjadi di dalam hidup. Namun tidak semua dari kita menyadari bahwa ada banyak hal yang benar-benar harus dinikmati.

Selebihnya justru lebih sering kita abaikan dan bahkan mungkin sering kita lupakan. Bukan untuk dilakukan, sekedar untuk dinikmati agar lebih mencintai hidup dengan apa adanya. Meski sudah berusaha sangat keras, kita tetap saja melewatkan banyak hal dalam hidup. Kita seringkali mengabaikan hal sederhana tapi bermakna sangat baik untuk hidup kita. Seperti beberapa hal di bawah ini. 

1. Segala bentuk perasaan yang terpendam

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup pexels.com/@pixabay

Manusia bukan hanya memiliki raga yang sangat sempurna, tapi juga pikiran dan perasaan yang tidak kalah menyempurnakan. Setiap manusia berhak atas perasaan mereka, diungkapkan ataupun dipendam. Semua tetap saja akan memberikan dampaknya masing-masing.

Salah satu yang sering kita abaikan dalam hidup adalah mengungkapkan apapun yang kita rasakan. Kita lebih sering memikirkan perasaan orang lain daripada diri sendiri. Sehingga memendam perasaan seolah jauh lebih baik daripada mengungkapkan. Hanya saja dampaknya tak selalu baik, justru bisa memberikan dampak negatif bagi diri kita.

2. Waktu untuk mencoba hal baru

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup pexels.com/@thatguycraig000

Sebagai manusia yang harus terus berjuang dalam hidup, menggapai impian memang menjadi ujung dari semua usaha. Tapi bukan berarti kita dilarang untuk mencoba banyak hal baru dalam hidup. Kita tetap bisa menggunakan waktu yang kita punya untuk menikmati seperti apa yang kita bayangkan.

Kita seringkali takut untuk mencoba hal baru. Bukan hanya takut dikritik buruk, tapi juga takut tidak bisa menghasilkan sesuatu yang membanggakan. Itu sebabnya, tidak sedikit dari kita yang seolah nyaman dengan apa yang kita lakukan hari ini. Lalu seumur hidup diliputi rasa penasaran karena tidak mau mencoba melakukan hal baru.

Baca Juga: Gak Sepenuhnya Enak, 5 Dilema Ini Selalu Menghantui Pikiran Orang Kaya

3. Kesalahan yang tak kunjung diselesaikan

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup unsplash.com/@tjump

Tidak pernah ada manusia yang hidup tanpa kesalahan dan penyesalan. Kita maupun mereka selalu berbuat salah dan selalu berusaha memperbaikinya. Bukan hanya meminta maaf, tapi juga mencari cara agar semua kesalahan bisa termaafkan dan terselesaikan.

Menyelesaikan masalah dalam hidup menjadi salah satu cara kita menikmati hidup. Kita mungkin sering mengabaikan hal sederhana ini. Berpikir bahwa semua akan selesai di saat yang tepat. Tapi jika kita tidak berusaha, maka semua tak akan pernah menemukan waktunya.

4. Keahlian yang tak pernah dikembangkan

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup unsplash.com/@breakyourboundaries4

Selain mencoba hal baru, mungkin kita sering mengabaikan bahwa kita memiliki hobi yang membentuk keahlian baru di hidup kita. Keahlian ini terkadang hanya kita nikmati di saat kita bosan dengan rutinitas. Bukan menjadikannya sebagai salah satu prioritas untuk kita kembangkan lebih dalam.

Mengabaikan hal yang kita anggap sangat sepele ternyata berdampak buruk bagi kita. Kita sering tidak percaya diri jika ingin menunjukkan keahlian tersebut. Kita seolah tak memiliki keahlian apapun dan merasa sangat biasa saja. Nyatanya kita memiliki kesempatan untuk mengembangkannya menjadi keahlian yang lebih profesional lagi.

5. Kebaikan yang tidak kamu syukuri

Pikirkanlah! 5 Hal yang Diam-diam Sering Kamu Abaikan Dalam Hidup unsplash.com/@francunhafoto

Salah satu yang sangat penting tapi sering kita abaikan adalah mensyukuri setiap kebaikan di dalam hidup. Kita merasa hidup kita biasa-biasa saja dan tidak istimewa. Hanya karena tidak sesuai ekspektasi dan standar yang dibuat orang lain, kita merasa tak beruntung. 

Namun kenyataannya kita adalah orang yang diberi kesempatan untuk merasa bahagia dengan semua kekurangan dan kelebihan. Setiap kebaikan memang harus disyukuri, setidaknya diakui dan dinikmati. Bukan sekedar untuk menambah nikmat tapi mengakui bahwa hidup kita adalah sebuah anugerah.

Baca Juga: Jangan Buang Waktu! Pikirkan 5 Hal Ini untuk Hidupmu

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 12:30:04

Progress: 766.561 dari 813.350 TPS (94.24737%)

Just For You