Comscore Tracker

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!

#IDNTimesLife 'To do list' buat seminggu

Mengupgrade diri supaya lebih berkualitas itu butuh rencana. Tanpa ada to do list, hari-harimu bakal berlalu begitu saja. Dampaknya, usia makin bertambah namun kualitasmu masih stagnan.

Sebelum bicara soal goals masa depan yang panjang, ada baiknya kamu mulai biasakan diri memenuhi goals jangka pendek, untuk satu minggu misalnya. Nah, beberapa goals berikut, layak kamu coba supaya satu minggu ke depanmu ada kemajuan.

1. Olahraga setengah jam setiap hari sebelum sarapan  

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!ilustrasi wanita berolah raga di atas lantai (Pexels.com/Alexy Almond)

Menurut studi dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disebutkan bahwa olahraga sebelum makan mampu membakar lemak lebih banyak dan membentuk otot jadi lebih baik. Pagi hari memang jamnya sibuk, apalagi kalau kamu pekerja kantoran.

Meski demikian, coba bangun tidur setengah jam lebih awal, supaya kamu punya waktu untuk olahraga. Lakukan rutin selama seminggu. Kamu bakal merasakan metabolisme tubuh yang lebih baik dan lebih sehat.

2. Pilih menu makanan sehat untuk 6 hari ke depan 

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!ilustrasi wanita menyiapkan makanan sehat (Pexels.com/Nathan Cowley)

Kalau selama ini kamu gak pilih-pilih soal makanan, coba deh satu minggu ke depan, tantang dirimu untuk mengonsumsi makanan sehat. Singkirkan dulu fast food seperti burger, ayam goreng tepung dan kentang goreng yang cenderung mengandung lemak trans tinggi. Beralihlah ke realfood yang tanpa pewarna dan pengawet.

Supaya kandungan vitamin dari makanan gak hilang, kamu bisa pilih metode pengolahan dengan cara dikukus. Semakin sederhana memasak makanan, semakin rendah kalorinya. Batasi penggunaan garam, gula dan penyedap rasa yang terlalu tajam. Di hari ke 7, kamu bisa menyantap menu bebas favoritmu, tapi jangan kebablasan, ya!

3. Tamatkan membaca 1 judul buku selama seminggu  

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!ilustrasi pria membaca buku di taman (Pexels.com/nappy)

Bukan hanya fisik yang perlu makanan, tapi otak yang mengatur cara berpikirmu juga butuh makanan. Kadang kita selalu memeras pikiran untuk bekerja, tapi lupa memberinya asupan bacaan yang sehat. Membaca bukan sekadar menambah ilmu, tapi juga terapi yang menurunkan tingkat stres.

Dengan membaca, kosakatamu meningkat, daya konsentrasimu menguat. Pilih buku dengan tema yang kamu gemari, lalu targetkan untuk bisa menamatkannya seminggu ke depan. Tentukan berapa jumlah halaman yang harus kamu baca setiap harinya. 

Baca Juga: Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan Hidup

4. Batasi membuka media sosial 1 jam per hari  

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!ilustrasi wanita memainkan layar ponsel (Pexels.com/Pixabay

Kebutuhan setiap orang untuk aktif di media sosial itu berbeda. Seorang influencer perlu jam terbang main instagram lebih sering dibanding pengguna biasa, tentu karena benefitnya juga berbeda.

Kalau kamu hanya menjadikan media sosial sebagai hiburan, batasi penggunaannya. Satu jam sehari, cukup! Media sosial bisa jadi distraksi paling besar yang mengganggu pekerjaan utamamu. Lihat perubahannya saat kamu berhasil menerapkan aturan ini seminggu ke depan!

5. Ikut online course untuk menambah skill baru

5 Goals yang Bikin Hidupmu Lebih Bermutu, Efeknya Jangka Panjang!ilustrasi pria menggunakan laptop (Pexels.com/Buro Millennial)

Di masa pandemik seperti sekarang, mengambil online course atau kursus online, bisa jadi pengisi waktu yang bermanfaat. Kamu bisa pilih jenis kursus yang mendukung bidang pekerjaanmu. Kalau pun bersebrangan, gak ada salahnya kan, menambah skill baru? Saat ini cukup banyak situs yang menawarkan kursus online gratis, misalnya Class Central, Coursera dan edX.

Buat kamu pecinta musik, platform online bernama Fender Play juga menyediakan kursus online bermain musik. Kamu bisa belajar memainkan gitar dan bass misalnya. Selain menambah skill baru, kursus online juga menghilangkan rasa jenuh dalam rumah karena pandemi.

Satu-satunya yang jadi penghambatmu adalah rasa malas. Malas bergerak dan malas berpikir. Kalau kamu ingin lebih berkualitas, tapi bingung mulai dari mana, goals di atas bisa kamu catat untuk jadi target mingguanmu. Kuncinya harus konsisten, ya!

Baca Juga: Jika Kamu Berhasil Menggapai Tujuan Hidup, 5 Hal Ini Pantang Dilakukan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya