Comscore Tracker

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguh

#RamadanMasaKini Yuk kita teladani!

Sebagai muslim, tentu kita harus meneladani pribadi pilihan Allah SWT yang terbaik yaitu Rasulullah SAW. Dalam diri beliau, terdapat banyak pelajaran hidup yang membimbing kita untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kita gak bisa menutup mata bahwa beragam godaan di era milenial ini seringkali menjauhkan seorang muslim dari sifat-sifat yang diajarkan Rasulullah SAW. Untuk itu, yuk kita resapi kembali apa saja yang perlu ditiru untuk menjadi muslim tangguh.

1. Selalu merasa takut pada Allah SWT (Khasyyah)

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguhinstagram.com/hanan_attaki

Khasyyah adalah salah satu dari beberapa sifat yang bisa menempatkanmu pada derajat tinggi di sisi Allah SWT. Inilah salah satu syarat yang menunjukkan kesungguhan iman seorang hamba.

Saat kita merasa takut, maka kita gak akan sembrono berucap karena ada Allah yang Maha Mendengar. Segala perbuatan juga bakal terhindar dari maksiat saat hati merasa takut pada Allah SWT yang senantiasa mengawasi.

2. Rendah diri di hadapan Allah SWT (Khusyu')

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguhinstagram.com/hanan_attaki

Seseorang yang punya sikap khusyu'  akan selalu tunduk dan pasrah pada setiap ketentuan dari Allah SWT. Sepelik apa pun persoalan hidup, akan selalu dihadapi dengan sikap tenang dan wajah teduh. 

Hati yang merendah pada Allah SWT, seharusnya membuatmu berserah diri sepenuhnya dalam rasa ikhlas. Inilah yang membuatmu jadi muslim yang tangguh.

3. Tidak sombong pada siapa pun (Tawadhu)

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguhinstagram.com/hanan_attaki

Muslim yang tangguh justru dialah yang menghormati semua lapisan baik kaya atau miskin, tau atau pun muda. Gak ada rasa sombong meski banyak kelebihan yang dia punya. Biar pun nasehat itu datangnya dari anak kecil atau yang lebih muda, selama itu baik tetap diterima dengan rendah hati.

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu."  (QS. Asy Syu'ara:215)

Baca Juga: 6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditiru

4. Punya akhlak yang bagus (Khusnul khuluq)

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguhpexels.com/rawpixel.com

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah mereka yang paling baik akhlaknya."  (HR. Ahmad)

Bahkan Rasulullah SAW sendiri diutus untuk menyempurnakan akhlak. Ketakwaan kita gak hanya diukur dari banyaknya ibadah kepada Allah SWT, tapi juga bagaimana interaksi kita pada sesama (hablumminannas). 

Sekalipun kita rajin ibadah, tapi kalau lisan selalu menyakiti hati orang lain, maka pupuslah amal ibadah itu akibat akhlak yang buruk. Akhlak mulia adalah amalan yang wajib, bahkan penyempurna iman seseorang.

5. Hidupnya gak hanya berorientasi pada dunia (Zuhud)

5 Sifat Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru untuk Jadi Muslim Tangguhpexels.com/bruce mars

Kenikmatan dunia jangan sampai membuat kita lalai pada kehidupan akhirat. Caranya, kita harus meniatkan segala aktifitas positif karena Allah semata. Jadikan lelah kita hanya Lillah, yaitu demi mengharap ridaNya. Gak perlu deh yang namanya sanjungan atau pujian manusia bagi orang yang zuhud.

Sikap seorang yang zuhud saat tertimpa musibah adalah lebih mengharap pahala dari musibah itu daripada kembalinya harta benda dunia yang hilang.

Ulama salaf, diantaranya Wahib bin Al Warod mengatakan, “Zuhud terhadap dunia adalah seseorang tidak berputus asa terhadap sesuatu yang luput darinya dan tidak begitu berbangga dengan nikmat yang ia peroleh." 

Itulah diantara sifat yang diajarkan Rasulullah SAW untuk kita teladani sebagai umatnya. Mumpung bulan Ramadan, yuk berlomba-lomba perbaiki kualitas diri!

Baca Juga: 8 Sajian Berbuka Menyehatkan ala Rasulullah yang Bisa Kamu Tiru

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You