Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahil

Saatnya hidupkan lagi mimpimu! #ANGPOIN #IDNTimesLife

Berani melakukan hal-hal yang hebat meski kerap merasakan kegagalan jauh lebih baik daripada orang yang gak mengenal kemenangan atau kekalahan dalam hidup. Keberanian ini lahir dari para pemimpi yang punya ambisi, bukan dari mereka yang tak sudi keluar dari zona nyaman.

Namun, impian besar yang terasa mustahil untuk diwujudkan ditambah cibiran orang lain yang meragukan kerap jadi pemadam semangat. Akhirnya, kamu mulai membiarkan mimpi itu mati. Padahal, impian besar hanya bisa terwujud dari keyakinan yang kuat. Lantas, mengapa kita perlu mewujudkan impian itu? Yuk, renungi alasan berikut!

1. Impianmu berpeluang menciptakan dunia yang lebih baik 

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahililustrasi pria kantoran di meja kerjanya (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dulu, berjalan di bulan mungkin hanya impian yang terdengar mustahil. Namun, semua pencapaian besar yang pernah terjadi, dimulai dari orang yang punya mimpi. Ia menolak segala cibiran yang menentang dan memandang sebelah mata pada impiannya. Ia berkata pada diri sendiri kalau mimpinya bisa diwujudkan.

Melesatnya pencapaian teknologi di zaman ini juga merupakan buah dari mimpi yang mengubah dunia menjadi lebih baik. Lebih dari sekadar memenuhi ambisi, jika impianmu terwujud, kamu mungkin bisa menciptakan banyak lapangan kerja, memudahkan kehidupan, dan membantu banyak orang.

2. Agar gak ada penyesalan yang mengusik di kemudian hari   

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahililustrasi wanita melamun sendirian (Pexels.com/Keira Burton)

Ketakutan dan keraguan untuk mewujudkan mimpi kadang menjadi penyesalan terbesar saat kita berbaring di masa tua, masa saat kita kembali melihat sejarah hidup dan apa saja yang kita lewatkan.

Kita memang harus mengimani takdir yang ditetapkan Tuhan, tapi bukan dengan berpasrah tanpa usaha. Ketika kamu sudah berusaha mewujudkan mimpi sampai batas maksimal, setidaknya kamu gak bakal menyesal.

Baca Juga: Agar Impian Membangun Rumah Bisa Tercapai, Lakukan 5 Hal Ini

3. Keberhasilanmu menjadi warisan berharga yang bakal ditiru generasi penerus 

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahililustrasi pria berbicara (Pexels.com/cottonbro)

Seperti apa kamu ingin diingat oleh anak-anak? Pasti kenangan dan contoh baik yang ingin ditorehkan, kan? Mungkin kamu ingin dikenang sebagai pemimpin keluarga yang bertanggung jawab, seseorang yang menggunakan karunia dan bakatnya dengan maksimal, atau orang yang selalu semangat mewujudkan mimpi-mimpinya.

Kamulah yang punya kendali menggoreskan pena hidupmu dengan usaha-usaha. Anak-anak perlu panutan yang baik dari orangtuanya. Mereka bakal meniru semangatmu dan melakukan hal yang sama.

4. Memelihara impian sama artinya dengan menjaga gairah hidup  

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahililustrasi tiga wanita kantoran berjalan (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Satu hal yang bakal terjadi saat kamu memutuskan berhenti mengejar impian adalah sebagian gairah hidupmu akan "mati". Kamu bakal berjalan tanpa ambisi dan semua langkahmu terasa amat biasa. Kamu bahkan cenderung berkecil hati.

Melangkah dan mengejar impian sebenarnya mampu menyalakan kembali gairah dan semangat setiap orang. Perjalananmu akan terasa lebih "hidup".

5. Dunia butuh para pemimpi hebat yang punya niat mulia dalam hidupnya

5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahililustrasi wanita muda tersenyum merangkul lansia (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mendirikan yayasan peduli sosial atau sesederhana organisasi kecil yang dimulai dengan niat baik, semuanya bermula dari impian. Dunia membutuhkan orang-orang yang memimpikan sesuatu yang hebat, lalu mengejarnya dengan sepenuh hati.

Bukan hanya membantu banyak orang, pencapaian muliamu menjadi inspirasi dalam menyebar kebaikan, seperti kisah Teh Iin Achsein yang berhasil mewujudkan impian mendirikan banyak rumah singgah bagi pasien kurang mampu atau kisah Aditya Prayoga yang mendirikan rumah makan gratis. Sosok seperti merekalah yang dibutuhkan dunia.

Impian yang terdengar mustahil bukan berarti gak bisa diwujudkan. Selalu ada jalan kalau kamu yakin dan bersungguh-sungguh mencapainya. Yuk, hidupkan lagi impianmu!

Baca Juga: 5 Kesalahan Sederhana yang Biasa Dibuat Saat Impian Gagal 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya