Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tua

Jangan jadikan masa tua selalu diliputi penyesalan

Masa muda adalah masa gemilang yang harus diisi dengan segala kegiatan positif dan kerja keras. Usia masih sangat mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas yang kita sukai. Selain itu juga kondisi fisik yang masih sangat fit dan semangat yang membara. Oleh karena itu, pergunakanlah masa muda dengan sebaik-baiknya, karena waktu terus berputar.

Jangan sia-siakan masa muda melakukan hal yang dapat membuatmu menyesal kemudian. Berikut merupakan hal-hal yang harus kamu hindari di masa muda agar kamu tidak sengsara di masa tua.

1. Tidak memiliki pendirian karena terus mengikuti pandangan orang lain

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tuapixabay.com/Freephotos

Saat kamu terus mengikuti kata orang lain maka itu berarti kamu memiliki pendirian yang mudah goyah. Kamu tidak memiliki alasan kuat untuk mempertahankan pendapatmu sendiri. Jangan menjadi mudah terpengaruh akan orang lain, setiap orang berhak menyuarakan pendapatnya dan mempertahankannya.

Belum tentu apa yang dikatakan orang lain berjalan dengan baik. Bisa jadi malah pendapatmu dan caramu yang mampu membawa kepada keberhasilan. Jadi, jangan mudah goyah setidaknya kamu memiliki satu hal yang harus kamu yakini dan percaya akan membawa keberhasilan.

2. Mengabaikan semua nasihat orang tua dan merasa paling benar

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tuapexels.com/Feedyourpassion

Orang tua adalah yang paling mengerti sifat, karakter dan segala hal tentang anaknya. Sejak kecil mereka mencurahkan segala kasih sayang dan perhatiannya dan berharap anaknya dapat sukses di kemudian hari. Nasihat orang tua sudah pastilah banyak benarnya, dan tak ada salahnya menjadikan orang tua sebagai tempat untuk berdiskusi.

Mintalah pandangan mereka terhadap hal yang sedang kamu bimbangkan dan jangan merasa paling benar sendiri. Orang tua adalah sebaik-baik pendengar dan motivator yang akan menuntunmu ke jalan yang benar.

Baca Juga: 6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiri

3. Bekerja tidak mengikuti kata hati dan hanya mengejar finansial semata

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tuaunsplash.com/Alexander Mils

Di masa yang semuanya serba membutuhkan uang, siapa yang tidak tergiur untuk mengumpulkan pundi-pundi sebanyak-banyaknya. Tetapi, apa jadinya jika dalam menjalani pekerjaan tersebut hati merasa tidak tenang dan tidak sesuai dengan kata hati. Kita sering mengabaikan kata hati hanya karena takut mengambil tindakan yang belum jelas ke depannya.

Ingatlah bahwa kehidupan ini hanya sekali dan waktu terus berjalan yang tidak mungkin akan ada perulangan. Jadi, jangan menjalani hidupmu dalam tanda tanya dan keraguan yang terus menghantui. Kejarlah apa yang menjadi panggilan hatimu disertai dengan pertimbangan yang baik. Jangan takut untuk mencoba, karena tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras.

4. Kehilangan rasa percaya diri dan selalu membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tuapexels.com/Pham Khoai

Jangan menjadi pribadi yang kebanyakan mindernya, karena kamu tidak akan pernah maju. Coba tantang dirimu dengan hal-hal baru yang memacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mulailah saja dulu jangan terlalu banyak berpikir apa yang akan dikatakan orang lain. Dengan begitu kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena telah berani melawan rasa takutmu.

Tidak usah takut dan bimbang serta jangan terlalu memusingkan kesuksesan orang lain. Kamu tidak tahu apa yang telah dilalui oleh orang lain untuk mencapai kesuksesannya hari ini. Oleh karenanya, kamu juga harus berjuang untuk meraih kesuksesanmu sendiri.

5. Selalu menunda pekerjaan sehingga menimbulkan masalah baru

Hindari 5 Hal Ini Saat Masih Muda Agar Kamu Tidak Sengsara Saat Tuapixabay.com/Lukasbieri

Hal yang paling penting adalah jangan pernah menunda pekerjaan yang sedang kamu hadapi. Menunda-nunda pekerjaan sama saja dengan kamu menghadirkan pekerjaan baru yang disengaja. Kamu akan kerepotan sendiri dan akan menjadi sulit dalam mengatur waktu. Terlebih lagi dengan deadline yang terus menghantui akan membuatmu menjadi stres sendiri. Oleh karenanya, kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan saat ini tanpa menundanya kemudian. Dengan begitu semua akan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Jadi, selagi masih muda dan punya banyak waktu kejarlah apa yang menjadi mimpimu. Gunakan waktu muda dengan sebaik-baiknya agar tidak menjadi penyesalan di hari tua. Semoga sukses selalu, ya!

Baca Juga: Santai, Ini 5 Alasan Kamu Gak Perlu 'Ngoyo' untuk Mengejar Impianmu

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You