Comscore Tracker

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditiru

#RamadanMasaKini Yuk mumpung masih bulan Ramadan

Di bulan Ramadan yang penuh berkah dan rahmat ini sudah sepantasnya kita meningkatkan intensitas dan kualitas amal ibadah agar kita menjadi manusia yang beruntung dan juga bisa mendapatkan banyak ganjaran baik.

Sebagai umat Muslim, sudah sepatutnya kita mencontoh perilaku Rasulullah SAW, termasuk dalam menjalankan berbagai ibadah sunnah selama Ramadan. Berikut adalah beberapa amalan yang selalu dilakukan Rasulullah di bulan Ramadan yang patut kita tiru.

1. Menyegerakan berbuka

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditirumore.halaldiningclub.com

Setelah berpuasa sepanjang hari, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk segera berbuka begitu mendengar adzan maghrib berkumandang. Seperti pada hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

“Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mempercepat berbukanya.”

2. Berbuka dengan kurma dan air putih

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditirufoodprevent.com

Untuk menu berbuka pun, Rasulullah SAW memiliki menu favorit yang mana kita juga disunnahkan untuk mengikuti hal tersebut. Rasulullah SAW biasanya membatalkan puasa dengan kurma dan air putih. Bukan tanpa alasan, kurma terbukti ampuh mengembalikan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis, serta berbagai manfaat lain.


Dari Anas bin Malik : Rasulullah SAW biasa berbuka puasa sebelum salat dengan kurma basah,  jika tidak ada, maka beliau berbuka dengan kurma kering, dan jika tidak ada, maka beliau meminum seteguk air

3. Berdoa di waktu berbuka

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut DitiruAboutislam.net

Sesaat setelah kamu berbuka dengan kurma pertamamu, jangan lupa untuk berdoa pada Allah SWT dan meminta apa yang selama ini menjadi harapanmu. Sebab, momen berbuka puasa merupakan saat di mana doa yang kamu panjatkan sangatlah mustajab. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT.


Terdapat tiga doa yang tidak akan ditolak: doa pemimpin yang adil, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, & doa orang yang terzolimi

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Istiqomah Beribadah Selama Ramadan, Berani Coba?

4. Makan dan mengakhirkan sahur

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditirulivekindly.com

Tak hanya memberikan energi dan nutrisi pada siang hari, ternyata melaksanakan sahur juga merupakan suatu ibadah sunnah yang mendatangkan berkah. Selain itu, Rasulullah SAW terbiasa mengakhirkan sahur. Maksudnya, Rasulullah SAW makan sahur di saat waktu subuh hampir tiba. Kita pun dianjurkan demikian.

“Bersahurlah karena sesungguhnya dalam sahur itu ada barakah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Memperbanyak ibadah dan amal saleh

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditirulifesitenews.com

Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa karena di bulan tersebut segala amal ibadahmu akan dilipatgandakan nilainya. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan amal saleh seperti bersedekah, melaksanakan salat sunnah, dan sebagainya.


"Seperti pahala amalan puasa yang berlipat ganda dibandingkan amalan lainnya. Puasa di bulan Ramadan akan lebih berlipat pahalanya daripada berpuasa pada bulan lain" (Ibnu Rajab Al Hambali)

6. Memberi makan orang berpuasa

6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditirumoroccoworldnews.com

Salah satu cara mendapatkan ganjaran yang melimpah di bulan Ramadan adalah dengan memberi makan orang yang sedang berpuasa. Bahkan bagi orang yang memberi makan orang berpuasa ganjarannya adalah sama dengan orang yang berpuasa. Seperti sabda Rasulullah berikut.


"Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun" HR Ahmad, Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ibn Hibban

Itu tadi beberapa amalan yang biasa dilakukan Rasulullah SAW di bulan Ramadan. Nah, sebagai umat Muslim yang taat dan mumpung masih dalam bulan Ramadan, yuk ikuti ajaran Rasulullah tersebut karena selain mendatangkan kebaikan, berbagai amalan yang kita lakukan dengan niat mengikuti sunnah juga akan mendapatkan berkah dan pahala yang berlimpah.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ibadah Tarawih

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You