Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadan

Yuk, tahan diri biar gak boros

Momen Ramadan memang selalu jadi saat yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, di bulan ini kamu bisa melakukan banyak kegiatan yang hanya dapat dilakukan setahun sekali. Beberapa di antaranya adalah buka puasa bersama, membeli takjil setiap sore, dan lainnya.

Kamu pun harus berhati-hati jika sudah menyangkut soal keuangan. Sebab, jika tak diatur dengan baik, keuanganmu akan mudah menjadi berantakan. Alih-alih ingin berhemat, lima kebiasaan ini bisa bikin dompet dan tabunganmu kacau balau di akhir Ramadan.

1. Kegiatan buka bersama bareng teman-teman 

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadanilustrasi buka bersama (pexels.com/mentatdgt)

Kurang afdal rasanya kalau momen Ramadan tidak dimanfaatkan dengan bukber bareng teman. Nyatanya, kegiatan bukber bisa dilakukan hampir setiap hari. Kamu mungkin akan banyak memiliki agenda bersama teman di berbagai jejaring, mulai dari teman sekolah, kuliah, teman ngantor, organisasi dan masih banyak lainnya.

Harus diwaspadai, kalau kegiatan ini sudah pasti akan bikin kantong kamu kebobolan. Memang seru bisa berbuka bersama teman-teman, tapi hitung saja berapa budget yang harus kamu keluarkan untuk satu kali kegiatan bukber. Pasti jauh lebih mahal ketimbang berbuka puasa di rumah.

2. Godaan promo menarik dari berbagai marketplace 

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadanilustrasi diskon belanja (pexels.com/Artem Beliaikin)

Kemudahan berbelanja online memang terkadang bisa menjadi buah simalakama. Sebab di satu sisi suatu produk terlihat sedang diskon. Namun, di sisi lain kamu akan mengeluarkan uang untuk hal yang gak terlalu penting.

Kamu harus sadar karena semua jebakan diskon itu bisa membuatmu memiliki perilaku boros. Jadi, sudah tentu uang yang harusnya bisa disimpan jadi melayang tak terduga.

Baca Juga: 4 Tips Atur Keuangan saat Ramadan buat Pekerja Informal, Jangan Boros!

3. Lapar mata bikin kamu suka order makanan online 

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadanilustrasi order makanan online (pexels.com/Mikhail Nilov)

Momen buka puasa biasanya dimanfaatkan untuk mencari sesuatu yang menggugah selera, entah itu makanan, minuman, hingga camilan. Kamu mungkin sering merasa pengen banget beli berbagai jenis bukaan yang rasanya ingin dilahap seketika. Ingatlah, jika itu hanya nafsu semata.

Setelah kamu minum segelas air, perutmu juga akan segera beradaptasi dan mudah merasa kenyang. Jadi, sayang kalau sudah beli banyak makanan, tapi gak dihabiskan, kan? Makanan terbuang, uang kamu pun lenyap tak bersisa.

4. Kegiatan ngabuburit menunggu waktu berbuka  

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadanilustrasi ngabuburit (pexels.com/pnw-prod)

Anak muda biasanya identik dengan kegiatan yang satu ini. Ngabuburit selalu jadi momen menunggu buka puasa sambil melakukan aktivitas santai. Seperti halnya berjalan-jalan keliling dengan motor, mobil, dan sebagainnya.

Daripada keluar tidak ada tujuan, lebih baik kamu diam di rumah. Ngabuburit bukan cuma ngabisin bahan bakar, tapi kadang kamu juga jadi laper mata membeli takjil ini dan itu. Ujung-ujungnya uang kamu pun akan mengeluarkan uang lagi.

5. Berburu keperluan lebaran 

Hati-hati, 5 Kebiasaan Rutin Ini Bikin Keuangan Kacau di Akhir Ramadanilustrasi berbelanja (unsplash.com/charlesdeluvio)

Membeli keperluan terkait lebaran rasanya sudah menjadi satu tradisi. Memang itu wajar saja, tapi kamu tetap harus menetapkan budget yang sesuai dengan kemampuanmu.

Jangan memaksakan membeli baju lebaran, jika kamu masih punya pakaian yang bagus di lemari. Tak perlu risau, karena esensi dari lebaran bukan dilihat dari barunya baju yang kamu pakai, tapi dari dalam diri masing-masing yang kembali suci. Jadi, pikir-pikir lagi sebelum membelinya, ya.

Nah, kini kamu tahu apa saja yang bikin keuanganmu cepat habis terutama di bulan Ramadan ini, kan? Maka dari itu, sebaiknya kamu atur dan rem lagi kebiasaan yang bisa bikin dompet kamu kering, ya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya