Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimu

#IDNTimeLife Penting untuk mengendalikan keadaan emosional

Setiap orang pasti pernah merasa sedang berada dalam kondisi yang tak begitu baik. Entah itu karena sedang terpuruk, bersedih atau kecewa karena suatu hal.

Pada kondisi tersebut seseorang memang butuh untuk bisa menyadari keadaannya yang memang sedang tidak baik-baik saja. Namun, bukan berarti bahwa itu pertanda kamu akan menjadi lebih buruk.

Pentingnya self talk pada saat tersebut bisa untuk membangkitkan motivasi diri yang mungkin telah hilang. Berikut merupakan lima alasan self talk bisa membantumu untuk bangkit dan termotivasi kembali.

1. Dirimu adalah motivator terbaik dari semua jenis motivator yang ada 

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimuilustrasi membaca buku motivasi (unsplash.com/eliottreyna)

Saat butuh sesuatu yang membangkitkan semangat, kamu mungkin akan sering mendengar para motivator, membaca buku pengembangan diri dan sebagainya. Saat sedang membaca buku atau mendengarkan ceramah motivasi, kamu mungkin akan sangat bersemangat.

Namun, sesaat setelahnya kamu mungkin akan mulai lupa dan kehilangan motivasi lagi. Oleh sebab itu, menghadirkan motivasi dari dalam diri atas kesadaran diri sendiri adalah penting. Dengan self talk, kamu mampu menjadikan diri sendiri sebagai motivator terbaikmu.

 2. Self talk membangkitkan kembali memori yang mungkin sempat terlupa  

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimuilustrasi melakukan self talk (unsplash.com/anthonytori)

Terlalu banyak distraksi atau gangguan mungkin akan membuatmu lupa apa yang telah termotivasi memulai sesuatu hal.

Melalui self talk, kamu bisa berpikir dengan tenang dan memilah kembali apa saja hal penting dalam hidupmu. Serta, itu yang akan membuatmu tetap pada track yang rencanakan.

Rasakan kembali memori akan hal tersebut, saat di awal dulu kamu memulai segalanya.

3. Memperbanyak self talk membuatmu lebih fokus terhadap tujuan 

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimuilustrasi fokus terhadap tujuan (unsplash.com/moren)

Tak dapat dipungkiri bahwa self talk akan membuatmu lebih fokus akan tujuan yang ingin kamu capai. Kamu membuat kesepakatan dalam dirimu sendiri akan hal yang teramat penting yang harus segera diraih.

Membangun kesadaran tersebut bisa kamu lakukan dengan semakin memperbanyak self talk. Fokus akan beberapa hal penting saja agar tak terlalu banyak distraksi yang datang untuk mengaburkan tujuanmu di awal.

Baca Juga: 10 Kata-kata Motivasi dalam Bahasa Inggris, Bikin Lebih Percaya Diri!

4. Repetisi motivasi positif

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimuilustrasi sugesti positif (unsplash.com/jentheodore)

Pengulangan terhadap hal yang sangat kamu ingin wujudkan akan membangun sugesti bahwa kamu akan segera memperoleh hal tersebut.

Semakin banyak pengulangan, maka akan semakin terasa nyata dan semakin mudah untuk memperolehnya. Kekuatan pikiran itu luar biasa hebatnya, jadi jangan pernah berpikiran hal yang tak menyenangkan, ya.

5. Pada akhirnya kamu hanya perlu mendengar dirimu sendiri dibanding orang lain 

5 Alasan Pentingnya Self Talk untuk Bangkitkan Motivasi dalam Dirimuilustrasi fokus pada diri sendiri (unsplash.com/noahsilliman)

Pentingnya mendengarkan diri sendiri dibanding semua omongan orang lain bukan berarti bahwa kamu abai terhadap nasihat. Maksudnya disini adalah kamu tidak perlu mendengarkan sugesti negatif yang terucap dari orang lain.

Percayalah bahwa kamu bisa wujudkan apapun yang kamu inginkan. Dengarkan dirimu, hati kecilmu, dan bangun mindset bahwa kamu pasti bisa melakukan dan mewujudkan semua mimpimu.

Perbanyak self talk, ya, agar hari-harimu terus positif dan menjadi lebih baik. Semangat selalu!

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya