Comscore Tracker

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di Rumah

Mana nih yang kamu lakukan juga?

Namanya juga anak kos, hidup sendirian di dalam kamar. Berbeda kan sama kalau lagi di rumah, banyak orang. Banyak yang bisa protes kalau kita melakukan hal yang tidak disukai. Kadang heran sendiri kan ya, kalau di rumah bisa disiplin, tapi begitu balik ke kosan keluar lagi deh sifat malesnya. Ini nih 7 kebiasaan anak kos yang susah banget buat dilakukan kalau lagi di rumah.

1. Mandi sehari sekali atau bahkan gak mandi kalau gak mau pergi

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Valentin Lacoste

Kalau di rumah sih pasti udah pada protes “Ih bau amat sih, mandi sana”. Itu gak berlaku di kosan, ibu kos gak bakal protes kalau sekedar anak kosnya enggak mandi seharian. Lagian anak kos pasti mikirnya ngapain juga mandi, toh gak ketemu siapa-siapa. Lumayan lah ya, ibu kos jadi hemat air kalau gini. Tapi jorok juga sih, ya kalau lagi musim dingin dan gak keringetan, nah kalau keringetan kan kotor itu. Mulai latihan rajin mandi ya, kebersihan juga penting loh biar anak kos tetep sehat.

2. Kamar berantakan, antara gak sempat atau malas banget buat bersihin kamar

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Connor Irwin

Di rumah kalau kamar berantakan pasti orang tua protes ya. Beda sama di kosan, ibu kos enggak masuk ke kamar. Jadi kamar berantakan ya yang lihat hanya diri sendiri. Tinggal kamu termasuk tipe orang yang mana, risih kalau kamar berantakan atau santai aja dan gak peduli.

3. Gak tidur semalaman karena begadang nonton drama Korea atau main game

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Nikita Kachanovsky

Saat besoknya gak ada kuliah, langsung tuh kalau cewek udah siap-siap mau nonton drama Korea. Maraton nonton drama karena gak bisa nahan penasaran sama cerita selanjutnya. Belasan episode langsung selesai dalam semalam. Biasanya sambil ngemil biar semakin asik. Sedangkan yang cowok kebanyakan sukanya main game. Perut lapar juga gak kerasa kalau udah seru. Di rumah kadang bisa sih ngelakuin ini, tapi cukup sulit, kalau bisa pun harus saat keesokan harinya benar-benar gak ada acara.

Baca Juga: Anak Kos Harus Selalu Sedia 5 Makanan Ini Agar Perut Tenang

4. Bangun siang, bahkan bahkan bisa lewat dari jam 12.00

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Kinga Cichewicz

Terlalu lama begadang lama-lama ngantuk juga. Setelah itu langsung tidur pulas sampai baru bangun siang hari. Bisa lebih dari jam 12 siang baru bangun. Kalau di rumah pasti udah dicariin sama keluarga. Mau kumpul keluarga jadi gak seru kan kalau orangnya gak lengkap.

5. Makan cukup sehari dua kali karena sarapannya sekaligus makan siang

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Gardie Design & Social Media Marketing

Bisa karena dua hal sih kalau yang ini. Pertama karena mau berhemat dan yang kedua karena memang baru bangun siang hari jadi mau gak mau ya sarapannya kelewatan dan langsung makan siang. Anak kos banget sih ini. Sedangkan di rumah, pagi-pagi masih ngantuk keluar kamar juga udah ada makanan. Abis sarapan perut kenyang masih bisa tidur lagi kalau memang ngantuk berat.

6. Sering banget makan mie instan

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/ Piotr Miazga

Ini sih bukan sekedar cara buat berhemat, tapi bisa juga karena memang suka sama rasanya. Memang bikin ketagihan ya rasa mie instan itu. Di rumah sih biasanya langsung dikasih peringatan sama orang tua kalau terlalu sering makan mie instan. Gak sehat kan kalau kebanyakan makan yang begitu. Lagian di rumah udah tersedia makanan, ngapain repot-repot bikin mie sendiri. Kecuali kalau laparnya tengah malam dan udah gak ada makanan.

7. Gak ganti baju berhari-hari, toh gak ada yang terganggu baunya

7 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan Kalau Lagi di RumahUnsplash/Priscilla Du Preez

Salah satu dilema anak kos itu kalau terlalu sering nge-laundry boros, tapi nyuci sendiri gak sempat. Kadang malas juga buat nyuci karena udah terlalu lelah sama aktivitas. Jadi, ya gitu deh. Satu baju bisa dipakai beberapa hari. Toh Cuma dipakai di dalam kamar, gak ada yang lihat. Kalau di rumah bisa diomelin orang serumah karena bau.

Ternyata unik ya beberapa kebiasaan anak kos. Walaupun gak semua anak kos seperti itu, tapi banyak juga yang begitu loh. Herannya kebiasaan itu bisa hilang saat lagi di rumah. Ayo ngaku ada berapa hal yang kamu lakukan juga?

Baca Juga: Jangan Dibuang, 9 DIY Kardus Ini Bakal Menyelamatkan Hidup Anak Kos

Ninda Ayu Hapsari Photo Verified Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya