Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anak

Bentuk karakter green lifestyle sejak dini

Lingkungan menjadi hal terpenting dalam keberlangsungan hidup manusia. Kita tidak dapat memisahkan diri dari lingkungan dan sudah seharusnya kita menjaga kelestariannya. Berbicara menjaga dan mencintai lingkungan ternyata tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa lho.

Menariknya kamu bisa mengajak keluargamu bahkan anak-anak untuk mulai menerapkan kebiasaan mencintai lingkungan sejak dini. Pentingnya menjaga lingkungan harus dimulai dari kelompok terkecil yakni keluargamu.

Dengan begitu kamu sudah melakukan #onegreenstep yang bisa diajarkan pada anak-anak. Apa saja kebiasaan baik tersebut?

1. Belilah produk es krim dengan cone

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anakilustrasi es krim (unsplash.com/fallonmichaeltx)

Makanan manis yang kaya rasa ini pasti sudah tak asing lagi bagi anak-anak. Es krim jadi favorit anak-anak dan biasanya dijual dalam berbagai kemasan. Memulai kebiasaan peduli lingkungan ternyata bisa kamu ajarkan dari sebuah es krim.

Daripada membeli es krim yang terbungkus cup plastik, pilihlah es krim dengan cone. Jika kita bisa memakan seluruh es krim dalam genggaman, kenapa harus menggunakan cup plastik yang bisa menambah beban sampah yang lama terurai?

Sampah plastik jadi satu masalah yang cukup sulit untuk ditangani. Bahkan limbah plastik sering mencemari lautan yang mana akan membahayakan biota laut. #OneGreenStep yang kamu lakukan untuk tidak menggunakan cup es krim yang terbuat dari plastik bisa jadi wujud nyata kamu cinta lingkungan.

2. Tidak memakai balon pada perayaan ulang tahun

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anakilustrasi balon helium (unsplash.com/aweiland)

Balon tentu sangat identik dengan mainan anak yang wajib ada terutama saat perayaan ulang tahun. Ada banyak balon helium yang dipakai dan beberapa di antaranya mungkin akan terbang ke langit. Bayangkan ke mana perginya balon tersebut saat gas di dalamnya sudah habis?

Tentu sebagian akan jatuh ke tanah, tersangkut di pohon atau masuk ke dalam lautan. Ada banyak kemungkinan hal yang akan terjadi dari sebuah balon yang terbang di udara. Sampah balon tersebut bisa saja termakan hewan laut, burung atau menyebabkan sampah di berbagai tempat.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengganti balon pada perayaan ulang tahun. Misalnya dengan menggunakan pom-pom, kertas daur ulang dan berbagai properti ramah lingkungan lainnya.

Baca Juga: Tunjukkan Aksi Peduli Lingkungan dan Menangkan Hadiah dari Garnier

3. Ajari anak membuang sampah pada tempatnya

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anakilustrasi tempat sampah (unsplash.com/splashabout)

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya memang terkesan sepele. Tetapi ternyata tak semua orang mampu untuk melakukannya, bahkan orang dewasa sekalipun. Membiasakan anak untuk rajin membuang sampah pada tempatnya adalah kebiasaan yang mudah dan sangat baik untuk lingkungan.

Kamu bisa menceritakan pada anak bahwa dengan membuang sampah pada tong sampah, maka kamu telah turut menjaga lingkungan dari kerusakan. Sampah-sampah tersebut nantinya akan dipilah untuk di-recycle dan diolah menjadi barang baru lagi. Contohkan yang baik agar anak bisa mempraktikkan hal baik juga.

4. Menggunakan wadah makanan dan minuman yang reusable

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anakilustrasi tempat minum (unsplash.com/taylor65s)

Membawa tempat makanan dan minuman yang bisa dipakai lagi sudah sangat jarang dilakukan oleh orang dewasa masa kini. Kebanyakan orang akan memilih cara mudah yakni dengan membeli makanan atau minuman yang menggunakan styrofoam. Penggunaan styrofoam dianggap lebih praktis karena tinggal membuang saja saat sudah tidak diperlukan.

Padahal orang dewasa masa kini bisa mencontoh anak-anak yang pasti akan membawa tempat makan dan minuman yang reusable. Seperti halnya komitmen Garnier yang terus melakukan inovasi dalam membuat produk dan kemasan yang ramah lingkungan lho.

5. Memakai produk anak yang ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anakilustrasi produk garnier for kids (tokopedia.com/keretabelanja)

Menjaga lingkungan tetap lestari pastinya juga harus dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan ya. Garnier menjamin kenyamanan konsumen dalam menggunakan produk unggulannya dan pastinya tetap peduli terhadap lingkungan. Bahkan tak terkecuali untuk produk anak-anak.

Program #GarnierGreenBeauty dan #GarnierxIDNTimes mengkampanyekan betapa pentingnya kita untuk tetap konsisten dalam upaya menjaga lingkungan. Jika kamu penasaran apa sih #GreenBeauty tersebut bisa segera klik https://www.garnier.co.id/green-beauty untuk info lebih lanjut.

Tak ada kata terlambat untuk memulai, yuk bersama-sama kita cintai dan selamatkan lingkungan dari degradasi. Tunjukkan #onegreenstep versi kamu dan ajak orang lain untuk memulai juga!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya