Comscore Tracker

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!

Jangan pernah berburuk sangka pada-Nya

Kesulitan dan masalah kerap hadir dalam hidup manusia. Hal ini merupakan salah satu tanda kedewasaan diri jika kita mampu melaluinya. Jika merasa bahwa kehidupanmu lebih berat dibanding orang lain, ingatlah 5 hal ini supaya kamu terus bisa bersyukur.

1. Stop membandingkan dirimu dengan orang lain

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!Unsplash/Avel Chuklanov

Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan kedunia sebagai pemenang. Setiap orang itu spesial dengan segala cerita jalan hidupnya. Jangan pernah menganggap bahwa hidupmu yang paling menderita. Kita tidak tahu kesulitan yang telah dilalui oleh orang yang kita anggap memiliki hidup lebih baik dari kita. Bisa jadi kesulitan mereka tidak akan mampu kamu hadapi, ini berarti bahwa kamu juga mampu menghadapi masalahmu sendiri, jadi berjuanglah!!

2. Renungkan berapa banyak waktu yang telah terbuang karena terlalu banyak mengeluh

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!pexels.com/rawpexel

Sudah berapa tahun kita hidup didunia ini? Kapan terakhir kali kita mensyukuri atas apa yang kita punya? Mungkinkah lebih banyak keluhan yang terucap dibanding dengan kata syukur yang bahkan hanya terlintas.

Waktu adalah salah satu kenikmatan yang diberikan Tuhan namun kita sering lalai dalam memanfaatkan sebaik-baiknya. Ada berapa banyak kebaikan yang kan tercipta jika kita merubah waktu yang terbuang tersebut menjadi usaha yang maksimal?

3. Berdirilah di depan cermin dan perhatikan dirimu sejenak

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!pexels.com/Min An

Masih memiliki fisik yang sempurna? Berarti tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk mengeluh dan merasa hidup tidak adil. Bayangkan berapa banyak orang diluar sana yang memiliki keterbatasan fisik tetapi mampu meraih mimpinya.

Mereka yang bahkan tidak mampu melihat indahnya dunia. Selama raga masih diberi kekuatan untuk berusaha, maka tidak ada yang tidak mungkin untuk diraih. Itulah anugerah Tuhan yang mungkin sering terlupakan.

Baca Juga: 7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang Bersyukur

4. Coba lihat sekelilingmu dan renungkan kebaikan yang telah diberi kepadamu

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!pixabay.com/rawpixel

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Lihatlah sekelilingmu, ada pasangan, keluarga, teman dan kerabat lainnya. Ada berapa banyak orang diluar sana yang bahkan menjalani hidup mereka sendirian karena tak lagi memiliki siapa-siapa. Ada terlalu banyak kebaikan yang kamu abaikan, karena permasalahan yang dihadapi menutup mata dan hati dari kebaikan yang masih meliputimu.

5. Lihat kembali apa yang telah kamu lalui dan raih sepanjang hidupmu

Saat Kamu Merasa Tuhan Tak Adil Padamu, Ingatlah 5 Hal Ini Lagi!pixabay.com/Mohamed Hassan

Ada kalanya kita harus merenungi kembali masa-masa lalu yang telah hilang. Bukan untuk menyesali tetapi untuk memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berapa banyak kebaikan yang pernah kita buat dulu, tidak perlu hal besar, membuat orang lain tersenyum pun merupakan sebuah kebaikan yang sangat menyejukkan hati.

So, tetap semangat dan stay positive karena Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Harus Bersyukur Hidup di Zaman Modern

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You