Comscore Tracker

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Seimbang

Tingkatkan kualitas dirimu! #IDNTimesLife

Kehidupan yang teratur ialah hidup yang dapat dikontrol dan dimanfaatkan dengan baik, di sisi lain banyak sekali orang yang tidak menggunakan waktunya dengan baik. Hal ini menyebabkan terhambatnya kesuksesan di masa mendatang dan membuat penyesalan yang tak berujung. Untuk itu dirimu harus terus berubah dan selalu berkembang di era seperti ini, ada banyak sekali media yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

Tak ada usaha yang sia -sia, semua hanya butuh proses dan kesabaran menjalaninya. Karena tak semua orang memiliki keberanian untuk menggapai dan memperjuangkan apa yang mereka impikan, di saat semua tak seperti biasanya kamu harus terbiasa tanpa semuanya. Dirimu terkadang membutuhkan hal yang berbeda, dengan hal itu kamu dapat bertindak dan melakukan suatu perubahan yang dapat mengubah hidupmu seketika.

1. Memanajemen waktu dengan produktif 

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu SeimbangIlustrasi produktif (pexels.com/Lisa)

Pendapatan yang banyak dapat memungkinkan gaya hidup juga naik, hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa kesuksesan selalu terhambat. Pemborosan dan pengeluaran yang berlebih membuat semua terasa kacau dan tak dapat diatur, untuk itu dirimu perlu mengatur rutinitas pengeluaran agar semua terencana dengan baik. Komitmen dalam diri juga harus kamu tepati, tak semua hal yang kamu rencanakan selalu berjalan sesuai rencana namun akan berakhir dengan hal indah.

2. Mengembangkan pola pikir 

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu SeimbangIlustrasi mengembangkan diri (pexels.com/Helena Lopes)

Pemikiran yang tidak berkembang menyebabkan dirimu tidak merencanakan hal yang baik kedepan, hal ini tentunya akan berdampak bagi dirimu untuk terus mengembangkan diri. Jika kamu tak merubah pola pikir ini, seterusnya akan kacau dan bingung bagaimana menentukan apa yang kamu inginkan. Berkembanglah sesuai passionmu agar dirimu dapat menyesuaikan apa kebutuhan dan keinginanmu saat ini.

3. Bertindak dengan hati - hati 

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu SeimbangIlustrasi bertindak (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Bertindak dengan ceroboh membuatmu kehilangan banyak hal, karena lingkunganmu akan berdampak bagi dirimu untuk terus maju. Bertindaklah dengan hati-hati dan persiapkan segalanya dengan matang, fokus pada satu rencana dan tujuan yang kamu jalani akan menjadikanmu seseorang yang konsisten dan dapat diandalkan. Karena tindakanmu ialah cerminan dirimu yang dapat menentukan bagaimana caramu bertindak.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Sulit Keluar dari Quarter Life Crisis, Hati-hati

4. Menjalani segala hal dengan tenang 

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu SeimbangIlustrasi damai dengan keadaan (pexels.com/Daria Obymaha)

Apa yang kamu lakukan selalu memiliki resiko tersendiri, jika dirimu selalu bertindak tanpa mau memikirkan resikonya kamu akan terjebak dalam persoalan sepele dan tak berujung. Perencanaan yang matang ialah cara yang tepat untuk selalu waspada dengan segala resiko dan berbagai pertimbangan yang matang, tak dapat dipungkiri jika rencana itu bisa gagal tetapi dirimu harus melampaui batas untuk terus melangkah ke depan dan membuat suatu perubahan.

5. Menggunakan sosial media dengan bijak 

Hadapi Quarter Life Crisis, Tanamkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu SeimbangIlustrasi bersosial media (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Bermain sosial media ialah hal yang wajar jika dirimu dapat mengontrolnya, tetapi jika tak dapat membatasi penggunaan sosial media kamu akan rugi telah menyita waktumu dan menghabiskan sebagian besar energimu untuk bermain terus- menerus. Batasan sosial media yang luas membuat para penggunanya dapat melakukan interaksi dengan berbagai macam cara.

Untuk itu manfaatkan waktumu sebaik mungkin dan lebih banyak melakukan kegiatan positif agar dirimu terus berkembang dan mengasah potensi yang ada, hal ini akan membuat dirimu menemukan sesuatu yang tak dapat kamu duga. Dirimu akan banyak menemukan hal yang terlewat begitu saja tanpa kamu sadari, konsisten ialah cara ampuh untuk menekuni suatu hal yang akan membuat hidupmu berharga.

Baca Juga: 8 Nasihat untukmu Melalui Quarter Life Crisis, Langsung Terapkan! 

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya