Comscore Tracker

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvert

Don't judge a book by its cover!
Jika berbicara tentang tipe kepribadian manusia, ada tiga macam tipe yang dikenal yaitu ekstrovert, introvert dan ambivert. Ketiganya tentu saja memiliki kepribadian berbeda-beda.
 
Namun, di antara tiga kepribadian tersebut, introvert cenderung menjadi kepribadian yang dicap aneh, penyendiri, pemalu dan membosankan. Duh, padahal mitos-mitos tersebut sangat keliru, lho!
 
Seperti istilah don't judge a book by its cover, yang artinya kamu jangan hanya menilai dari luarnya saja. Padahal, seorang introvert juga bisa memiliki kepribadian yang menarik dan hangat. Yuk, langsung saja simak tujuh mitos yang salah pada orang introvert berikut ini. 

1. Introvert gak tau caranya bersenang-senang

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertpexels/Snapwire

Tak jarang yang menganggap bahwa introvert adalah tipe orang yang membosankan karena gak tau caranya bersenang-senang. Duh, mungkin mereka belum tahu nih jika introvert memiliki versinya sendiri untuk bersenang-senang.

Menurut Susan Cain dalam karyanya yang berjudul Quiet Power: The Secret Strengths of Introverts, bahwa introvert memiliki sistem saraf yang sedikit berbeda dari ekstrovert. Sebab itu introvert jadi lebih sensitif daripada ekstrovert, jadi mereka cenderung mendapatkan cukup rangsangan hanya dengan berada di sekitar orang lain.

Makanya, introvert lebih suka menghabiskan waktu di rumah dengan rileks. Mereka lebih menyukai hal yang sederhana namun berarti.

2. Orang pemalu adalah introvert

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertpexels.com/Pragyan Bezbaruah

Ini adalah mitos yang paling sering beredar tentang kepribadian introvert, bahwa setiap orang pemalu adalah introvert dan begitu juga sebaliknya. Namun, sebenarnya tidak begitu, lho. Faktanya, pengertian antara introvert dan pemalu memiliki arti yang cukup berbeda.

Menurut Susan Cain, bahwa orang yang pemalu takut pada penilaian negatif, sementara introvert lebih menyukai ketenangan dan stimulasi yang lebih sedikit. Rasa malu pada dasarnya menyakitkan sedangkan introversi tidak.

Introvert tidak takut berinteraksi dengan orang lain, mereka hanya perlu alasan untuk melakukannya dan membutuhkan waktu menyendiri untuk menyeimbangkan energi setelah berinteraksi.

3. Introvert suka menyendiri dan gak punya teman

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertsheknows.com

Mitos yang menganggap bahwa introvert adalah tipe orang yang gak menyukai orang lain selain dirinya sendiri, sehingga membuatnya gak memiliki teman adalah anggapan yang sangat keliru.

Introvert lebih menyukai kualitas daripada kuantitas dalam pertemanan. Tentunya mereka punya banyak teman sama seperti ekstrovert, ya. Namun, orang introvert akan menghabiskan lebih banyak waktu hanya dengan orang yang bisa dipercaya.

Kepribadian introvert juga memerlukan waktu yang lebih lama menyendiri daripada ekstrovert untuk mengisi ulang tenaganya, akibat kelelahan karena stimulasi berlebihan saat bersosialisasi. Mungkin hal inilah yang membuat orang lain salah paham dan menyebutkan orang introvert suka menyendiri. 

Baca Juga: 5 Sikap Istimewa yang Dimiliki oleh Introvert, Kerap Tak Disadari!

4. Introvert tidak bisa jadi pemimpin

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertpexels.com/Tima Miroshnichenko

Apakah kamu pernah mendengar ucapan bahwa seorang introvert tidak bisa jadi seorang pemimpin? Nyatanya anggapan tersebut salah besar, lho. Coba deh, kamu cek para pemimpin di dunia yang memiliki kepribadian introvert.

Bahkan, para pemimpin tersebut juga dapat mengembangkan lingkungan tim jadi lebih baik. Mulai dari Bill Gates, Abraham Lincoln, Gandhi dan banyak pemimpin lain sepanjang sejarah telah diklasifikasikan sebagai introvert.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka mungkin bekerja lebih baik dalam kelompok daripada yang dilakukan oleh orang ekstrovert. Menurut USA Today, kira-kira empat dari sepuluh eksekutif puncak tes sebagai introvert.

5. Introvert lebih kreatif daripada ekstrovert

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang IntrovertPexels/RethaFerguson

Sederet nama seniman dan ilmuwan paling terkenal sepanjang sejarah seperti Albert Einstein, Marcel Proust, dan Charles Darwin  dianggap sebagai seorang introvert.

Jonathan Rauch pun menulis dalam artikel Atlantik, berjudul 'Caring For Your Introvert'. Disebutkan bahwa introvert kadang disebutkan memiliki kelebihan dalam kecerdasan, lebih reflektif, lebih mandiri, lebih berkepala dingin, lebih halus, dan lebih sensitif.

Namun, nyatanya kepribadian introvert tidak begitu saja membuat seseorang menjadi lebih kreatif atau inovatif, lho. Orang ekstrovert juga bisa memiliki kreativitas yang sama. Sebenarnya setiap orang memiliki kreativitas masing-masing, tergantung cara mereka mengelolanya saja.

6. Introvert adalah orang pendiam dan sombong

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertpexels.com/Andrea Piacquadio

Introvert sangat melekat dengan kata pendiam. Ya, hal ini membuat si introvert seringkali dianggap sombong. Kalau kamu bertemu orang seperti ini jangan salah paham dulu, ya. Nyatanya, mereka memiliki cara berinteraksi yang berbeda dengan ekstrovert. Seorang introvert akan berbicara banyak hal tentang sesuatu yang mereka minati, bahkan sampai berjam-jam. Introvert juga lebih senang memerhatikan orang-orang disekitarnya karena mereka memiliki kelebihan dalam kemampuan mendengarkan dan menganalisis yang baik. Tentunya gak semua orang bisa memiliki kelebihan tersebut, ya.

7. Introvert itu aneh

Jangan Salah Paham, Ini 7 Mitos yang Salah tentang Orang Introvertpexels.com/Thought Catalog
Introvert juga dikaitkan dengan kata aneh dan individualis karena mereka seakan-akan mementingkan dirinya sendiri. Mereka merasa tidak perlu mengikuti sesuatu yang populer atau trend yang terjadi saat ini. Introvert lebih suka menjadi dirinya sendiri.
 
Ya, hal inilah yang tentunya membuat orang lain berpikir bahwa introvert terlihat aneh dan berbeda. Padahal, menjadi diri adalah suatu hal yang bagus, bukan? Asalkan gak merugikan orang lain.
 
Well, itulah tadi beberapa mitos yang melekat pada orang introvert. Apapun kepribadiamu, lebih baik rasanya jika saling merangkul dan menghargai, ya. Setiap kepribadian memiliki keunikannya masing-masing. Jangan sampai kamu menilai begitu saja seseorang hanya karena dari covernya saja.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Seharusnya Mengkritik Introvert jika Ia Banyak Diam

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya